Beauty

Ini Dia 7 Bahan Skincare Yang Cocok Untuk Kulit Kering

  by: Astriana Gemiati       14/4/2020
    • Cuaca dingin justru bisa menyebabkan kulit mudah terasa kering dan tidak merata.
    • Ini dia beberapa kandungan produk skincare yang ditujukan untuk tipe kulit kering.


    Kamu mungkin telah memerhatikan bahwa udara semakin dingin baru-baru ini semenjak pandemi Covid-19 dan memberlakukan stay at home. Ya, tentu saja ini menjadi kabar baik untuk kebanyakan orang, namun tidak terlalu banyak untuk kamu yang memiliki tipe kulit kering (hufft…). Malam yang dingin memang bisa menyebabkan kulit mudah kering dan tidak merata. Untuk mengatasinya, kamu benar-benar membutuhkan perawatan kulit dengan menggunakan produk ekstra pelembap.




    Akan tetapi, penting untuk membaca label produk dan mengetahui kandungan yang tersimpan apakah produk tersebut baik untuk kulit kering. Untuk membantu kamu, berikut panduan mengenai bahan-bahan yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kulit kering kamu agar tetap terjaga kelembapannya.


    #1. Glycerin

    Gliserin adalah humectant, yang berarti “menarik” uap air ke kulit agar tetap terhidrasi dan terkesan plump. Ini juga terasa ringan, yang sangat cocok untuk kamu yang tidak menyukai tekstur lengket, dan terasa berat yang biasanya tersedia di beberapa produk.




    Laneige Water Bank Moisture Cream EX


    Where to buySociolla

    Harga: Rp500.000,-.



    #2. Squalane

    Merupakan sebuah senyawa penyedia hidrasi yang mampu bantu lembapkan kulit menjadikan tetap lembut dan tampak kenyal, sekaligus berfungsi sebagai antioksidan.


    Kiehl’s Ultra Facial Cream


    Where to buy: Kiehl's

    Harga: Rp530.000,-.


    #3. Hyaluronic Acid

    Dikenal dengan sebutan HA (Hyaluronic acid) atau asam hialuronat dapat bantu menahan 1000x beratnya dalam air, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang memiliki kulit kering. Selain menghidrasi kulit kering, khasiatnya juga baik untuk membantu cegah munculnya garis-garis halus dan kerutan.


    First Lab Probiotic Reverse Cream


    Where to buyBeautyHaul

    Harga: Rp335.500,-.




    #4. Aloe Vera

    Masih ingatkan kamu, ketika aloe vera gel pernah menjadi “must have beauty product” yang diburu oleh banyak orang? Ya, jika menilik lagi, lidah buaya memang berkhasiat bantu berikan kelembapan. Memiliki antioksidan, vitamin A, enzim, dan sifat anti-inflamasi, serta menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kulit kering, eksim, sekaligus untuk luka bakar ringan.


    Sensatia Botanical Aloe Vera Botanical Gel


    Where to buySephora

    Harga: Rp70.000,-.


    #5. Ceramides

    Ceramides bertindak seperti magnet: mereka mampu mengikat sel-sel kulit kamu bersama-sama untuk menciptakan penghalang yang dapat mengunci kelembapan dan mencegah kotoran masuk. Bahan kulit ini juga dapat bantu membuat wajah kamu tetap terasa plump, terhidrasi, dan juga tampak kenyal!


    Mamonde Ceramide Intense Cream


    Where to buyLazada

    Harga: Rp410.000,-.


    #6. Petrolatum

    Petrolatum mungkin terdengar seperti sesuatu yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya di wajah kamu, padahal sebenarnya ini memiliki banyak manfaat. Kandungan ini mampu bantu mempersiapkan kulit kamu bagaikan lapisan anti air yang mengunci kelembapan dan mencegah partikel asing. Sangat bagus juga untuk mengatasi bibir dan tumit pecah-pecah, goresan kecil serta luka bakar, bahkan dapat bertindak sebagai dasar untuk parfum kamu agar membuatnya bertahan lama. Menarik!


    Vaseline Repairing Jelly


    Where to buyWatson

    Harga: Rp16.700,-.


    #7. Lactic acid

    Jika kamu memiliki kulit kering, kamu akan mendapat banyak manfaat dari asam laktat. Ini adalah jenis Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang berfungsi bantu menghaluskan garis dan kerutan halus, serta menahan air sekaligus meningkatkan faktor kelembapan alami. 


    The Ordinary Lactic Acid 5% + HA




    ( Astriana Gemiati, Image: Viacheslav Iakobchuk©123RF.com  / Dok. Cosmo)