Lifestyle

Wow, Ini 60 Aturan yang Harus Diikuti oleh Keluarga Kerajaan

  by: Alvin Yoga       16/4/2020
    • Menjadi anggota keluarga kerajaan berarti kamu harus mengikuti segenap aturan tertulis dan tidak tertulis.
    • Aturan ini berlaku bagi setiap orang, mulai dari Ratu, anggota kerajaan yang masih muda seperti Pangeran George, hingga staf khusus kerajaan.

    Kalau kamu berpikir bahwa menjadi seorang anggota keluarga kerajaan adalah suatu hal yang mudah dan menyenangkan, ha! You thought wrong. Di samping "kemewahan" yang terlihat dari sisi luar, juga berbagai kelebihan yang didapatkan—semisal kamu bisa traveling ke mana saja—ada sederet aturan tertulis (dan tak tertulis) yang harus diikuti. Dan ya, mereka perlu benar-benar memperhatikan setiap detail kecil yang mereka lakukan—mulai dari bagaimana mereka makan, cara mereka berpakaian, bahkan bagaimana mereka harus berdiri.

    Salah satu aturan yang paling kurang masuk akal yang Cosmo tahu adalah mereka tidak boleh menyediakan bawang putih (ralat, tidak boleh memiliki, menyediakan atau menyimpan bawang putih) di Istana Buckingham. Benar-benar tidak masuk akal, kan? Jadi, yah, mulai dari sederet aturan diet yang harus diikuti, sampai permainan board game yang dilarang, keluarga-paling-terkenal-di-dunia-yang-membuat-kita-semua-penasaran ini punya banyak aturan random yang tidak kamu ketahui. Berikut ini adalah 60 aturan yang masuk dalam tradisi mereka, beberapa di antaranya memang cukup aneh, namun tetap harus diikuti oleh seluruh anggota kerajaan. Simak!




    1. Ketika Ratu berdiri, kamu harus ikut berdiri.

    Ketika Ratu (atau Raja) berdiri, ini adalah protokol paling dasar yang harus mereka ikuti.


    2. Tak ada yang boleh lanjut makan ketika Ratu telah menyelesaikan makanannya.

    Ketika sedang makan besar di meja makan, setelah Ratu menyendok suapan terakhirnya, semua orang harus berhenti makan.


    3. Memberi salam, atau yang lebih dikenal sebagai bowing dan curtsying, adalah hal paling dasar yang harus bisa kamu lakukan.

    Para pria dari keluarga kerajaan wajib menundukkan leher, sedangkan para perempuan harus melakukan curtsy ketika bertemu dan menyapa Ratu.


    4. Kamu akan mendapatkan nama baru setelah menikah.

    Anggota keluarga kerajaan mendapatkan nama baru setelah mereka menikah. Semisal, Kate Middleton mendapatkan nama Catherine, Duchess of Cambridge, setelah menikah. Jika Kate membutuhkan nama belakang untuk melakukan apapun, ia akan mendaftarkan namanya menjadi Catherine Mountbatten-Windsor, karena Mountbatten-Windsor adalah nama belakang keluarga kerajaan yang resmi. Wow. Just, wow!


    5. PDA dilarang, terutama ketika kamu sedang traveling.

    FYI, bahkan anggota keluarga kerajaan dilarang untuk bergandengan tangan. WHAT?!


    6. Persetujuan dari kerajaan dibutuhkan sebelum mengajukan lamaran.

    Berdasarkan aturan Royal Marriages Act of 1772, keturunan keluarga kerajaan harus menerima persetujuan dari keluarga kerajaan sebelum mengajukan lamaran.


    7. Ratu akan memilihkan tiara yang harus dikenakan oleh sang pengantin wanita ketika menikah.

    Hanya karena kamu akan menjadi anggota kerajaan bukan berarti kamu bisa memilih sesuka hati tiara mana yang bisa kamu kenakan. Ratu akan memilihkan mana tiara yang akan dipakai oleh sang pengantin perempuan saat hari pernikahan. Psst, tiara tersebut akan diambil dari koleksi pribadinya.


