Lifestyle

Drama Korea Ini Dijamin Bikin Kamu Kangen Masa-masa Kuliah!

  by: Alvin Yoga       14/4/2020
  • Banyak yang berkata bahwa masa-masa sekolah adalah masa-masa terbaik dalam hidup. Well, Cosmo setuju. Terutama di masa-masa kuliah, dimana selalu ada momen spesial yang terjadi setiap harinya, baik di dalam kelas maupun di luar kelas saat kamu menghabiskan waktu bersama para sahabat. Ini adalah masa-masa terbaik, di mana umur kita sudah cukup tua untuk mulai berpikir lebih dewasa—whether by force or not, LOL—dan juga masih cukup muda sehingga kita bisa bersenang-senang tanpa harus memikirkan workload dan gaji.

    Nah, di dalam serial drama Korea, ada banyak K-drama yang berhasil menunjukkan realitas kehidupan ketika masa kuliah. Tentu saja ada beberapa perbedaan kultur di sana-sini, tapi intinya, serial drama tersebut berhasil menunjukkan kita satu kesamaan—bahwa dengan atau tanpa oppa, kita pasti akan tetap menghadapi *drama* kehidupan. Berikut ini adalah lima serial drama Korea yang menurut Cosmo paling sesuai menggambarkan masa-masa muda kita. Hmm, mana yang paling bikin kamu kangen? Cek di sini!




    1. Cheese In The Trap (2016)


    Terutama untuk kamu yang sering merasa insecure selama kuliah, kamu pasti merasa bahwa webtoon-yang-kini-jadi-serial-drama benar-benar relatable dengan kehidupanmu. Hong Seol (diperankan oleh Kim Go-eun), adalah seorang mahasiswi semester enam yang rajin dan juga pekerja keras. Selain itu, Hong Seol juga tak suka mencari masalah apalagi bertengkar dengan orang lain. Bisa dibilang, ia lebih baik terpaksa berkata "Ya" dibanding mencari masalah. Inilah sebabnya banyak mahasiswa lain mendekatinya demi mencari keuntungan, tentunya dengan memanfaatkan dirinya untuk mendapatkan nilai bagus—karena Hong Seol pasti akan berkata "ya" untuk menghindari masalah. Seluruh usahanya untuk menghindari masalah tersebut kemudian gagal ketika ia bertemu dengan senior yang tampan dan terkenal, Yoo Jung (diperankan oleh Park Hae-jin), yang kemudian mulai menaruh hati pada Hong Seol.

    Hong Seol tak seperti teman-temannya yang lain, yang menyukai senior tersebut karena ia rajin mentraktir dan berbuat baik. Hong Seol justru mencurigai senior tersebut, karena ia sempat melihat bahwa Yoo Jung memiliki sisi yang berbeda di luar sisi ramah dan friendly yang sering ia tunjukkan di depan teman-temannya. Di luar kecerdasan, ketampanan dan kebaikan hatinya, Yoo Jung ternyata memiliki sisi misterius dan kelam lainnya yang hanya disadari oleh Hong Seol.

    Salah satu hal terbaik mengenai Cheese in the Trap adalah, selain kisahnya yang terus berkembang di tiap episodenya, para aktornya berhasil melakonkan karakter mereka dengan sangat baik—sampai-sampai terkadang saya lupa bahwa saya sedang menonton serial drama dan bukan reality show. Kamu akan merasa related dengan kehidupan kuliah yang mereka potretkan, karena serial drama ini benar-benar pintar mengemas masalah-masalah kecil yang biasa kamu temui di tempat kuliah—mulai dari kalimat-kalimat tidak mengenakkan yang dilontarkan oleh sesama mahasiswa di kampus, tekanan untuk bisa mendapatkan nilai yang baik, sampai cara berhemat ala anak kos. Plotnya pun berhasil mengalir dengan sangat natural, dengan elemen-elemen khas K-drama yang berhasil diselipkan tanpa terkesan memaksa, dan tidak lupa perkembangan masing-masing karakter yang menyenangkan untuk ditonton—termasuk bagaimana mereka menghadapi kekurangan mereka dengan menggunakan kelebihan mereka. Just thumbs up!


