Lifestyle

8 Tipe Pelukan Romantis Dalam Serial Drama Korea. Favoritmu?

  by: Alvin Yoga       9/4/2020
  • Ada banyak sekali adegan dalam drama Korea yang, jujur saja, sebenarnya agak klise, namun tetap kita tunggu-tunggu kemunculannya. Salah satunya adalah adegan pelukan mereka yang romantis. Gestur ini (yang seringnya ditampilkan dengan berbagai angle berbeda atau dengan slow-motion) biasanya menjadi titik balik dari hubungan sang dua karakter utama. Tak jarang, adegan ini ditambahkan untuk memancing emosi para penonton, entah supaya kita berteriak "kyaaa" karena gemas, atau untuk membuat kita menangis karena ceritanya yang menyedihkan.

    Nah, berikut ini ada lima tipe pelukan romantis dari serial drama Korea yang Cosmo temukan, lengkap dengan beberapa video adegan romantisnya. Penasaran? Lihat di bawah ini.




    1. The Back Hug

    Bukan drama Korea namanya jika tidak ada adegan back hug yang khas, setuju tidak? Tipe pelukan lain di bawah ini mungkin saja kamu temukan di serial drama lainnya, tapi back hug? It's definitely a K-drama thing.

    Adegan ini biasanya muncul ketika sang pemeran utama pria ingin menunjukkan rasa bahagianya pada sang pemeran utama wanita, seperti yang dilakukan oleh Vice Chairman Lee Young-joon (diperankan oleh Park Seo-joon) ketika memeluk Kim Mi-so (diperankan oleh Park Min-young) dari belakang dalam serial drama What's Wrong with Secretary Kim?


    Dan ada juga, "Tolong, hentikan. Jangan sakiti dia!" back hug, seperti yang bisa kamu lihat ketika Ra Eun-ho (diperankan oleh Kim Se-jeong) dan Hyun Tae-woon (diperankan oleh Kim Jung-hyun) dalam School 2017.


    Atau ketika sang pemeran utama pria ingin mengatakan, "Semuanya akan baik-baik saja," seperti yang terjadi pada serial drama Crash Landing on You ketika Captain Ri (diperankan oleh Hyun Bin) memeluk Yoon Se-ri (diperankan oleh Son Ye-jin) dari belakang untuk menenangkannya.


    2. The Tree Hug

    Mirip dengan back hug yang ikonis, adegan ini juga biasa terjadi ketika salah satu tokoh tidak menyangka bahwa ia akan dipeluk, membuat dirinya tertegun untuk sementara waktu. Di lain kesempatan, sang tokoh yang dipeluk juga terkadang membalas pelukan tersebut dengan gestur lain, seperti yang terjadi pada drama Fight for My Way ketika Choi Ae-ra (diperankan oleh Kim Ji-won) tiba-tiba saja dipeluk oleh Ko Dong-man (diperankan oleh Park Seo-joon). Ae-ra kemudian menepuk pelan pundak sahabatnya tersebut untuk menenangkannya.


    Dalam beberapa drama, pelukan ini juga biasa diawali dengan trademark K-drama lainnya: menarik pergelangan tangan sang lawan main. Dalam Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, sang tokoh utama Wang So (diperankan oleh Lee Joon-gi) menarik pergelangan tangan Hae Soo (diperankan oleh IU) dan kemudian menariknya ke dalam pelukan.


    3. The Drunk Hug

    Yang satu ini mirip dengan tree hug...perbedaannya adalah pelukan ini biasa dilakukan di bawah pengaruh soju atau makgeolli. Terkadang, pelukan ini juga diikuti dengan pengakuan dari sang tokoh yang mabuk, membuatnya terlihat sangat oh-so-sweet dan relatable. Semisal, pelukan yang dilakukan oleh Noh Ji-wook (diperankan oleh Ji Chang-wook) dalam serial drama Suspicious Partner berikut ini.