    8. Bunga yang dipakai saat pernikahan harus mengandung bunga myrtle.


    Myrtle, atau bunga murad, adalah sejenis tanaman hias liar dengan bentuk bunga yang kecil dan biasanya berwarna putih. Di Eropa, buket bunga ini merupakan buket yang paling terkenal di acara pernikahan. Pada acara royal wedding, buket bunga yang dibawa oleh sang pengantin wanita harus mengandung bunga myrtle. Tradisi ini telah diturunkan sejak Ratu Victoria menyelipkan setangkai myrtle dalam buket bunganya, dan sejak saat itu setiap royal wedding wajib menambahkan setangkai myrtle dalam buket bunga. Sebagai tambahan, myrtle sendiri merupakan simbol bunga bagi dewi kecantikan—Aphrodite atau Venus—oleh para warga Yunani dan Romawi.


    9. Setiap pesta pernikahan kerajaan harus menampilkan sekelompok anak kecil.

    Royal wedding harus disertai dengan penampilan dari sederet anak kecil. Semisal, pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry kemarin turut menampilkan Pangeran George dan Putri Charlotte.


    10. Hingga 2011, keluarga kerajaan dilarang untuk menikahi seorang penganut agama Katolik Roma.

    Keluarga kerajaan menganut agama Gereja Kristen Anglikan sejak abad ke-16, dimana kekuasaan tertinggi dipimpin oleh Ratu atau Raja. Kini, setiap anggota keluarga kerajaan boleh menikahi penganut agama apapun. 


    11. Keluarga kerajaan tak boleh memiliki pandangan politik.


    Mereka tidak diperbolehkan untuk memilih, melakukan voting, atau bicara secara terbuka mengenai politik.


    12. Keluarga kerajaan tidak boleh masuk dalam kubu politik tertentu.

    Anggota kerajaan tidak diperbolehkan untuk mendaftarkan diri dalam sebuah partai politik, atau mengajukan diri menjadi petinggi politik.


    13. Monopoli adalah permainan board game yang dilarang dalam keluarga kerajaan.


    Salah satu peraturan yang aneh, namun sebenarnya cukup masuk akal karena, yah, mungkin mereka tak ingin mengajarkan cara memonopoli bisnis atau politik.


    14. Ada aturan percakapan saat makan.

    Terutama saat perhelatan makan malam, Ratu akan mulai berbicara pada orang di sebelah kanannya terlebih dahulu. Setelah menu kedua dihidangkan, ia akan mulai beralih pada tamu di sebelah kirinya, dan begitu seterusnya.


    15. Ketika anggota kerajaan bepergian ke luar negeri, mereka harus menggunakan pakaian serba-hitam.

    Setiap anggota keluarga harus menyiapkan diri kalau-kalau terjadi suatu musibah dalam perjalanan mereka.


    16. Dua pewaris takhta tak diperkenankan untuk bepergian bersama-sama.

    Ini berarti begitu Pangeran George berumur 12 tahun di mana umurnya cukup untuk ditahbiskan menjadi salah satu pewaris takhta, ia tak lagi boleh bepergian ke luar negeri bersama-sama dengan Pangeran William.


    17. Keluarga kerajaan tak diperbolehkan untuk memberikan tanda tangan dalam bentuk apapun, atau melakukan foto pribadi termasuk selfie.

    Jangan coba-coba untuk mendekati mereka dengan tongkat selfie.


    18. Keluarga kerajaan dilarang mengonsumsi kerang.


    Kerang dalam hidangan dan jenis apapun, seluruhnya dilarang bagi keluarga kerajaan. Hal ini dilakukan karena kerang merupakan pangan yang paling sering menyebabkan food poisoning dibandingkan dengan makanan lainnya.


