Beauty

Ini Dia 8 Cara Alami Mengatasi Komedo yang Bisa Kamu Coba

  by: Alexander Kusumapradja       15/4/2020
  • Girls, kita tahu mengatasi komedo bukan lah masalah yang mudah. Walaupun kita sudah merawat kulit wajah dengan baik, namun terkadang komedo selalu timbul lagi dan lagi. Komedi terjadi akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak bernama sebum. Beberapa faktor yang bisa mendorong pembentukan komedo adalah sisa kosmetik yang tak dibersihkan tuntas, keringat berlebih di area wajah, kelembapan, hingga kondisi medis.

    Seperti halnya jerawat, sangat tidak disarankan untuk menyentuh apalagi menggaruk komedo dengan jari kita yang belum tentu higienis. Selain melakukan perawatan di klinik kecantikan atau memakai plester komedo yang dijual di pasaran, selama masa karantina di rumah kita pun bisa mencoba perawatan yang lebih natural dan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Penasaran? Kita lihat satu per satu ya!




    1. Baking Soda dan Air

    Baking soda yang biasanya menjadi bahan dapur bisa dimanfaatkan untuk mengusir komedo karena membantu menetralkan ketidakseimbangan pH pada kulit sekaligus menjadi eksfoliator untuk kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Caranya adalah dengan mencampur dua sendok makan baking soda dan dua sendok makan air putih lalu diaduk hingga menjadi krim. Pakai krim tersebut ke area yang terserang komedi, bilas dengan air hangat, lalu pakai moisturizer setelahnya. Namun, resep ini bisa membuat kulit kering bila dipakai lebih dari dua atau tiga kali dalam seminggu.


    2. Eksfoliasi dengan Brown Sugar, Madu, dan Air Lemon

    Brown sugar alias gula pasir yang dibuat dari tebu dan kini identik dengan minuman boba ternyata bisa dipadukan dengan madu dan perasan air lemon untuk menjadi eksfoliator alami untuk menghilangkan komedo di area hidung dan dagu. Resepnya adalah satu sendok makan brown sugar, dua sendok makan air lemon, dan satu sendok makan madu asli yang dicampur sampai rata lalu dipakai di area wajah dengan gerakan memutar, pijat lembut selama sekitar lima menit sebelum dibilas dengan air bersih dan memakai pelembap kulit.


    3. Minyak Pohon Teh

    Banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak pohon teh (tea tree oil) yang bisa dipakai secara langsung ke area wajah yang terserang komedo. Minyak ini dipercaya membantu membunuh bakteri di kulit wajah dan telah dipakai sebagai bahan baku banyak produk kecantikan seperti sabun wajah, krim, maupun dalam bentuk minyak esensial.


    4. Kunyit Kasturi

    Selain sebagai rempah-rempah, kunyit dipercaya mampu mengatasi komedo karena bersifat anti bakteri, anti jamur, dan anti peradangan. Namun, bukan sembarang kunyit ya, kunyit yang disarankan untuk perawatan tubuh adalah kunyit kasturi alias curcuma aromatica yang berasal dari wilayah Asia Selatan. Bedanya dengan kunyit biasa adalah kunyi kasturi tak akan meninggalkan warna kuning pada kulit. Untuk mengatasi komedo, ambil satu sendok makan kunyit kasturi dan campur dengan satu sendok makan air putih atau minyak kelapa untuk dijadikan krim, usapkan di wajah selama 10 sampai 15 menit sebelum dibilas bersih.




    5. Minyak Kelapa dan Gula

    Komedo mungkin identik dengan area hidung, dagu, dan sekitar mulut (terutama bagi pria yang punya banyak titik rambut di wajah), namun komedo bisa juga muncul di area tubuh. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai lulur alami campuran minyak kelapa dan gula pasir yang mampu mengangkat sel kulit mati di tubuh.


    6. Madu dan Susu

    Bila kamu merasa produk plester komedo di toko tidak terlalu membantu, kamu bisa mencoba membuat sendiri di rumah dengan memakai madu dan susu. Madu memiliki khasiat anti bakteri sementara susu punya asam laktat yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak yang menyumbat paru-paru. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan susu putih murni dengan satu sendok makan madu alami lalu dihangatkan di microwave selama sekitar 10 detik. Saat campuran tersebut mendingin, pakai di area wajah yang terserang komedo lalu letakkan kapas bersih di atasnya. Diamkan selama 15 menit lalu dengan lembut kelupas kapas yang menempel, bilas, lalu pakai pelembap.


    7. Teh Hijau

    Teh hijau punya manfaat antioksidan dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Campur satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air lalu dipijatkan ke area yang terkena komedo sekitar tiga menit. Setelahnya bilas dan pakai pelembap. Cara ini bisa dilakukan dua atau tiga kali dalam seminggu.


    8. Putih telur

    Putih telur dan tissue bisa dimanfaatkan menjadi masker wajah alami yang mudah dibuat untuk mengurangi komedo. Kamu tinggal mengocok putih telur hingga agak mengental lalu pakai di kulit wajah yang sudah dibersihkan, tempelkan satu lapis tissue di atasnya (kecuali area mata dan mulut), lalu timpa lagi dengan satu lapisan putih telur lagi di atasnya. Biarkan masker wajah alami ini mengering sekitar 20 menit sebelum dicabut dan dibersihkan.


    (Alex.K/Image: freestocks on Unsplash )