    4. The Bear Hug

    Ini adalah jenis pelukan yang ingin kita dapatkan di akhir hari yang terasa sangaaatt panjang dan melelahkan. Pelukan ini terlihat begitu nyaman, terutama saat sang pemeran utama pria menyelimuti tubuh sang pemeran utama perempuan untuk menghilangkan kecemasan perempuan tersebut. Berbeda dengan tree hug di mana sang pemeran perempuan terlihat malu-malu, di sini sang perempuan justru membalas pelukan tersebut. Lihat saja adegan yang diperankan oleh Gong Yoo berikut ini. Oh, siapa sih yang tidak ingin dipeluk oleh Gong Yoo seperti adegan dalam serial drama Big ini?


    Pelukan ini juga bisa menjadi salah satu PDA yang membuat kita iri setengah mati. Semisal adegan ketika Ahn Min-hyuk (diperankan oleh Park Hyung-sik) memeluk Do Bong-soon (diperankan oleh Park Bo-young) dalam serial drama Strong Woman Do Bong Soon.


    Pelukan ini juga bisa digunakan ketika seorang tokoh ingin berbaikan dengan pasangannya. Ingatkah kamu dengan serial drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo ketika Kim Bok-joo (diperankan oleh Lee Sung-kyung) sedang cemburu dan Jung Joon-hyung (diperankan oleh Nam Joo-hyuk) memeluknya dengan erat untuk berbaikan?




    Be warned: Bear hug juga bisa menandakan ada seseorang yang patah hati. Sebut saja ketika sang second lead menyaksikan adegan tersebut. Bayangkan saja kamu berada di pihak Baek In-ho (diperankan oleh Seo Kang-joon) dalam serial drama Cheese in the Trap. 


    5. The Straddle Hug

    Jenis pelukan ini tidak sering terjadi dalam serial drama Korea. Jika memang harus dijelaskan, pelukan ini bisa dikatakan pelukan awkward antara sang dua tokoh utama. Contohnya adalah ketika Ko Dong-man (diperankan oleh Park Seo-joon) tiba-tiba saja memeluk Choi Ae-ra (diperankan oleh Kim Ji-won).


    6. The Cliche Hug

    Walaupun adegan ini tak akan mungkin terjadi IRL (sekali lagi, tak akan mungkin terjadi), tipe pelukan klise ini masih sering dilakukan dalam serial drama Korea. Seperti ketika Pangeran Wang So (diperankan oleh Lee Joon-gi) berkali-kali memeluk Hae Soo (diperankan oleh IU) *rolling-eyes*.


    7. The Cuddle Hug

    Ini merupakan tipe pelukan yang paling akan membuatmu iri! Sang tokoh utama akan saling berpelukan di atas tempat tidur, dan mereka akan...yah, membuat kita jealous selama beberapa menit. Berikut adalah beberapa contohnya. Well, enjoy!




    8. The Gajima Hug

    Siapkan kertas tisu gurl, karena tipe pelukan terakhir ini akan membuatmu patah hati. Gajima merupakan bahasa Korea yang berarti, "Tolong, jangan pergi!" dan biasanya pelukan *tragis* ini menandakan perpisahan, seperti ketika Sunny (diperankan oleh Yoo In-na) berpisah dengan Grim Reaper (diperankan oleh Lee Dong-wook) dalam serial drama Goblin. Siapa sih yang tidak menangis menonton adegan ini? How dare you!


    Masih dari serial drama Goblin, gajima hug juga dilakukan ketika sang tokoh utama berusaha untuk menyelamatkan pasangan mainnya. Contoh terbaik yang bisa Cosmo lakukan adalah ketika Ji Eun-tak (diperankan oleh Kim Go-eun) menangis sejadinya sambil memeluk Kim Shin (diperankan oleh Gong Yoo).


    Terakhir, masih dari serial drama Goblin, yaitu ketika Kim Shin merelakan kepergian Ji Eun-tak.


    Stok kertas tisumu masih ada? Tonton adegan memilukan dari Crash Landing on You berikut ini ketika Captain Ri (diperankan oleh Hyun Bin) mengucapkan salam perpisahan terakhir pada Yoon Se-ri (diperankan oleh Son Ye-jin).


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. TvN)