Lifestyle

Sering Mengalami Mimpi Buruk? Ini Pemicu dan Alasannya

  by: Kezia Calesta       15/4/2020
  • Siapa bilang orang dewasa tidak bisa mengalami mimpi buruk? Meskipun mimpi buruk lebih sering terjadi di usia muda, 50 persen orang dewasa masih mengalami nightmares. Mimpi yang menakutkan dan mengusik hati ini dapat membuat kamu bangun di tengah malam, atau parahnya, membuat kamu takut melanjutkan tidur - dalam jangka panjang, kurang tidur pun dapat menjadi pemicu sakit jantung, obesitas, dan depresi. Menurut para ahli dari National Sleep Foundation, berikut alasan kamu mengalami mimpi buruk.


    1. Makan sebelum tidur

    Siapa sangka bahwa kebiasaan yang nampaknya “harmless” ini bisa menyebabkan mimpi buruk? Faktanya adalah, menyantap camilan sebelum tidur dapat meningkatkan metabolisme dan membuat otak bekerja dengan lebih aktif. Maka dari itu, jika kamu sering mengalami mimpi buruk setelah late-night snacking, hindari kebiasaan tersebut… atau setidaknya jangan menyantap makanan berat sebelum tidur.




    2. Stres

    Anxiety dan post-traumatic stress disorder yang disebabkan oleh trauma masa lalu dapat menjadi penyebab utama mimpi buruk. Bila kamu mengalami stres berat, hubungi dokter spesialis untuk pembahasan mekanisme koping, termasuk perubahan gaya hidup, konseling, hingga obat jika dianjurkan. Berikut tips psikologi dari para ahli untuk membantu tidur nyenyak.


    3. Obat-obatan

    Berbagai macam obat yang mempengaruhi aktivitas otak (seperti obat antidepresan) dan mengatur tekanan darah dapat menyebabkan mimpi buruk. Diskusikan masalah ini dengan dokter kamu untuk mencari alternatif lain - mungkin perubahan gaya hidup seperti kegiatan olahraga dapat meningkatkan dopamin dan membuat kamu tidur dengan lebih nyenyak. 




    4. Kurang tidur

    Yup, siklus ini memang membuat stres: kurang tidur dapat mengakibatkan mimpi buruk, dan mimpi buruk dapat mengakibatkan kurang tidur. Jika kamu memang sering mengalami insomnia, praktikkan 5 teknik pernapasan ini untuk melancarkan tidur, atau teguk 4 minuman ini yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.


    5. Gangguan tidur

    Yes, sleep disorders are a thing. Mulai dari sleep apnea yang membuat penderitanya berhenti bernapas berkali-kali selama tidur, restless leg syndrome, sleep paralysis, hingga narcolepsy yang mengganggu sistem saraf… kondisi tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan mimpi buruk. Untuk mengatasinya, hubungi dokter spesialis terdekat.


    (Image: doc. @alexagorn via Unsplash.com)