Lifestyle

Penting! Hal yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Berjemur

  by: Kissy Aprilia       8/4/2020
    • Berjemur adalah salah satu cara pencegahan virus corona.
    • Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya tetap gunakan sunscreen saat berjemur.
    • Menurut data indeks UV WHO, waktu terbaik untuk berjemur di wilayah Indonesia adalah sebelum pukul 09:00 dan setelah pukul 15:00.


    Cosmo selalu mengingatkanmu akan pentingnya menggunakan sunscreen, bahkan saat berada di dalam ruangan. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet itu dapat menembus ke dalam lapisan kaca dan menyerap ke dalam kulit. Akibatnya mungkin belum terlihat jelas di usiamu saat ini, namun sangat berisiko mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dan sejumlah masalah kulit—termasuk penyakit kanker.




    Selama krisis pandemi virus corona mewabah di seluruh dunia, kita disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari secara langsung. Meski cara ini sebenarnya tidak dapat mematikan virus corona, namun vitamin D yang dihasilkan oleh matahari bekerja meningkatkan fungsi kekebalan imun tubuh. Jadi, apakah kita tetap harus menerapkan teori penggunaan sunscreen?

    Jika memiliki jenis kulit normal, tidak mudah terbakar, serta tidak memiliki riwayat penyakit kulit seperti eksim, kamu tidak perlu menggunakan sunscreen. Akan tetapi, kamu tidak boleh berjemur di bawah sinar matahari langsung melebihi 20 menit. Bagi pemilik jenis kulit sensitif, kamu wajib menggunakan sunscreen untuk menghindari kondisi kulit yang tidak diinginkan dan cukup berjemur 5 – 10 menit saja. 



    Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berjemur? Pertama-tama, kamu perlu mengenail indeks UV dan bahayanya. Menurut WHO, indeks UV sinar matahari dikatakan aman jika berada di bawah angka 5. Sedangkan menurut data Weather Atlas, rata-rata indeks UV di Jakarta di bulan April mencapai angka 12. That’s very dangerous for our skin! Dapat dikatakan, anjuran untuk berjemur pada pukul 10:00 – 14:00 itu tidak cocok diterapkan di negara tropis. 

    Melalui akun Instagram, dokter Gahrani Chen, spesialis obstetri dan ginekologi, mengungkapkan bahwa waktu berjemur yang baik di Indonesia adalah sebelum pukul 09:00 dan setelah pukul 15:00. Namun, sebaiknya kamu tetap memperhatikan indeks UV di wilayah tempat tinggal, dan hal ini bisa kamu lihat melalui situs AccuWeather.com.





    Apakah kamu masih malas berjemur karena mengkhawatirkan kulit wajah? Saat berjemur, kamu tetap boleh menggunakan alat pelindung, kok! We all hate dark spots, aren’t we? Jadi, pulaskan sunscreen di area kulit wajahmu, kenakan topi, dan juga kacamata hitam, tapi biarkan area kulit tubuh lainnya terpapar oleh sinar matahari. Stay healthy, everyone!


    (Kissy Aprilia, images: Andre Maliik on Unsplash)