Beauty

5 Cara Tepat Merawat Kulit Kombinasi

  by: Fariza Rahmadinna       15/4/2020
  • Merawat kulit kombinasi memang membingungkan, karena kulit akan memproduksi banyak minyak, namun terasa kering di beberapa area tertentu. Selain itu, memiliki kombinasi juga membuatmu mengalami sejumlah masalah kulit dalam waktu bersamaan, seperti kulit mengelupas sekaligus berjerawat. Apakah kamu salah satunya? Inilah lima cara tepat merawat kulit kombinasi.




    Gunakan Dua Jenis Skincare

    Please note: perlakuan setiap bagian di wajah kamu secara berbeda ya, girls. Sederhananya, Untuk bagian wajah yang berminyak, kamu membutuhkan produk perawatan kulit yang mampu menyerap minyak berlebih. Sementara bagian wajah yang kering, kamu membutuhkan produk perawatan kulit yang memberikan kelembapan.

    Perhatikan Formula Pembersih Wajah

    Bersihkan wajah tidak lebih dari dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Gunakan facial wash yang lembut dan ringan, serta diformulasikan khusus untuk kulit kombinasi. Saran Cosmo, pilihlah produk facial wash yang berbentuk gel dan berbahan dasar air (water-based), karena tidak akan membuat kulit terasa berminyak atau kering setelahnya. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih facial wash yang berlabel soap-free.

    Aplikasikan Toner

    Setelah membersihkan wajah, kulit kamu membutuhkan toner yang berfungsi untuk mengembalikan pH kulit sekaligus membersihkan wajah dari sisa kotoran yang mungkin saja masih menempel. Gunakan toner maksimal dua kali sehari - pagi dan malam hari. Karena jika digunakan berlebihan, justru akan membuat wajah memproduksi lebih banyak minyak. Pastikan toner yang digunakan bebas alkohol, karena tidak akan membuat kulitmu kering atau terlalu berminyak. Tuang toner secukupnya pada kapas, lalu aplikasikan pada wajah secara merata

    Tetap Gunakan Pelembap

    Cosmo tahu, menggunakan pelembap memang akan membuat bagian t-zone terasa semakin berminyak. Namun, memiliki kulit kombinasi bukan menjadi alasan untuk tidak menggunakan pelembap ya, dear. Karena semua jenis kulit itu membutuhkan hidrasi. Ada dua cara yang dapat kamu lakukan, kamu bisa menggunakan dua pelembap berbeda. Atau pilihlah pelembap berbahan dasar air yang dapat kamu aplikasikan ke seluruh wajah dan tidak membuat area t-zone semakin berminyak.

    Jangan Lupakan Sunscreen



    Sama halnya dengan pelembap, semua jenis kulit juga memerlukan perlindungan dari bahaya sinar UV dan polusi, yang menjadi penyebab timbulnya garis-garis halus dan kerutan. Kamu sangat wajib untuk selalu memasukan sunscreen ke dalam rutinitas perawatan kulit pagi hari. Aplikasikan tabir surya minimal SPF 30 pada semua bagian kulit yang terpapar sinar matahari, bahkan ketika cuaca sedang tidak terik. Pilihlah sunscreen berlabel non-comedogenic, karena tidak akan menyumbat pori-pori yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Oleskan sunscreen 30 menit sebelum beraktifitas di luar ruangan, dan jangan lupa untuk re-apply sunscreen setidaknya setiap dua jam sekali ya, girls!


    Baca juga : Begini Cara Tepat Merawat Kulit Kering


    Selain melakukan rutinitas perawatan kulit harian, kamu juga perlu untuk melakukan rutinitas perawatan kulit mingguan juga lho dear!

    Menggunakan Masker

    Pilih produk clay mask karena mampu membersihkan pori-pori wajah dan menyerap minyak di kulit tanpa membuatnya iritasi. Gunakan dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk membantu melengkapi cara merawat wajah kombinasi kamu. Akan tetapi, kamu cukup menggunakan clay mask di bagian kulit yang berminyak, agar tidak membuat kondisi area kulit lainnya semakin kering.

    Eksfoliasi

    Jangan sampai lupa untuk melakukan eksfoliasi secara rutin ya, girls. Eksfoliasi adalah cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, agar kulit lebih halus dan lembut. Untuk kulit kombinasi, dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali dalam seminggu. Pilihlah produk eksfoliasi yang lembut agar tidak mengiritasi kulit kamu dan cukup aplikasikan di bagian kulit yang berminyak.


    (Fariza Rahmadinna/VA/Image:ammentorp©123RF.com )