    2. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016-2017)


    Salah satu hal terbaik dari serial ini adalah K-drama ini sama sekali tidak memiliki jalan cerita yang berat dan *drama* yang complicated. Ceritanya sangat ringan, dan diangkat dari kisah hidup atlet Korea Selatan Jang Mi-ran, dimana di serial ini ia dikisahkan sebagai Kim Bok-joo (diperankan oleh Lee Sung-kyung). Serial ini berputar pada kehidupan sederhana Bok-joo di Haneol Sport University, di mana ia menjadi bagian dari tim angkat beban atau weightlifting. Di tempat tersebut pulalah ia bertemu dengan Joon Joon-hyung (diperankan oleh Nam Joo-hyuk), teman sekolahnya semasa kecil dulu yang kini menjadi bagian dari tim renang dari universitas yang sama, yang perlahan-lahan mulai menaruh hati pada Bok-joo. Sepanjang episodenya, serial drama ini terus berfokus pada bagaimana kedua orang ini berusaha untuk mewujudkan ambisi mereka sambil mempertahankan hubungan dan perasaan mereka satu sama lain. Simpel, namun tetap menarik untuk ditonton sampai habis.

    Hal lain yang membuat Weightlifting Fairy Kim Bok Joo pantas kamu tonton selama stay at home adalah drama ini mengandalkan sisi rom-com yang ringan tanpa melupakan hal-hal yang sebenarnya terjadi pada kehidupan kuliah. Tak cuma jadi "pemanis" cerita semata, namun masalah-masalah tersebut—yang seringnya juga ikut kita alami—terkadang menjadi masalah utama yang harus mereka selesaikan di bangku kuliah. Di sisi lain, serial ini juga berhasil mengisahkan bagaimana para atlet berusaha untuk mencapai nilai akademis yang baik meski mereka harus memaksa diri sampai pada titik yang berlebihan, dan terkadang meski telah melakukan yang terbaik mimpi yang kita miliki tetap bertahan sebatas mimpi. Yeah, sometimes life's just so unfair.


    3. Hello, My Twenties! (2016)


    Menurut Cosmo sendiri, serial ini merupakan salah satu drama yang underrated dan pantas mendapat perhatian lebih. Bercerita mengenai lima mahasiswi, yaitu Yoo Eun-jae (diperankan oleh Park Hye-su), Jung Ye-eun (diperankan oleh Han Seung-yeon), Kang Yi-na (diperankan oleh Ryu Hwa-young), Yoon Jin-myung (diperankan oleh Han Ye-ri), serta Song Ji-won (diperankan oleh Park Eun-bin) yang tinggal bersama dalam sebuah rumah bernama Belle Epoque. Meski memiliki kepribadian yang berbeda-beda, kelimanya berhasil membangun hubungan persahabatan yang erat, dan masing-masing saling membantu sama lain untuk terus bertumbuh menjadi karakter yang lebih baik.



    Seperti yang sudah Cosmo sebutkan, masa-masa kuliah merupakan salah satu masa-masa terbaik dalam hidup, karena pada masa inilah kamu biasanya bertemu dengan sahabat-sahabat tedekatmu—yang terkadang punya sifat yang saling bertolak belakang dengan kepribadianmu. Hello, My Twenties! berhasil menunjukkan lewat karakter-karakternya bahwa meskipun kita memiliki kepribadian yang berbeda-beda, sebenarnya setiap orang memiliki kesamaan yang bisa membuat kita erat satu sama lain. Di serial ini, ada Eun-jae yang paling muda, yang seringkali membutuhkan dorongan untuk bisa keluar dari "lingkaran"-nya, juga Yi-na yang percaya diri yang sebenarnya memiliki sisi insecure terpendam, Jin-myung yang sifat egoisnya membuat ia sering terkena masalah, dan juga Ji-won yang eksentrik dan seringkali dianggap aneh oleh orang-orang. Yang membuat Cosmo bertahan sampai episode terakhir adalah meski serial ini mengandung banyak kisah romantis di dalam plotnya, namun K-drama ini tak pernah luput dari fokus utama mereka: yaitu persahabatan yang tumbuh selama masa kuliah. Cheers to that one!


