Lifestyle

9 Film Feminis yang Bisa Kamu Tonton Saat Hari Kartini

  by: Alvin Yoga       21/4/2020
  • 2020 adalah tahun yang berat bagi kita semua, terutama dengan pandemi virus corona yang terjadi di hampir seluruh belahan dunia. WFH is now the new normal, dan banyak kegiatan belajar mengajar kini dilakukan via daring lewat kelas online. Namun bukan berarti selama #dirumahaja, kita tak bisa ikut merayakan Hari Kartini. Tahun ini, saatnya mencari inspirasi dengan menonton beberapa kisah inspiratif dari para perempuan powerful, mulai dari kisah hidup Erin Brockovich sampai mengenal Katherine Johnson, sang ahli matematika yang membantu NASA menerbangkan banyak pesawat luar angkasa. Time to get inspired, ladies!


    1. Little Women




    Obviously. Entah versi mana yang kamu tonton—yang terbaru adalah besutan Greta Gerwig dengan deretan pemain; Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, atau kamu bisa menonton versi klasik dari tahun 1994 yang menampilkan Winona Ryder—film-film tersebut mengisahkan cerita yang sama, yaitu mengenai empat saudari yang berusaha untuk meraih mimpi mereka masing-masing, serta usaha mereka untuk saling mendukung satu sama lain kapan pun saudari mereka membutuhkan. Sisters for lyfe!


    Baca Juga: Inspiratif, Film Imperfect Bertema Self Love & Body Shaming


    2. Erin Brockovich


    Film keluaran tahun 2000 ini menampilkan Julia Roberts sebagai seorang single mother yang powerful. Erin Brockovich adalah seorang asisten hukum, yang dengan seorang diri berhasil menuntut sebuah perusahaan energi yang mengontaminasi air di California dan (hampir) berhasil menutupi kejahatan tersebut. And sure, film ini diangkat dari kisah nyata. Yes To IRL Single Women Doing Big Things.


    3. Hidden Figures


    Film ini menceritakan kisah nyata tiga perempuan keturunan Afrika-Amerika yang bekerja di NASA, yaitu Katherine Johnson, Dorothy Vaughan, serta Mary Jackson. Mereka adalah tokoh-tokoh penting dibalik keberhasilan John Glenn, sang astronaut pertama Amerika yang berhasil mengorbit Bumi. Tak hanya itu, John Glenn juga sangat memercayakan hidupnya kepada perempuan-perempuan ini, terutama pada Katherine Johnson—yang berjasa besar dalam memulangkan ia kembali ke Bumi. Penasaran mengapa? Tonton filmnya! Oh, dan film ini juga diperankan oleh aktris-aktris terbaik Hollywood, yaitu Taraji P. Henson, Octavia Spencer dan Janelle Monáe. You’re going to want to stream this.


    Baca Juga: 5 Film Inspiratif Dengan Pemain Utama Wanita Bertubuh Sintal


    4. A League of Their Own


    Another obvious choice. Ini merupakan salah satu film klasik keluaran tahun 1992 yang terpilih untuk masuk dalam jajaran United States National Film Registry oleh Library of Congress karena "secara kultural, secara historis dan secara estetis sangat penting dan nyata". Karakter pada film ini sendiri memang fiktif, namun pertandingan di dalam film ini memang benar adanya. Pada tahun 1992, ketika seluruh pria dikirim untuk membantu di garis depan Perang Dunia II, dibentuklah tim-tim pemain baseball yang terdiri dari para perempuan yang disebut dengan All-American Girls Professional Baseball League (AAGPBL), dimana kemudian mereka diminta untuk bertanding layaknya pemain baseball sungguhan. Tak cuma bercerita mengenai apa yang (benar-benar) dilakukan oleh para perempuan pada masa itu, namun kisah ini berhasil menunjukkan bahwa perempuan-perempuan tersebut berhasil mendobrak anggapan orang-orang yang berpikir bahwa "baseball hanyalah olahraga yang mampu dilakukan oleh pria". Which, honestly, is debatable.


    5. Kill Bill: Volume I


    Or Volume 2. Keduanya sama bagusnya, namun akan lebih baik jika kamu menonton versi Volume I terlebih dahulu. Uma Thurman berperan sebagai The Bride, seorang perempuan yang berusaha untuk membalaskan dendamnya pada seorang pria (namanya Bill, kalau-kalau kamu masih bertanya-tanya) yang berusaha untuk membunuhnya dan anaknya. FYI, Bill adalah mantan The Bride. Deadly revenge on an ex? Here. For. It.




