Better You

Hati-hati, girls! Kenali Ciri-Ciri Kanker Mata

  by: Fariza Rahmadinna       14/4/2020
  • Kanker mata adalah penyakit yang terjadi akibat sel-sel kanker berkembang tanpa terkendali pada jaringan mata, sehingga dapat menyebabkan kerusakan mata atau bahkan kebutaan permanen. Kanker mata sering dianggap sebagai jenis kanker yang jarang terjadi. Padahal, kanker mata juga tidak kalah membahayakan seperti jenis kanker yang lainnya. Oleh karena itu, kamu juga perlu untuk mengenali ciri-ciri kanker mata.

    1. Muncul Bercak atau Noda Pada Bola Mata



    Munculnya bercak atau noda pada bola mata menjadi ciri awal yang kerap muncul pada kanker mata stadium awal. Bercak atau noda tersebut bisa berwarna hitam, putih, atau cokelat. Jika kamu memiliki ciri ini segera konsultasikan ke dokter.

    2. Gangguan Penglihatan

    Mengalami gangguan penglihatan kerap kali dianggap hal sepele oleh banyak orang. Padahal, jika lama kelamaan kemampuan penglihatan semakin berkurang, ini bisa menjadi salah satu ciri kanker mata. Pada gejala awal, penglihatan mata akan memburam atau kehilangan penglihatan seluruhnya. Dengan kata lain, sel kanker akan mempengaruhi kemampuan penglihatan kamu, ladies.

    3. Sensitif Terhadap Cahaya

    Selain mengalami gangguan penglihatan, ciri-ciri kanker mata lainnya yaitu ketika sensitivitas mata terhadap cahaya semakin meningkat. Kondisi ini membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi sulit untuk melihat di tengah cahaya yang terlalu terang dan mata mudah silau ketika terkena sinar matahari.

    4. Perubahan Pada Iris Mata

    Sel kanker akan membuat iris mata kamu tampak mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Bentuk iris matamu akan terlihat lebih cekung dari bentuk iris mata normal.


    (Baca juga : Kenali Ragam Jenis Kanker Yang Mudah Menyerang Wanita)



    5. Terdapat Benjolan di Area Mata

    Ciri ini dapat kamu kenali dengan mendeteksi adanya benjolan atau tidak di area matamu, girls! Jika terdapat benjolan, bisa jadi ini gejala awal kanker mata. Sebaiknya jangan sepelekan dan segera konsultasikan dengan dokter spesialis.

    6. Mata Terasa Perih dan Pegal

    Ciri kanker mata berikutnya yaitu area mata terasa perih dan pegal. Kondisi ini tentu dapat membuat kebanyakan orang ingin untuk terus menggaruk mata serta dapat mengganggu kenyamanan. Namun jika mengalami kondisi semacam ini, hindari untuk menggaruk area mata karena dapat membuat keadaan mata semakin memburuk.

    7. Mata Membengkak

    Pembengkakan pada mata atau kelopak mata ini biasanya disertai dengan rasa sakit dan menimbulkan peradangan sehingga tampak kemerahan.

    Jika ada lima dari tujuh ciri di atas sedang kamu alami, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut ya ladies!

    (Fariza Rahmadinna/VA/ Image: Dok. Elijah O'Donnell on Pexels)