Better You

Girls, Ini Dia 5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Gigit Kuku

  by: Alexander Kusumapradja       10/4/2020
  • Yang punya kebiasaan menggigit kuku, coba tunjuk jari! Bad news for you, tampaknya kebiasaan itu memang mau tak mau harus dihilangkan secepatnya. Di pandemi virus Corona saat ini, memegang bagian wajah apalagi memasukkan jari yang tak bersih ke mulut adalah hal yang sangat tidak disarankan. Lagi pula, kebiasaan menggigit kuku yang dilakukan secara sadar maupun tidak dapat merusak kuku dan gigi kamu lho babes. Bagi banyak orang, menggigit kuku adalah kebiasaan yang dilakukan secara otomatis tanpa sadar dan merupakan gestur tubuh melawan rasa stress dan cemas. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

    via GIPHY



    1. Selalu Sedia Peralatan Manicure di Sekitarmu

    Ujung kuku yang tidak rata, terlalu panjang, atau kulit yang mengelupas di area kuku bisa menjadi trigger bagi mereka yang punya kebiasaan menggigit kuku. Kalau kamu termasuk di antaranya, saat melihat stimulus-stimulus tersebut, tahan dorongan untuk menggigitnya dan segera ambil peralatan manicure yang kamu punya. Selalu sedia peralatan manicure dalam kemasan praktis yang bisa kamu bawa ke mana saja. Set tersebut umumnya terdiri dari gunting kuku, gunting kecil, pinset, dan alat pembersih bawah kuku yang ujungnya bundar.

    Saat kukumu terlihat sempurna, kamu tak akan terlalu diganggu keinginan untuk mencoba memperbaikinya dengan cara menggigit. Bila kebiasaan menggigit kuku termasuk agak parah, kamu disarankan untuk memotong kuku sampai pendek sehingga tak ada sisa untuk digigit. Tapi Cosmo paham kok kalau banyak wanita yang ingin kuku mereka tetap panjang.


    2. Rawat Kuku Secara Teratur

    Bagi banyak orang, memiliki set peralatan manicure kuku adalah cara paling tepat melawan dorongan menggigit kuku. Ketika kukumu terlihat cantik, kamu mungkin tak ingin merusaknya begitu saja dan lebih peduli dengan kondisi kuku. Tapi bagi sebagian orang lainnya, kuku yang terlihat fresh dan berkilau oleh kuteks justru bisa menjadi trigger untuk menggigit kuku, terutama bila cat kukunya sudah mulai terkelupas di sana-sini. Solusinya adalah ketika melihat cat kuku sudah mulai terkelupas dan rusak, langsung ambil pembersih kuteks dan hapus semuanya sekalian agar kamu tak tergoda untuk menggigitinya.

    via GIPHY

    3. Menjaga Tingkat Kelembapan

    Karena kita jadi sering mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, kulit tangan kita mungkin justru terasa kering dan pecah-pecah, termasuk kuku yang terlihat kusam dan kering. Jangan lupa untuk memakai lotion tangan favoritmu, termasuk di bagian kuku. Wangi dari lotion juga bisa menahanmu untuk menggigiti kuku bila secara tak sadar kamu mulai mendekatkan jari ke wajahmu. Lagi pula rasa lotion yang tak enak di lidah juga pasti membuatmu berpikir dua kali sebelum memasukkannya ke mulut.




    4. Berpikir Jernih

    Wait, apa ya maksudnya? Berpikir jernih di sini maksudnya adalah mempraktikkan mindfulness dan makin aware dengan segala tindakan yang kamu lakukan serta hal-hal yang mendorong tindakan tersebut. Seperti yang sudah disebut sebelumnya, terkadang menggigit kuku adalah cara seseorang menenangkan diri entah itu karena stress, cemas, bosan, kecewa, atau ingin fokus konsentrasi. Kenali situasi apa yang biasanya membuatmu ingin menggigit kuku dan saat kamu menyadarinya, kamu pun jadi lebih paham dan lebih punya power untuk memilih tidak melakukannya.

    Bila kamu menyadari kamu menggigiti kukumu tanpa berpikir, hentikan dan coba berdamai dengan diri sendiri dan kembali konsentrasi dengan keadaan dirimu saat ini. Kamu pun bisa mencoba lebih aktif melakukan aktivitas yang membutuhkan tangan. Jika tanganmu sibuk, kamu pun jadi tak punya dorongan untuk menggigiti kuku.


    5. Buat Kuku Terasa Tidak Enak

    Kalau semua cara dirasa gagal, pilih produk kuku yang memang didesain khusus untuk mencegah kebiasaan menggigit kuku. Banyak perusahaan cat kuku yang membuat zat enamel khusus dengan rasa kimia yang tidak enak sehingga kamu pun jadi kapok memasukkan kuku ke mulut.

    via GIPHY

    (Alex.K/Image: Tiko Giorgadze on Unsplash)