Lifestyle

6 Kelas Online Gratis yang Bisa Kamu Ikuti Saat Stay At Home

  by: Shamira Priyanka Natanagara       14/4/2020
  • Girls, apakah ada suatu topik yang ingin sekali kamu pelajari tapi belum tercapai? Nah, sekarang adalah waktu yang tepat. Jika kamu sudah mulai jenuh karena rutinitas di rumah yang, err, kurang asyik (seriously, bahkan Cosmoisampai sudah lupa waktu!), coba selipkan aktivitas yang baru agar hari-harimu lebih menyenangkan, seperti mengikuti kelas online di rumah. Mulai dari kelas yang membahas fashion, sains, hingga keuangan, ada banyak pilihan yang cocok dengan minat masing-masing individu. Plus, it's free! Kamu bisa belajar di rumah tanpa mengeluarkan uang. Tertarik? Yuk, tengok kelas online gratis yang patut dicoba selama #DiRumahAja!


    For the fashionista...

     Fashion as Design 

    Penyelenggara: The Museum of Modern Art



    Daftarkan dirimu di... Coursera

    The Museum of Modern Art alias MoMA yang terletak di New York City menawarkan beberapa kelas online gratis yang bisa kamu ikuti, salah satunya mata pelajaran Fashion as Design. Kelas ini bertujuan untuk membahas sejarah, perkembangan, dan pengaruh fashion dari masa ke masa, serta memahami proses produksi pakaian, mulai dari tahap perancangan hingga saat pakaian sampai ke tangan pembeli.

    Kelas ini terdiri dari tujuh bab yang diajarkan oleh instruktur dari Departemen Arsitektur & Desain MoMA. Pada akhir setiap bab, pengetahuanmu akan diuji melalui sebuah kuis sebelum lanjut ke bab selanjutnya. Dan kelas online ini tidak merepotkan, karena kamu bebas mulai kapan saja dan bisa mengikutinya secara fleksibel, sesuai jadwal pribadimu. 



    If you’re into science (and culinary)...

     Science & Cooking: From Haute Cuisine to Soft Matter Science 

    Penyelenggara: Harvard University

    Daftarkan dirimu di... edX

    Mata pelajaran ini mungkin terdengar sulit, tapi coba intip silabusnya terlebih dahulu, kelihatannya sungguh menarik dan menantang! Dalam kelas ini, para peneliti Harvard University, beserta sejumlah chef kelas atas, akan mengungkapkan rahasia di balik kreasi kuliner mereka. Ya, mungkin kamu sudah bisa menebaknya, rahasia di balik kreasi mereka adalah sains!

    Selain membahas sains di balik kreasi kuliner, kelas ini juga akan mengajakmu untuk bereksperimen di dapur. Kamu bisa mengikuti tutorial memasak yang ada di pelajaran setiap minggunya, menerapkan materi yang telah kamu pelajari di kelas sebelumnya. 



     

    If you wanna talk about money...

     Jouska Talks 

    Penyelenggara: Jouska

    Daftarkan dirimu di... Loket.com

    Pada masa pandemi COVID-19 yang penuh dengan ketidakpastian ini, tidak sedikit orang mulai menjadi lebih peka akan keuangan mereka. Apakah kamu termasuk orang-orang tersebut? Kalau iya, kamu bisa mengikuti rangkaian webinar yang diselenggarakan oleh Jouska. Perusahaan konsultan keuangan independen ini telah mengadakan sejumlah webinar sejak awal 2020 yang berkaitan dengan keuangan dan bisnis, dan pada bulan Maret 2020 sendiri, Jouska telah mengadakan lebih dari 40 kelas online.

    Bagi kamu yang belum sempat mengikuti rangkaian webinar ini, tak perlu khawatir. Jouska Talks masih tetap berlangsung hingga Mei 2020. Kamu bisa memilih kelas-kelas yang paling menarik perhatian, mulai dari pembahasan soal investasi, asuransi, hingga tips keuangan. 





    If you’re interested in marketing and management...

     Glints ExpertClass Online Series 

    Penyelenggara: Glints

    Daftarkan dirimu di... Loket.com

    Untuk kamu yang tertarik untuk belajar tentang marketing dan management, platform rekrutmen Glints menghadirkan rangkaian webinar yang membahas dasar-dasar dari kedua topik tersebut, seperti SEO, paid marketing, social media marketing, dan customer experience. Untuk setiap sesi, Glints juga mengundang narasumber terpercaya dari berbagai latar, mulai dari e-commerce dan startup, hingga perusahaan multinasional.



    If you wanna learn another language...

     First Step Korean 

    Penyelenggara: Yonsei University

    Daftarkan dirimu di... Coursera

    Girls, kamu bisa memanfaatkan waktu luang saat di rumah untuk menguasai bahasa baru. Luckily, Yonsei University menyediakan kelas bahasa Korea untuk pemula yang tersedia secara online dan gratis. Kelas ini telah dirancang agar kamu bisa memahami dasar-dasar bahasa Korea selama lima minggu (yes, lima minggu saja!), dan kamu bisa mulai kapan saja—it’s flexible. Sang pengajar, Seung Hae-kang, akan mengajarimu memahami alfabet Hangul, cara memperkenalkan diri dalam bahasa Korea, dan pada bab terakhir, kamu akan mempelajari kosa kata Korea yang bisa digunakan sehari-hari. 



    For understanding the mind...

     Positive Psychiatry and Mental Health 

    Penyelenggara: The University of Sydney

    Daftarkan dirimu di... Coursera

    Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental, terutama selama masa-masa sulit ini. Dan jika kamu selalu tertarik untuk mempelajari bidang psikologi, Cosmo rasa ini adalah mata pelajaran yang tepat. Dalam kelas ini, kamu akan dibimbing untuk mempelajari cara tubuh dan pikiran manusia bekerja, kemudian membahas gangguan mental seperti anxiety, depresi, dan gangguan bipolar. 



    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Andrea Piacquadio from Pexels)