Celebrity

Billie Eilish Bahas Komentar Soal Tubuhnya dan Body Shaming

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/4/2020
    • Billie Eilish muak akan orang-orang yang mengomentarinya di internet ketika ia memakai baju renang saat liburan pada awal tahun ini.
    • Dalam wawancara terbarunya dengan Dazed, Billie mengatakan bahwa ia menerima banyak kebencian karena menggunakan bikini dan tidak bisa melindungi dirinya dari bodyshaming.


    Kamu tahu hal mengerikan yang dilakukan tidak sedikit orang di internet, di mana mereka membuat komentar tidak penting tentang tubuh remaja dan pakaian yang mereka gunakan? Yeah, exactly. Sayangnya, Billie Eilish telah menjadi korban kelakuan tersebut sejak popularitasnya meroket, meski ia dikenal sengaja menggunakan pakaian gombroh agar orang-orang tidak bisa membahas bentuk tubuhnya. Namun ketika Billie pergi berlibur pada awal tahun ini dan mengenakan sebuah baju renang—ugh, panggil polisi!!—orang-orang jahat tidak bisa membiarkannya bebas.

    Dalam wawancara terbaru Billie bersama Dazed, ia mengingat kembali momen saat membaca komentar-komentar setelah ia mengunggah fotonya menggunakan baju renang di Instagram. "Saya melihat komentar seperti, 'Beraninya ia bicara tentang tidak ingin diseksualisasi dan mengenakan ini?!" katanya. "It was trending. Ada komentar yang mengatakan, 'Saya tidak lagi menyukainya karena begitu ia berusia 18 tahun ia adalah seorang perempuan jalang.' Like, dude. I can't win."



    Inilah foto yang Billie unggah, jika kamu belum melihatnya:



    Pada bulan Mei lalu, Billie buka-bukaan soal mengapa ia seringkali memilih untuk memakai baju gombroh. "Tidak ada yang bisa berpendapat [tentang tubuh saya] karena tidak ada yang pernah melihat apa yang ada di balik pakaian saya," katanya dalam video behind-the-scenes untuk kampanye Calvin Klein. "Tidak akan ada yang bisa mengatakan, 'Oh, tubuhnya slim-thick', 'tubuhnya tidak slim-thick', 'bokongnya tepos', 'bokongnya tebal.' Tidak ada yang bisa mengatakan hal-hal tersebut, karena mereka tidak tahu." 





    Walaupun membuatnya frustrasi, ia mengaku bahwa tampaknya ia akan selalu dikritik jika ia memakai apa pun yang berbeda drastis dari baju baggy yang biasanya ia gunakan.

    "Jika saya memakai gaun untuk suatu acara, saya akan dibenci karena itu. Orang-orang akan mengatakan, 'Kamu telah berubah, beraninya kamu melakukan sesuatu yang selalu kamu lawan?' Saya rasa, 'Saya tidak melawan apa pun, really,'" katanya. "Saya tidak bisa cukup menekankan ini. Saya hanya memakai apa yang ingin saya pakai. Jika ada suatu hari di mana saya merasa, 'You know what, saya merasa nyaman dengan perut saya sekarang dan saya ingin menunjukkannya,' saya seharusnya diizinkan untuk melakukan hal tersebut."

    Untuk yang kesekian kalinya, bisakah kita fokus pada karya musik Billie Eilish dan bukan... mengurus apa yang boleh dan tidak boleh ia pakai??? Ugh.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/BillieEilish)