Lifestyle

Bulan Pink Supermoon Hari Ini Adalah yang Tercantik di 2020

  by: Alvin Yoga       8/4/2020
  • Moon-gazers, ini dia waktu yang sudah kamu tunggu-tunggu! Di tengah bulan April ini, di saat seluruh dunia sedang sibuk mempraktikkan social distancing, bulan purnama terbesar dan paling terang sepanjang 2020 akan menghiasi malam kita.

    Peristiwa yang disebut dengan Pink Supermoon ini akan berlangsung malam ini, Rabu, 8 April, pada 9.35 AM waktu Jakarta. Ingin mengetahui waktu terbaik untuk melihat peristiwa tersebut dari lokasi kotamu? Cek di sini.





    Banyak yang beranggapan bahwa Pink Supermoon hari ini akan menjadi bulan purnama terindah sepanjang tahun, juga yang terbesar. Bagi kamu yang belum tahu, Supermoon sendiri terjadi ketika orbit Bulan sedang berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Bagi para astronom, titik terdekat antara orbit Bulan dan Bumi ini disebut dengan istilah "perigee". Dan meskipun ada beberapa peristiwa Supermoon di tahun 2020 ini, namun Supermoon pada bulan April ini akan menjadi yang terbaik karena Bulan sedang berada pada titik terdekat dengan Bumi dibandingkan dengan waktu-waktu lainnya sepanjang tahun.

    Karena Bulan sedang berada pada posisi yang tidak biasa, Bulan akan terlihat 7% lebih besar dibandingkan dengan bulan purnama biasanya, dan hampir 30% lebih terang dibandingkan normalnya. Perubahan pada ukuran dan cahaya terang inilah yang membuat para pencinta stargazer menunggu-nunggu saat ini.

    Meski bulan purnama di bulan April ini disebut dengan Pink Supermoon, namun jangan tertipu—warnanya tidak akan berubah menjadi pink seperti yang kamu duga. Peristiwa ini sendiri disebut pink moon karena berabad-abad yang lalu ketika peradaban manusia masih mengandalkan Bulan untuk mengukur waktu dan musim, bulan ini biasanya muncul bersamaan dengan mekarnya bunga-bunga liar berwarna merah jambu. Yup, bulan purnama pertama di musim semi biasanya terjadi pada bulan April, yang menandakan bahwa musim baru telah datang dan bunga-bunga siap kembali bermekaran setelah musim dingin yang panjang. Nah, salah satu bunga yang akan bermekaran terlebih dahulu adalah Phlox subulata, atau bunga moss pink, bunga liar musim semi yang sangat cantik yang akan menyelimuti hutan-hutan di Amerika Utara bagian timur.




    Psst, fun fact: Banyak yang berkata bahwa bunga moss pink memiliki aroma yang sama dengan marijuana.

    Sebagai penanda akan dimulainya musim semi, semoga saja hal ini juga menjadi tanda bahwa hal-hal baik akan segera datang, terutama di masa-masa sulit seperti sekarang ini.

    Keep your distance, and stay safe. Enjoy the full moon safely, guys!

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Anders Jildén on Unsplash / Lucy Wolski on Unsplash / Martino Pietropoli on Unsplash)