Beauty

Selain Melembapkan, Ini Manfaat Propolis Untuk Kecantikan

  by: Fariza Rahmadinna       18/4/2020
  • Saatnya membahas ingredients luar biasa yang mulai banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Yup, propolis! Kamu mungkin masih bertanya-tanya, apa itu propolis, serta apa saja manfaatnya untuk kulit. Dikutip dari Byrdie, propolis adalah campuran resin yang diproduksi oleh lebah madu untuk mengisi celah sarang agar terlindungi dari cuaca dingin dan penyerbu. Bahan alami ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat. Mau tahu apa saja manfaat propolis untuk kulit? Keep reading!




    1. Mengontrol Produksi Sebum

    Kulit berminyak selalu dikaitkan dengan salah satu penyebab jerawat, akibat produksi minyak berlebih. Kelenjar sebaceous memproduksi sebum yang mampu menjebak polusi, sel-sel kulit mati dan segala macam kotoran di pori-pori. Inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, tidak ada salahnya mencoba produk perawatan kulit yang mengandung propolis, untuk mengatasi masalah minyak berlebih dan jerawat di wajah kamu.


    2. Melawan Jerawat

    Propolis dikenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Ini berkat sifat antibakteri, anti-jamur, anti-virus yang dimiliki propolis. Demikian pula dengan kandungan flavonoid yang tidak kalah efektif melawan bakteri. Manfaat propolis tidak hanya melawan jerawat namun juga mampu mengurangi peradangan pada kulit.


    3. Melembapkan dan Menenangkan Kulit

    Propolis memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik, sehingga mampu bekerja secara efektif untuk meregenerasi kulit, serta membuatnya lebih halus dan lembap. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, mungkin kamu bertanya-tanya, apakah aman menggunakan propolis untuk pelembap? Jawabannya: aman kok! Propolis dapat digunakan untuk melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori.



    Selain itu, propolis juga sangat bagus untuk menenangkan kulit yang sensitif, iritasi atau terbakar akibat sinar matahari (sunburn). Oleskan propolis pada area kulit yang bermasalah saat malam hari sebelum tidur. Pastikan area kulit tersebut sudah benar-benar bersih ya, dear!


    Baca juga : Bagaimana Cara Menggunakan Essential Oil? Berikut 4 Caranya


    4. Melawan Radikal Bebas

    Kandungan antioksidan di dalam propolis, dikenal dapat membantu melawan radikal bebas, seperti polusi maupun sinar UV yang menyebabkan penuaan dini pada kulit. Propolis juga kaya akan kandungan mineral yang sangat penting untuk membangun kembali sel-sel kulit rusak. Tak hanya itu, propolis juga mengandung flavonoid yang berperan untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda hitam di wajahmu.


    5. Mempercepat Penyembuhan Luka

    Selain yang sudah disebutkan di atas, manfaat lainnya dari propolis yaitu mampu mempercepat penyembuhan luka. Propolis dapat meningkatkan kolagen dan mempercepat penutupan luka.

    Gimana girls, tertarik untuk mencoba dan merasakan sendiri manfaat propolis untuk kulit?


    (Fariza Rahmadinna/VA/Image:Dok. Christin Hume on Unsplash)