    Baca Juga: Wajib Nonton! 5 Film Inspiratif yang Diangkat dari Buku


    6. The Hunger Games


    Katniss Everdeen adalah tokoh perempuan yang seringkali kita butuhkan di novel-novel fantasi. (Selain Hermione tentunya. Kenapa sih, Hollywood tidak mau membuatkan Hermione film solonya sendiri?) Cosmo yakin kamu pasti sudah pernah melihat bagaimana Jennifer Lawrence berusaha untuk menyelamatkan nyawa adiknya (dan segelintir orang lainnya) dengan cara berteriak lantang bahwa ia dengan sukarela menggantikan posisi adiknya dalam sebuah permainan—dengan nyawa sebagai taruhannya. Dan ia menang. Of course. Saran Cosmo, lanjutkan saja film ini sampai saganya selesai.


    7. Wonder Woman


    Pertama, siapa sih yang belum menonton film ini? Kedua, siapa sih yang tak mau menjadi bagian dari sebuah pulau eksotis (menulis kalimat ini membuat Cosmo menelan ludah karena. Kami. Rindu. Liburan. Dan. Bermain. Di. Pantai.) yang terdiri dari para perempuan tangguh? Diana Prince adalah seorang putri kelahiran setengah-dewa, anak dari Ratu Hippolyta, yang lahir dan tumbuh di Themyscira, sebuah pulau fiktif di Bumi. Kebaikan dan ketulusan hatinya membuat ia rela meninggalkan pulau kelahirannya demi membantu manusia di Bumi. Well, kalau Cosmo sih, mungkin akan berpikir ulang soal meninggalkan pulau ini, ya. Bahkan kemunculan Chris Pine pun sepertinya tak akan membuat Cosmo memilih untuk meninggalkan pulau tersebut. Mungkin ini sebabnya Cosmo tak lahir di pulau tersebut, sigh. Untuk kamu yang rindu dengan sosok Wonder Woman, tonton kelanjutan kisahnya dalam Wonder Woman: 1984 pada Agustus nanti!



    Baca Juga: 5 Film dengan Tokoh Utama Wanita di Netflix Bulan Maret

    8. Oceans 8


    Film ini benar-benar berfokus pada para perempuan, dan ya, pemain utamanya dipenuhi dengan jajaran aktris terbaik Hollywood. Di sini, Sandra Bullock berperan Deborah Ocean, atau Debbie, yang memimpin sebuah tim yang terdiri dari para perempuan hebat untuk mencuri sebuah perhiasan senilai US$150 juta di acara perhelatan terkenal Met Gala. Debbie Ocean sendiri adalah saudara perempuan Danny Ocean (diperankan oleh George Clooney pada Ocean's 11, 12 dan 13) yang sudah lama tidak saling bertemu. Sebagai seorang kriminal, ia ingin sekali mencuri perhiasan terbaik di acara Met Gala, sebuah acara tahunan terkenal di New York yang penuh dengan para selebriti papan atas. Dengan bantuan teman baiknya, Lou, Debbie mengumpulkan enam wanita lainnya untuk membentuk sebuah tim demi mencuri perhiasan tersebut.

    Film ini dibintangi oleh para selebriti wanita terbaik di Hollywood, mulai dari Sandra Bullock, Cate Blanchett, Anne Hathaway, Mindy Kaling, Rihanna, Helena Bonham Carter, Sarah Paulson, James Corden, Dakota Fanning dan banyak lainnya. Tak hanya itu, daftar cameonya pun tidak main-main: Matt Damon, Anna Wintour, Zayn Malik, Katie Holmes, Maria Sharapova, Serena Williams, Kim Kardashian, Adriana Lima, Kylie Jenner, Alexander Wang, Kendall Jenner, Olivia Munn, Zac Posen, Hailey Baldwin dan masih banyak lagi. Please, Cosmo juga mau ikut dalam kelompok ini demi kalung berlian tersebut!


    9. Hustlers


    Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata. Mengisahkan empat penari stripper yang sedang mencari cara untuk tetap eksis ketika industri seks di Amerika menurun seiring krisis moneter di akhir era 2000an. Dipimpin oleh seorang penari yang lebih senior, Ramona Vega (diperankan oleh Jennifer Lopez), mereka membuat skenario untuk menipu serta mencuri uang dari para pria konglomerat. Elizabeth (diperankan oleh Julia Stiles), seorang jurnalis yang menulis cerita mengenai kehidupan para penari stripper kemudian mulai meragukan tujuan kelompok tersebut. Film ini juga diperankan oleh Constance Wu, Lili Reinhart, Lizzo, serta Cardi B. Inti filmnya? Female solidarity, my friends.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Outnow.ch)