Better You

5 Tips Merayakan Ulang Tahun di Tengah Pandemi Corona

  by: Alexander Kusumapradja       8/4/2020
  • Pandemi virus Corona yang sedang terjadi saat ini dan memaksa kita untuk melakukan physical distancing di rumah memang mengakibatkan banyak perubahan dalam hidup kita saat ini, baik itu dalam bidang pekerjaan, interaksi, hingga momen-momen penting dalam hidup kita seperti ulang tahun.

    Ulang tahun yang sudah kita nantikan di tahun 2020 tampaknya memang tak akan sesuai dengan apa yang kita bayangkan sebelumnya, terutama bagi kamu yang berulangtahun bulan-bulan ini di saat kondisi masih serba tidak pasti. Namun, bukan berarti kamu tak bisa merayakan hari kelahiranmu dengan spesial meskipun kita sedang menjalani karantina di rumah dan tak bisa bertemu orang-orang tersayang. Berikut ini adalah beberapa hal untuk membuat ulang tahunmu lebih bermakna di tengah pandemi Corona:




    1. Izinkan Dirimu untuk Merasa Kecewa

    Yup, mengenali dan mengakui emosi negatif seperti kecewa yang kita rasakan jauh lebih sehat secara emosional dibanding berusaha menutupinya dan membuat kita lebih cepat menerima kenyataan dan lepas dari emosi negatif tersebut. Walaupun kecewa dan kesal, tapi faktanya kita memang sedang menjalani masa yang aneh dan tak terduga. Izinkan dirimu untuk merasakan semua emosi negatif seperti kecewa, sedih, dan takut yang muncul dalam diri sebagai proses pemulihan. Kamu pun boleh membaginya dengan curhat ke keluarga di rumah atau menghubungi teman-teman terdekatmu untuk mengeluarkan unek-unek tersebut. Terkadang yang kita butuhkan adalah orang yang mau mendengar dan menghibur kita.


    2. Menggelar Pesta Ulang Tahun Secara Virtual

    Kamu mungkin harus membatalkan rencana membuat pesta atau hang out bersama teman-temanmu, tapi kamu tetap bisa merayakannya dengan cara virtual. Undang teman-temanmu dengan e-cards atau Instagram story yang kamu buat sendiri dan tentukan jam yang pasti untuk bersama-sama mengobrol via FaceTime atau Zoom. Manfaatkan waktu ini untuk saling mengobrol, bermain games, dan meniup kue ulang tahun yang kamu siapkan sendiri. Agar lebih fun, kamu pun bisa merencanakan tema atau dresscode khusus agar pesta ulang tahunmu lebih terasa. Percaya deh, banyak orang yang mencari alasan untuk mencoba pakaian baru atau dandan setelah berhari-hari terjebak di rumah.


    3. Lakukan Hal yang Menyenangkan untuk Diri Sendiri

    Meskipun kamu sedang menjalani karantina di rumah dan merasakan banyak emosi negatif, hari ulang tahun adalah hari yang sayang dilewatkan begitu saja dan bisa menjadi momen berharga untukmu. Ini adalah kesempatan untuk menyenangkan diri sendiri. Walaupun pilihannya cukup terbatas, tapi ada banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti memesan kue atau makanan favoritmu atau bahkan membuatnya sendiri. Bila tidak memungkinkan, sesederhana menikmati cemilan favoritmu sambil menonton film atau serial kesayanganmu juga bisa menjadi opsi. Intinya, do something that makes you happy! Tetap bangun pagi dan keluar ke teras atau dekat jendela untuk menikmati cahaya matahari pagi dan mensyukuri kamu masih diberikan umur hingga hari ini. Dan kalau kamu suka, mungkin ini saatnya untuk online shopping membeli kado diri sendiri?




    4. Jangan Lupa Menyenangkan Orang Lain

    Tentu menyenangkan diri sendiri di hari ulang tahun adalah hal yang terpenting, namun jangan lupa orang lain juga ya babes, terutama di situasi saat ini di mana banyak yang membutuhkan sedikit bantuan. Uang yang sudah kamu simpan untuk membuat pesta atau mentraktir teman-teman bisa kamu gunakan untuk berdonasi kepada mereka yang membutuhkan, mulai dari petugas medis garda depan yang butuh Alat Perlindungan Diri, sembako untuk para pedagang kecil yang tak bisa berjualan, dan orang-orang lain yang membutuhkan. Selain membantu sesama, hal ini juga akan memberikan energi positif untuk dirimu dan membuat hari ulang tahunmu jauh lebih bermakna.


    5. Rencanakan Tahun Baru Berikutnya dengan Semangat

    Cosmo percaya dengan ungkapan “this too shall pass” alias bad day pasti berlalu. Semua ketakutan dan stress yang kita rasakan di pandemi Corona saat ini tak akan berlangsung selamanya. Bila ulang tahun kamu tahun ini terasa murung dan sedih, coba pikirkan ulang tahunmu selanjutnya dan percaya keadaan akan membaik. Kamu punya waktu setahun penuh untuk menyiapkan pesta ulang tahun paling epik dalam hidupmu ketika situasi sudah tenang dan kembali ke normal.


    (Alex.K/Image: Caterina Berger on Unsplash)