Better You

Yuk, Coba! Ini 7 Cara Mudah Agar Lebih Rajin Minum Air Putih

  by: Shamira Priyanka Natanagara       13/4/2020
  • Kita semua tahu betapa pentingnya minum air putih yang cukup untuk kesehatan kita. Meskipun begitu, Cosmo yakin tidak sedikit dari kalian masih sering malas untuk minum air putih, benar? Just a reminder: kita setidaknya harus mengonsumsi enam hingga delapan gelas sehari (sekitar 1,2 hingga 1,5 liter air putih), menurut National Health Service UK. Terutama selama melalui pandemi COVID-19 ini, meski air putih sendiri tidak bisa membunuh virus corona, mengonsumi air putih dalam jumlah yang cukup bagus untuk metabolisme tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

    Kalau kamu masih mengalami kesulitan untuk mencapai target harian, yaitu setidaknya meminum 1,5 liter air, ada beberapa trik yang patut dicoba agar kamu bisa minum lebih banyak air putih. Mau coba?

     



    1. Minum air begitu bangun dan sebelum tidur

    Mulai besok, jadikan ini sebuah kebiasaan. Meneguk segelas air putih di pagi hari bisa membuatmu merasa lebih segar dan membuat tenggorokan tidak kering. Nah, agar kamu tidak perlu mengisi segelas air begitu bangun di pagi hari, biasakan untuk menyediakan gelas yang penuh di kamarmu sebelum kamu tidur (so kamu tidak punya alasan untuk “lupa” minum keesokan paginya, we know your trick!). Minum juga segelas air putih sebelum kamu tidur—kebiasaan ini pun bagus untuk merawat bibir agar tidak kering

    So, kebiasaan ini saja sudah menjamin konsumsi dua gelas air per hari, atau sekitar 280ml air. Not bad, huh? Kamu telah memenuhi kira-kira 20% dari goal harianmu.

     

    2. Sediakan botol minum 2 liter

    Cosmo tahu, kamu agak malas untuk bolak-balik ke dapur (atau di mana pun dispense airmu berada) untuk mengisi gelas, kan? Agar tidak perlu melakukan hal tersebut, coba sediakan botol minum pada setiap saat—dan bukan sekadar botol minum, tapi botol minum yang berukuran 2 liter. Yup, kamu hanya perlu mengisinya sekali saja, dan kamu bisa meletakkannya hampir di mana saja. Jika kamu berhasil membuat botol tersebut kosong dalam satu hari, congratulations! Kamu telah mengonsumsi 2 liter air selama 24 jam.

     

    3. Buat jadwal pada botol


    Mark your drinking bottles, girls. Trik ini bisa membantu melacak asupan air putihmu setiap jam. Kamu bisa membeli botol minum yang sudah memiliki ‘jadwal’ tercetak, tapi kalau botolmu polos, kamu bisa menandainya sendiri. 

    Sebaiknya kamu mengonsumsi 200ml air setiap jam, yang berarti kamu harus membuat garis pada botol setiap 200ml. So semisal botolmu berukuran 2 liter, botol tersebut akan memiliki 10 garis (yang ditandai mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00). Sedangkan jika botolmu berukuran 1l, buat 5 garis. Begitu botol tersebut kosong, langsung isi kembali dengan air hingga penuh. 

     

    4. Coba resep infused water




    Kalau kamu merasa minum air putih adalah sebuah tugas yang berat, why not make it more fun? Jika rasa air putih yang hambar membuatmu kurang tertarik untuk mengonsumsinya, coba resep infused water. Pada dasarnya kamu bisa memasukkan berbagai macam buah-buahan dan sayuran ke dalam sebotol air putih, dinginkan di kulkas semalaman, lalu minum pada keesokan harinya. It’s healthy! Dan kamu bisa memilih buah dan sayuran sesuai seleramu. 

    Psst… Cosmo punya beberapa resep infused water yang menarik! Baca artikelnya di sini.

     

    5. Minum air sebelum makan

    Kita setidaknya makan tiga kali dalam sehari, dan jika kita melakukan kebiasaan ini, kita sudah menghabiskan tiga gelas air per hari. Plus, kamu pasti minum air putih setelah makan, kan? Nah, jika ditambah air putih yang dikonsumsi setelah makan, kamu telah meneguk enam gelas air dalam sehari. Easy!

     

    6. Tambahkan es batu

    Well, tentunya kamu tidak bisa mengandalkan es batu saja, tapi kamu bisa “menipu” diri sendiri untuk minum lebih banyak air dengan menambahkan es batu ke minuman yang manis, seperti kopi, teh, dan soft drinks

     

    7. Gunakan sedotan

    Menurut Kristen Kizer, ahli diet dari Houston Methodist Hospital, kita akan mengonsumi lebih banyak air jika meminumnya menggunakan sedotan daripada langsung meneguknya dari botol atau gelas. So ada baiknya untuk memanfaatkan stainless straw kesayangan atau tumbler yang dilengkapi sedotan untuk minum air putih.

     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Christopher Campbell on Unsplash)