Fashion

Desainer Indonesia Ini Bantu Donasi untuk Tenaga Medis

  by: Hendry Leo       8/4/2020
  • Di tengah pandemi Corona saat ini, yang memiliki peran sangat penting membantu keselamatan para korban yang tertular virus Covid-19 adalah tenaga medis. Baik perawat dan dokter, mereka adalah garda terdepan yang memiliki risiko paling cepat terjangkit virus tersebut. Untuk itu, banyak apresiasi yang diberikan oleh masyarakat demi mendukung tenaga medis di Indonesia. Salah satunya datang dari beberapa desainer Indonesia yang membantu memberikan sumbangan berupa baju Alat Pelindung Diri (APD) dan juga masker untuk mereka. Berikut beberapa desainer Indonesia yang ikut serta berdonasi!

    1. Anne Avantie

    Melalui Peduli APD Yayasan Anne Avantie, sang desainer bersama para tim memberikan sumbangan berupa desain baju APD yang ia sumbangkan ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan. Anne juga sempat mengunggah proses penjahitan baju hingga beberapa testimoni dari para tenaga medis yang telah mendapatkan sumbangan dari yayasannya.





    2. Hian Tjen

    Berkolaborasi dengan beberapa desainer Indonesia dalam @project_indonesia. Hian Tjen beserta komunitas yang tergabung membuat busana APD sebanyak 1000 baju yang disumbangkan ke tenaga medis yang membutuhkan di Indonesia, terutama di Jakarta sebagai wilayah yang paling banyak terjangkit virus Corona.



    3. Studio Moral

    Melalui postingan instagram story nya, label di bawah naungan Andandika Surasetja ini mengumumkan bahwa mulai tanggal 6 April 2020, salah satu workshop Studio Moral yang ada di Bandung akan dijadikan tempat produksi busana APD. Tak hanya itu, mereka pun mengajak siapapun untuk ikut berpartisipasi dalam program One-For-One dengan membeli koleksi Studio Moral yang akan disumbangkan untuk pembuatan APD tersebut.





    4. Catherine Wong

    Berawal dari curhatan dokter pribadi Catherine Wong mengenai susahnya mendapatkan masker, desainer asal Surabaya ini pun tergerak untuk membuat masker yang dibagikan secara percuma ke dokter nya yang kemudian disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Catherine Wong juga berharap agar makin banyak orang yang terlibat dalam membantu ketersediaan masker yang memadai di Indonesia.



    5. Karla Jasmina

    Karla Jasmina membantu para tenaga medis untuk melawan Corona dengan membuat ribuan baju APD. Tidak hanya sendiri, sang desainer mengajak seluruh desainer dan UMKM yang tergabung dalam gerakan Together We Can Project ini pun telah mengumpulkan 25 tim relawan. Melalui wawancaranya dengan salah satu media Indonesai, Karla Jasmina menjelaskan bahwa sementara ini dia dan tim telah membuat 2000 APD yang disumbangkan ke ikafkunair13 (donasi yang digerakkan dokter-dokter muda yang menangani ODP dan PDP) secara gratis.




    (Teks: Hendry Leo/ Foto: instagram.com/ Opening: @anneavantieheart)