Celebrity

18 Nama Akun Instagram Idol K-Pop yang Menarik dan Artinya

  by: Shamira Priyanka Natanagara       9/4/2020
  • Hey, K-Pop fans! Cosmo ingin menanyakan sesuatu padamu. Dari semua idol K-Pop yang kamu follow di Instagram, ada berapa username Instagram idol yang terdengar, err, agak membingungkan bagimu? Tak perlu malu, Cosmo pada awalnya juga tidak tahu arti di balik nama Instagram beberapa artis K-Pop, terutama yang terdiri dari huruf acak. Nah, meski tampak random, sebenarnya ada arti di balik nama Instagram para idol, lho. Penasaran? Yuk, kita pelajari artinya! 

     

    1. Suho EXO - kimjuncotton

    Para penggemar berat EXO tentu sudah tahu bahwa nama asli Suho adalah Kim Jun-myeon. Kata ‘myeon’ sendiri berarti ‘kapas’ dalam bahasa Korea, so nama Instagram-nya adalah gabungan dari sebagian nama aslinya (‘Kim’ dan ‘Jun’), dengan terjemahan bahasa Inggris dari ‘kapas’, yaitu ‘cotton’. Kim + Jun + cotton = kimjuncotton!



     

    2. Chorong Apink - mulgokizary

    Nama akun Instagram leader grup Apink ini berarti ‘Pisces’ dalam bahasa Korea. Chorong lahir pada 3 Maret, 1991, yang berarti sun sign-nya adalah Pisces. Now you know!

     

    3. Sungjae BTOB - yook_can_do_it

    Cosmo rasa ini adalah salah satu nama Instagram idol K-Pop yang paling lucu! Pada dasarnya, nama Instagram Sungjae diambil dari kalimat ‘you can do it’ (kamu bisa melakukannya), kemudian ia menggantikan kata ‘you’ dengan nama keluarganya, Yook. 

     

    4. Onew SHINee - dlstmxkakwldrl

    Nama Instagram Onew sungguh panjang dan, err, tampak random. Namun sebenarnya username Onew ini memiliki arti, lho! Ternyata, jika mengetik 'dlstmxkakwldrl' menggunakan keyboard Hangul (alfabet bahasa Korea), yang tertulis adalah '인스타망징기', alias 'Insta mang jingki' (Insta pria tua). 'Mang jingki' adalah nama panggilan yang diberikan para penggemar karena Onew adalah personel SHINee paling tua. Now it makes sense! 

     

    5. Luna f(x) - hermosavidaluna

    Nama Instagram vokalis utama girl group f(x) ini diambil dari bahasa Spanyol. ‘Hermosa vida’ berarti ‘hidup yang indah’, so hermosavidaluna berarti ‘hidup Luna yang indah’. 

     

    6. Vernon SEVENTEEN - chwenotchew

    Nama keluarga Vernon adalah Chwe, mirip dengan kata 'chew', yang berarti 'kunyah' dalam bahasa Inggris. Melalui username Instagram-nya, Vernon mengingatkan orang-orang bahwa namanya adalah Vernon Chwe, bukan Vernon Chew. Ingat itu, girls!


    7. Namjoo Apink - sarangdungy 

    Nama Instagram Namjoo berasal dari kata ‘sarang-dungi’ yang berarti ‘lovely’ (indah atau cantik) dalam bahasa Korea. Psst… kata ini telah menjadi salah satu nama panggilan favorit Namjoo, lho!

     

    8. Hwasa Mamamoo - _mariahwasa

    Pada akhir bulan Maret lalu, Hwasa dari girl group Mamamoo resmi membuka akun Instagram pribadinya. Ia memilih nama Instagram _mariahwasa, yaitu gabungan dari nama baptisnya (Maria) dan nama panggungnya (Hwasa).

     

    9. Naeun Apink - marcellasne_

    Sama seperti Hwasa, Naeun juga menggunakan nama baptisnya, Marcella, untuk username Instagram-nya. ‘Sne’ sendiri adalah inisial nama lengkapnya, yaitu Son Na-eun. 

