Lifestyle

Penting! Ini Daftar Buah dan Sayuran Peningkat Sistem Imun

  by: Kezia Calesta       8/4/2020
    • Di masa pandemi COVID-19, salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan adalah dengan membangun kekuatan sistem imun.
    • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran berikut untuk meningkatkan sistem imun.


    Menjaga kesehatan adalah prioritas setiap orang di masa pandemi ini, dan salah satu cara paling efektif selain menjaga kebersihan adalah dengan membangun kekuatan sistem imun agar tidak mudah jatuh sakit atau terinfeksi virus. Kurangi asupan yang tidak bergizi dan perbanyak konsumsi dengan 8 buah dan sayuran berikut untuk meningkatkan sistem imun!




    1. Jahe

    Jahe seringkali dikonsumsi saat tubuh sedang kurang fit, karena akar ini mampu menangani masalah inflamasi, mulai dari meredakan sakit tenggorokan hingga perasaan mual. Jahe juga dapat menurunkan kolestrol dan mengurangi sakit kronis.


    2. Bayam

    Makanan favorit Popeye ini tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga mengandung banyak antioksidan dan beta carotene yang dapat meningkatkan kemampuan sistem imun untuk menangkal virus. Seperti sayuran pada umumnya, manfaat dari bayam akan semakin maksimal jika dimasak sebentar saja.


    3. Buah Sitrus

    Buah sitrus seperti jeruk, lemon dan jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Karena tubuhmu tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri ataupun menyimpannya, kamu perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari untuk menjaga kesehatan.


    4. Paprika Merah

    Bila kamu pikir buah sitrus memiliki kandungan vitamin C terbanyak, you’re wrong! Paprika merah mengandung dua kali lebih banyak vitamin C, juga merupakan sumber beta carotene yang menjaga kesehatan mata dan kulit.




    5. Bawang putih

    Selain dapat menambah rasa dalam setiap masakan, bawang putih juga berguna untuk menangkal infeksi. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem imun berkat kandungan allicin dalamnya.


    6. Brokoli

    Brokoli termasuk dalam golongan superfood karena sayuran ini kaya akan serat, vitamin A, E, dan C untuk penyerapan zat besi, hingga antioksidan untuk mencegah kanker. Bila ingin mendapat manfaat maksimal dari brokoli, jangan memasaknya terlalu lama.


    7. Papaya

    Buah papaya juga tergolong dalam kategori superfood. Apakah kamu tahu bahwa satu buah papaya dapat memenuhi 224% kebutuhan vitamin C harian kamu? Selain itu, papaya juga mengandung potasium, vitamin B, folat, dan enzim papain yang dapat mencegah inflamasi.


    8. Kiwi

    Kiwi juga sangat kaya akan vitamin C yang berguna untuk melawan infeksi dan actinidin untuk memudahkan pencernaan protein. Ditambah lagi, buah asam segar ini juga mengandung folat, potasium, dan vitamin K untuk menjaga sistem imun tubuh.


    (Image: doc. freepik.com)