Better You

Daftar Resep Minuman Peningkat Imun, Praktis Dibuat di Rumah

  by: Givania Diwiya Citta       10/4/2020
    • Saat pandemi COVID-19 merebak, salah satu kontribusi yang bisa kita berikan adalah dengan menjaga kesehatan tubuh masing-masing.
    • Salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh, adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, seperti daftar minuman peningkat imun berikut.


    Krisis kesehatan terhadap pandemi COVID-19 yang sedang dunia alami ini memberi dampak beragam pada keseharian kita. Seperti salah satunya adalah rutinitas yang jadi dominan dilakukan dari rumah. Mungkin jika tadinya kamu tak terlalu sering berkunjung ke dapur, kini malah jadi meluangkan lebih banyak waktu di dapur? Cosmo can relate. Mulai dari mencari camilan, sampai bereksperimen menu yang bisa dikreasikan dari sisa-sisa bahan makanan di kulkas... Hei, di masa-masa tak menentu ini, kita memanglah harus menjaga kesehatan tubuh masing-masing, bukan?





    Begitu pula yang bisa dikreasikan dari menu minuman sehari-hari kita. Anantara Hotels, Resorts, and Spas yang tersohor ahli dalam mengelola wellness, membagikan daftar resep minuman peningkat imun yang praktis dibuat di rumah. Dikreasikan langsung oleh para chef dari Anantara, dua resep minuman berikut ini mengombinasikan rempah untuk obat ke dalam rasa yang modern. Jadi, selamat menikmati rasanya yang lezat, sekaligus manfaat kesehatan yang bisa diraih!


    Immunity Booster Turmeric Tea

    Menu minuman yang dikreasikan oleh Al Baleed Resort Salalah by Anantara, Oman, ini benar-benar selayaknya teh hangat yang menenangkan. Dalam bahasa Indonesia, inilah teh kunyit. Ya, kunyit yang biasa ditemukan pada jamu tradisional tanah air kita! Tapi jika awalnya kamu selalu mengernyit jika ditawari minum jamu, kini coba ikuti resep ini untuk mendapatkan rasa yang lebih modern, tanpa menghilangkan khasiat besarnya. 


    Manfaat:

    Kunyit berisikan senyawa bioaktif yang mengandung curcumin, yaitu zat yang mampu meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh, dan meningkatkan fungsi otak, juga membantu melawan depresi, lalu membantu anti-penuaan, dan tentunya, meningkatkan sistem imun.


    Bahan-bahan:

        • ½ cangkir kunyit mentah

        • ¼ cangkir jahe mentah

        • 1 buah lemon yang dijadikan jus

        • 3 sdm madu

        • 4 sdm air mineral (yang sudah matang dimasak lalu didinginkan)


    Cara pembuatan:

    Campurkan semua bahan sampai menjadi paste yang sudah teremulsi. Setelahnya, masukkan pada toples, lalu ambil sebanyak 2 sdm dan taruh ke gelas minum kamu. Tuang air panas ke dalam gelas, dan diamkan selama dua menit. Untuk sentuhan akhir, tambahkan daun mint agar terasa lebih segar.


    Coba juga tonton video berikut ini sebagai referensi panduan lainnya:






    Cinnamon-Lemon-Honey Immunity Shot

    Kreasi minuman yang satu ini merupakan menu yang selalu dihidangkan oleh Anantara Dubai The Palm Resort, UAE, sebagai welcome drink. Terdiri dari kayu manis-lemon-madu, minuman peningkat imun ini memiliki khasiat multiple, lho! 


    Manfaat:

    Lemon dipenuhi oleh vitamin C, madu mengandung antibakteri yang membantu membentuk benteng pelindung dalam tubuh untuk melawan infeksi, sementara kayu manis kaya akan antioksidan. Psst, ditambah lagi, minuman peningkat imun ini juga membantu meningkatkan kolagen hingga bisa membuat kulit tampak lebih muda!




    Bahan-bahan:

        • Kulit kayu manis (sekitar 3 sampai 4 stik untuk 2 cangkir air)

        • 1-2 lemon (sesuai selera)

        • Madu (sesuai selera)


    Cara pembuatan:

    Rebus stik kulit kayu manis selama 45 menit, lalu dinginkan selama beberapa menit. Sajikan di gelas, lalu tambahkan lemon serta madu sesuai keinginan. Kamu bisa menyimpan minuman ini di kulkas agar dingin, untuk sensasi minum yang lebih segar.


    (Givania Diwiya / Image: Freepik.com)