     

    10. Hyejeong AOA - dongdong810

    Kalau kamu belum tahu, vokalis girl group AOA ini punya nama panggilan ‘Dong Dong’. Saat AOA debut, ia pernah menjelaskan bahwa jika kamu berulang kali mengatakan ‘Hyejeong’, lama-kelamaan akan terdengar seperti ‘Hyedong’, sehingga teman-temannya seringkali memanggilnya ‘Dong Dong’. Angka ‘810’ adalah bulan dan tanggal lahirnya (10 Agustus). 



     

    11. Seungkwan SEVENTEEN - pledis_boos

    This one’s really witty! Nama Instagram Seungkwan adalah gabungan dari nama agensi yang menaunginya (Pledis Entertainment), nama keluarganya (Boo), dan inisialnya (S). Menariknya, Pledis sendiri memiliki akun Instagram yang bernama pledis_boss. Hahaha… tampaknya Seungkwan ingin menyaingi CEO Pledis!

     

    12. Seunghoon Winner - maetamong

    Maetamong adalah nama Korea untuk karakter anime Pokémon, Ditto. Tidak tahu seperti apa karakter itu? Coba tengok foto profil Instagram Seunghoon. Yup, that’s a Maetamong!

     

    13. IU - dlwlrma

    Nah, nama Instagram yang satu ini agak tricky. So, nama asli IU adalah Lee Ji-eun, dan 'eun' sendiri berarti 'perak' dalam bahasa Korea. Karena menganggap IU lebih berharga dari perak, para fans memberinya julukan 'Lee Ji-geum', karena 'geum' berarti emas. Sampai sini sudah paham girls? Okay, let's continue! Ketika membuat Instagram, IU menggunakan versi Hangul 'Lee Jigeum', yaitu 이지금, dan jika diketik menggunakan keyboard alfabet latin (seperti yang biasanya kita gunakan) akan muncul 'dlwlrma'. So pada dasarnya, nama Instagram IU adalah nama panggilan yang diberikan fans-nya!


    14. Kai EXO - zkdlin

    Sama seperti IU dan Onew, nama Instagram Kai memang tampak random, meski sebenarnya memiliki arti. Jika mengetik 'zkdlin' menggunakan keyboard Hangul, yang akan muncul pada layar adalah '카이' alias Kai. Lalu ia menambahkan 'in', yaitu bagian dari nama aslinya, Kim Jong-in.

     

    15. Ren NU’EST - glorypath

    Personel boy group NU’EST ini adalah penggemar berat Lady Gaga, bahkan Ren sudah pernah menampilkan sejumlah lagu sang diva pop. Sebelumnya, nama Instagram Ren adalah bornthisren, yang diambil dari lagu hit Gaga, “Born This Way”. Namun ia telah mengubahnya menjadi glorypath, dan sepertinya nama ini terinspirasi dari lagu Gaga yang lain, yakni “Edge of Glory”. 

     

    16. Bobby iKON - bobbyindaeyo

    Username Instagram Bobby mungkin terdengar agak ‘ribet’, tapi sebenarnya memiliki arti yang sederhana. Dalam bahasa Korea, username Bobby berarti ‘ini Bobby’. 

     

    17. Doyeon Weki Meki - lafilledhiver_

    Alumni musim pertama acara kompetisi Produce 101 ini memilih sebuah kalimat dalam bahasa Prancis untuk nama Instagram-nya. ‘La fille de hiver’ berarti ‘perempuan musim dingin’. Doyeon sendiri lahir pada musim dingin, lebih tepatnya pada 4 Desember, 1999.

     

    18. Krystal f(x) - vousmevoyez

    Yes, nama Instagram idol yang satu ini terdengar unik dan catchy. Sama seperti Doyeon, Krystal pun menggunakan bahasa Prancis untuk username Instagram-nya. ‘Vous me voyez’ memiliki arti ‘kamu melihat saya’. Well, that’s true! 

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/dlwlrma, Instagram/zkdlin)