Beauty

Kulit Berjerawat Saat di Rumah? Coba 5 Produk Skincare Ini!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/4/2020
  • Confession time: kulit wajah Cosmo semakin berjerawat selama #DiRumahAja. Yup. Cosmo kira self-quarantine justru bisa memperbaiki kondisi kulit, mengingat Cosmo tidak lagi sering memakai makeup selama di rumah, terhindar dari polusi, serta aman dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Namun menurut Pamela Marshallco-founder klinik kecantikan Mortar&Milk, ada beberapa faktor yang membuat jerawat semakin sering muncul saat di rumah, salah satunya adalah mengabaikan rutinitas skincare yang biasanya dilakukan setiap hari. Oops... Apakah kamu melakukan hal yang sama, girls?

    Well, harus diakui, selama di rumah rasanya rutinitas skincare tidak harus dilakukan secara teratur seperti biasanya—tapi pemikiran ini salah, girls. Justru kamu harus tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. So, jika kulitmu semakin berjerawat akhir-akhir ini, produk apa saja yang perlu digunakan? Yuk, intip produk skincare pilihan Cosmo yang patut dicoba untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.




    Face wash


    Ya, kamu menghabiskan setidaknya, err, 98% dari harimu di rumah, tapi bukan berarti kamu tidak perlu rajin mencuci wajah. Kelenjar minyak yang berada di bawah lapisan kulitmu tetap memproduksi minyak meski kamu berada di rumah saja. Terutama jika kamu memiliki kulit berjerawat, minyak yang menumpuk pada kulit wajah bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Lagi pula, kulit wajahmu juga pasti menyentuh bantal atau seprai ketika tidur, bukan? Hmm… 

    So mulai dari hari ini, tetap lakukan rutinitas mencuci wajah pada pagi dan malam hari, ya! Nah, untuk kulit berjerawat, Cosmo merekomendasikan sabun cuci muka dari COSRX yang mengandung salicylic acid (asam salisilat), bahan kandungan yang mampu mengatasi jerawat dan mengontrol produksi minyak pada wajah. Plus, produk ini juga dilengkapi kandungan tea tree oil yang bersifat antibakteri. Perfect for your acne prone skin!

     Cosmo recommends:  COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser (beli di Sociolla)

     

    Exfoliator


    Jika rutin mencuci wajah saja tidak cukup untuk melawan jerawat, coba eksfoliasi kulit wajahmu sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu, tergantung sensitivitas kulitmu. Why exfoliate? Well, mengeksfoliasi kulit wajah membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Pilihlah produk eksfoliasi yang ramah pada jerawat dan tidak membuat kulit kering, seperti Aquabella® Micro-Exfoliating Purifying Gel Daily Use dari NUXE yang bertekstur gel dan mengandung micro-beads halus.

     Cosmo recommends:  NUXE Aquabella® Micro-Exfoliating Purifying Gel Daily Use (beli di Sephora)

     

    Emulsion


    Girls, this one’s more important than you think. Jika kamu masih berpikir, “Pelembap hanya akan membuat kulit berminyak dan berjerawat semakin parah, bukan?”, mungkin kamu belum menemukan pelembap yang tepat. Terutama jika kamu sering berada di ruangan ber-AC akhir-akhir ini, kulit akan lebih mudah menjadi kering dan kusam, dan kondisi tersebut dapat membuat kulit lebih mudah berjerawat. 

    Untuk kulit berjerawat atau berminyak, kamu bisa memilih emulsion alias pelembap berbahan dasar air. Emulsion memiliki tekstur yang lebih cair daripada moisturizer, serta lebih menyerap pada kulit dan ramah pada pori-pori.



    Butuh rekomendasi produk emulsion yang pas untuk kulit berjerawat? Coba gunakan Green Tea Watery Emulsion dari merek kecantikan Korea Selatan It’s Skin. Emulsion ini mengandung teh hijau, ketimun, bambu, dan buah prem yang antibakteri dan berfungsi sebagai penenang kulit meradang.

    Cosmo recommends:  It’s Skin Green Tea Watery Emulsion (beli di Shopee)

     

    Acne patch


    Ngaku, deh! Kamu semakin sering menyentuh wajah selama di rumah saja, kan? Cosmo rasa kita semua tahu bahwa itu adalah kebiasaan buruk yang bisa membuat jerawat semakin meradang (ingat: tanganmu tak selalu bebas dari bakteri dan kotoran!). So, ada baiknya kamu menggunakan acne patch alias stiker jerawat ketika di rumah. Selain bisa mengecilkan ukuran jerawat dalam waktu yang cepat, acne patch juga bisa membuatmu lebih jarang menyentuh area wajah yang berjerawat. Coba gunakan acne patch berbentuk bintang yang super imut dari merek kecantikan lokal Mad For Makeup. Selain mampu merawat jerawat, siapa tahu bentuknya yang cute bisa membuatmu lebih bersemangat di rumah!

     Cosmo recommends:  Mad For Makeup Star Hydrocolloid Pimple Patch (beli di Shopee)

     

    Spot treatment


    Yup, Cosmo rasa ini adalah produk yang wajib dimiliki para pemilik kulit berjerawat. Obat jerawat alias spot treatment mengandung bahan-bahan yang mampu melawan jerawat dalam konsentrasi yang lebih tinggi, sehingga dapat lebih fokus merawat jerawat, dan kamu pun hanya perlu mengoleskannya pada area kulit yang berjerawat. Acne Care Intensive Gel dari Derma Angel adalah obat jerawat yang recommended. Selain mengandung asam salisilat dan sulfur yang bersifat antibakteri, obat jerawat yang bertekstur gel ini juga dilengkapi dengan kandungan ceramide yang melindungi kulit dari iritasi.

     Cosmo recommends:  Derma Angel Acne Care Intensive Gel (beli di Sociolla)

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Andrea Piacquadio from Pexels / Images: Dok. Sociolla, Sephora, It's Skin, Mad For Makeup)