Beauty

Alasan Mengapa Kulit Menjadi Kering Saat Social Distancing

  by: Kissy Aprilia       15/4/2020
  • Bukan hanya kehidupan cinta atau sosialmu saja yang mengalami kekeringan selama #dirumahaja. Cosmo dan sejumlah perempuan lainnya merasakan kulit yang juga kering dan mengalami dehidrasi, walau sudah menggunakan skincare secara teratur. Apakah kamu salah satunya?


    Menurut ahli dermatologi asal New York, Nava Greenfield, MD, kondisi kulit yang kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Ketika kamu berada di dalam rumah seharian dan suhunya terasa lebih panas, tingkat kelembapan di udara mengalami penurunan sehingga kulit kekurangan pelembapnya. 





    Jika kamu terbiasa pergi keluar rumah dan merasakan perubahan suhu yang berbeda-beda (misalnya dari ruang kantor ber-AC ke tempat outdoor yang panas), hal ini merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak kelembapan—dan tentu saja tidak terjadi selama #dirumahaja. Akan tetapi, kamu dapat merangsang kelenjar minyak dengan cara rutin mandi serta sering mencuci tangan.


    Lalu, rutinitas apa lagi yang harus dilakukan agar kulit tidak kering selama physical distancing? Dokter Greenfield merekomendasikan penggunaan pelembap berbahan dasar oil atau krim dengan kandungan yang bersifat meningkatkan hidrasi, seperti minyak jojoba, ceramides, cocoa butter, atau alpukat. Dan menurutnya, formula seperti ini dikemas dalam bentuk jar atau tube, bukan seperti produk lotion dalam kemasan pump. Uh la la.. Sebuah teori yang belum banyak diketahui, nih!





    Untuk perawatan kulit wajah, carilah formula produk pelembap yang ringan dengan kandungan glycerin, hyaluronic acid, Vitamin C dan E. Gunakan dua atau tiga kali lebih sering dibandingkan rutinitasmu biasanya. Jika biasanya kamu hanya menggunakan di pagi dan sebelum tidur, selipkan penggunaan pelembap di siang dan sore hari. 


    Butuh rekomendasi produk skincare untuk merawat kulit kering? Simak produk pilihan editor Cosmo berikut di link ini 


    (Kissy Aprilia, Kristina Petrick on Unsplash)