Love & Sex

Kuis Kepribadian Online yang Bisa Dimainkan Sama Pasangan

  by: Givania Diwiya Citta       10/4/2020
    • Dengan merebaknya pandemi COVID-19, sebisa mungkin kita harus melakukan instruksi pemerintah untuk #DiRumahAja.
    • Untuk memberi distraksi pada masa-masa ini, coba perdalam pemahaman kamu dan pasangan (atau bahkan dengan gebetan) tentang kepribadian masing-masing, lewat kuis-kuis online ini.


    Selain untuk menghabiskan waktu atau kebosanan yang tak dipungkiri melanda saat melewati masa-masa self-quarantined ini, coba pikirkan lagi satu jawaban dari pertanyaan ini: Sebenarnya seberapa baik kamu memahami kepribadian si dia? Mungkin kamu seperti salah satu dari beberapa skenario ini. Kamu telah menjalin hubungan lamaaaa dan merasa sudah tahu segala tentang diri dan dunianya. Atau kamu mungkin sedang chatting dengan beberapa match dari Tinder, dan kamu butuh ide untuk menjadikan sesi kencan virtual ini seru. Hei, Cosmo sarankan… coba mainkan kuis kepribadian bersama-sama!




    Serius, ini seru, kok. Apalagi kebanyakan kuis kepribadian yang bisa ditemui online tidak membebani kamu biaya (alias gratis) atau setidaknya dalam harga yang bisa dijangkau. Bahkan kamu dan si dia bisa memainkannya di mana pun tanpa harus keluar rumah, atau bahkan via dunia maya. Tentunya, manfaat lainnya adalah hal ini akan membawa kamu dan si dia semakin dekat (kecuali, tentunya, jika salah satu dari kalian punya ‘bom’ tentang kepribadian yang akan dilepas setelah main kuis ini).


    Inilah beberapa daftar kuis kepribadian online yang bisa dimainkan sama pasangan, untuk menjawab semua pertanyaan, “Uhm, apa yang harus kita lakukan hari ini/malam ini?”


    Kalau kamu ingin memulai dengan yang klasik:

    16Personalities


    Dengan desain yang menyenangkan dari Myers-Briggs, kuis ini tak hanya mengungkapkan kepribadian kamu secara mendetail, tapi dengan memainkannya bersama pasangan, kuis ini membantu kalian mengetahui betapa mirip (atau berbeda) kamu dan si dia sebenarnya. Kuis ini juga sangat membantu karena semua hasilnya akan dikelompokkan dalam empat grup berbeda, jadi kamu bisa merasa lega kalau kalian berdua berada dalam kelompok yang sama. Kalau kamu masih berkelana di pulau Tinder, coba saja tuliskan hasil kepribadian kamu di bio, lalu lihat siapa yang match kemudian.


    Kalau kamu sangat penasaran seberapa cocok dengan si dia:

    Nanaya


    Dikembangkan oleh ilmuwan roket NASA sungguhan, Rashied Amini, versi gratis dari kuis ini memiliki struktur yang sama dengan desain Myers-Briggs, tapi bisa lebih mendalam terhadap pendekatan-pendekatan diri tentang singledom, atau seperti apa jenis hubungan romantis yang cocok dengan kamu, bahkan ada hasil statistik lokasi mana yang diisi oleh banyak orang yang cocok dengan kamu (jika kamu mengikuti kuis personal lanjutan tentang karier dan tujuan hidup). Kalau kamu benar-benar siap mengetahui kenyataan, kuis ini juga bisa menyebutkan apakah kamu harus putus dengan si dia atau tidak.


    Kalau kamu sungguh-sungguh ingin tahu tentang dirinya:

    FiveThirtyEight’s Personality Quiz


    Tes ini mengklaim bahwa mereka punya hasil yang lebih baik dalam kuis kepribadian. Kuis ini akan memberi kamu peringkat dalam beberapa hal, seperti keterbukaan kamu terhadap pengalaman baru, kewaspadaan kamu, emosi, kesesuaian kamu (yang menyentuh tentang rasa simpati, kerja sama, keramahan), dan keleluasaan kamu dalam berhubungan dengan orang lain. Coba gali kepribadian kamu dan si dia lewat lima kategori aspek besar tersebut!


    Kalau kamu mencari ide untuk memulai obrolan dengan gebetan:

    36 Questions on the Way to Love




    Siapa yang bisa melupakan esai ikonis dari New York Times tahun 2015 silam, tentang sederet pertanyaan merenyuhkan – tapi di waktu yang sama, sangat bisa dipraktikkan – sampai bisa membuat proses jatuh cinta berjalan lebih cepat? Meski jika kamu tak berakhir menjalin hubungan hidup selama-lamanya bersama si dia, tetaplah seru, kok, untuk mengenal kepribadian seseorang lewat kuis ini. Bahkan, coba praktikkan beberapa pertanyaan dari kuis ini saat chatting dengan para match di Tinder, lalu filter siapa saja yang layak masuk dalam lingkaran kamu!


    Kalau kamu ingin mencari tahu sisi kinky dari si dia (dalam tempat yang aman):

    Aplikasi XConfessions


    Aplikasi yang dibuat oleh sutradara film dewasa, Erika Lust, ini mirip seperti Tinder, hanya saja berfokus pada aksi seksual. Ya, dengan memainkan aplikasi ini, kamu bisa tahu fantasi dan sisi kinky orang-orang yang match dengan kamu. Atau jika kamu dan suami kadang masih canggung mengungkapkan sisi kinky masing-masing, coba saja mainkan aplikasi ini. Spice it up!


    Kalau kamu lelah membaca kuis yang selalu teks demi teks:

    VisualDNA “Who Am I?” Quiz


    Kuis yang satu ini sangat seru, karena semua pertanyaannya harus kamu jawab dengan memilih jawaban visual. Jadi, kamu bisa langsung memvisualisasikan berbagai rasa ke otak saat akan menjawab pertanyaan demi pertanyaan. Hasil jawabannya pun super mendetail dan cukup akurat!


    Kalau kalian berdua sama-sama kecanduan astrologi:

    Aplikasi Co-Star


    Jika kamu ingin mengingat se-lu-ruh birth chart miliknya, atau kalau kamu ingin analisis mendalam tentang susunan planet-planet di bintang kamu, atau mengapa kamu berakhir kecanduan astrologi, coba cek aplikasi ini.


    Kalau kalian adalah penggemar berat Harry Potter:

    Pottermore


    Hei, tidak pernah membosankan untuk membedah tentang Patronus atau Sorting Hat terus menerus, apalagi jika kamu sudah punya muggle favorit di hidup kamu. 


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Givania Diwiya / Opening image: IMDB.com / Image: Courtesy of sites and apps)