    4. Go Back Couple (2017)


    Apakah kamu pernah berharap untuk bisa kembali ke masa-masa kuliah dulu ketika semuanya terasa lebih mudah, dimana kamu tak perlu memikirkan soal pernikahan atau gaji atau cicilan atau atasan yang menyebalkan? Inilah kurang lebih inti cerita dari Go Back Couple, yang awalnya mengisahkan kehidupan pernikahan yang kurang bahagia antara Ma Jin-joo (diperankan oleh Jang Na-ra) dan Choi Ban-do (diperankan oleh Son Ho-jun). Merasa tertekan dengan realitas kehidupan, pasangan ini diberikan kesempatan kedua untuk (bagian ini memang agak kurang masuk akal karena tiba-tiba saja mereka, whosh) kembali ke masa-masa ketika mereka kuliah dulu. Di sinilah mereka kembali dipertemukan dengan sahabat-sahabat mereka, menjalani kembali masa-masa muda yang mungkin sudah mereka lupakan karena mereka "dipaksa" untuk selalu bersikap dewasa, dan dalam prosesnya, memutuskan apa yang terbaik untuk masa depan mereka nantinya.

    Plot dari Go Back Couple sendiri mencomot hal-hal kecil yang biasa terjadi dalam hidup, yang sebenarnya memberikan gambaran yang baik (terlalu sempurna, bahkan) mengenai apa yang nanti akan kita temui setelah lulus kuliah, sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan serius mengenai identitas diri dan hubungan asmara dengan cara yang ringan dan mudah dimengerti. Serial ini juga tidak semata-mata "mengagungkan" kehidupan kuliah sebagai sesuatu yang lebih baik dari kehidupan kerja. Di sisi lain, serial ini justru menggambarkan bagaimana kehidupan kuliah perlahan-lahan mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dewasa dalam menghadapi setiap keputusan hidup. Thumbs up!


    5. My ID Is Gangnam Beauty (2018)


    Di negara seperti Korea Selatan, di mana penampilan dan standar kecantikannya sangat tinggi, serial drama seperti My ID is Gangnam Beauty tidak hanya suatu hal yang menyegarkan, namun juga sesuatu yang berani. Setelah di-bully sepanjang hidupnya, sang mahasiswi baru Kang Mi-rae (diperakan oleh Im Soo-hyang) sempat membuat suatu keputusan besar dengan melakukan operasi plastik sebelum memulai kehidupan kuliah, dengan harapan ia bisa mendapatkan babak baru dalam hidupnya. Ia kemudian bertemu dengan Do Kyung-seok (Cha Eun-woo) di tempat kuliah, mantan teman sekelasnya yang tetap mengenal dirinya meski kini penampilannya telah berubah. Sambil berusaha untuk memahami perasaan masing-masing, kedua orang ini dihadapkan pada masalah-masalah dalam hidup mereka masing-masing, dimana Mi-rae kini mendapatkan banyak perhatian dengan wajah barunya—yang punya sisi baik dan buruknya sendiri—dan di sisi lain Kyung-seok dengan kebohongan-kebohongan besar dalam keluarganya.

    My ID Is Gangnam Beauty adalah bukti bahwa kehidupan kuliah kita sama pentingnya dengan babak lain dalam kehidupan kita. Serial ini juga banyak berbicara seputar kepercayaan diri dengan cara-cara yang tidak kamu temui dalam serial drama Korea lainnya, dan menunjukkan bahwa selama kamu berada di jalur yang tepat dan melakukan hal yang benar, hal tersebut tidak akan merugikanmu—hal tersebut justru akan memupukmu menjadi pribadi yang baik.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. MBC, TvN, JTBC)