    19. Kamu tak boleh menyentuh anggota kerajaan.

    Kecuali anggota kerajaan yang mengajukan tangan untuk bersalaman terlebih dahulu, kamu tak diperkenankan untuk menyentuh anggota kerajaan. LeBron James sendiri pernah tak sengaja merangkul Kate ketika sedang berfoto bersama, dan Kate langsung terkejut serta awkward.


    20. Keluarga kerajaan tak boleh mengenakan sesuatu yang mengandung bulu.

    Sejak abad ke-12, Raja Edward III melarang seluruh anggota kerajaan untuk mengenakan bulu demi mengurangi perburuan hewan eksotis liar—namun aturan ini merupakan yang paling sering dilanggar oleh anggota kerajaan.


    21. Ratu (atau Raja) harus mengenakan sarung tangan.

    Karena ada banyak sekali orang yang harus ditemui setiap harinya, masuk akal jika Her Royal Highness harus menggunakan sarung tangan setiap harinya—ia tak boleh sakit!


    22. Posisi duduk ketika makan telah diatur.

    Ini adalah salah satu aturan paling sulit. Posisi duduk ini telah diatur berdasarkan posisi masing-masing anggota keluarga, namun faktor lain seperti umur dan bahasa yang digunakan bisa mengubah urutan duduk seseorang.


    23. Faktanya, ada departemen tersendiri yang khusus menangani undangan jamuan para tamu.

    The Office of the Marshal of the Court adalah departemen yang mengatur dan memastikan para tamu telah duduk di tempat yang sesuai dengan menu makanan yang tepat sesuai preferensi dan aturan masing-masing. Tentu saja, Cosmo tak tertarik untuk masuk departemen ini.


    24. Keluarga kerajaan memiliki aturan berpakaian yang harus diikuti.

    Mereka harus mengenakan pakaian yang sopan dan rapi, dan tak seorang pun diperbolehkan menggunakan pakaian kasual dalam acara apapun.


    25. Bahkan Pangeran George pun memiliki dress code tersendiri.

    Ia harus selalu mengenakan tailored short, dan tak boleh mengenakan celana panjang.


    26. Setiap perempuan harus mengenakan topi ketika menghadiri sebuah acara formal.

    Tentunya topi khas Inggris yang unik. Semakin fancy, semakin baik.


    27. Setelah pukul 6 malam, topi harus dilepas dan setiap perempuan harus mengenakan tiara.

    Jika acara tersebut diadakan di dalam ruangan, maka setelah pukul enam malam, para perempuan harus mengganti topi mereka dengan tiara. See? Fancy.


    28. Namun, tiara hanya boleh dikenakan oleh para perempuan yang sudah menikah.

    Para perempuan yang tak mengenakan tiara berarti belum memiliki pasangan.


    29. Tiara harus dikenakan dengan angle yang tepat dan tak boleh keliru.

    Meskipun tiara biasanya dikenakan di atas kepala dengan posisi tepat mengarah ke atas, namun tiara yang dikenakan oleh anggota kerajaan harus mengarah ke belakang dengan sudut tepat 45 derajat.


    30. Menu sarapan Ratu sama sekali tidak boleh diganti dalam keadaan apapun.


    Duh! Bayangkan saja jika setiap pagi sang Ratu hanya bisa menikmati teh English breakfast dan cornflakes.




    31. Keluarga kerajaan harus menerima hadiah apapun yang diberikan.

    Keluarga kerajaan diminta untuk dengan rendah hati menerima berbagai hadiah (termasuk yang aneh) dalam acara formal maupun nonformal.


    32. Jaket panjang coat harus selalu dikenakan.

    Akan dianggap kurang sopan jika seorang keluarga kerajaan melepas coat di depan publik. Apabila ada anggota kerajaan yang mengenakan coat dalam sebuah acara, coat tersebut harus terus menempel sampai mereka kembali ke rumah.


    33. Ratu akan menyiapkan waktu tepat satu minggu untuk bersiap-siap menyambut pesta Natal.

    Pesta Natal tahunan yang dilakukan oleh keluarga kerajaan biasanya dilakukan di istana milik Ratu, Sandringham Estate, di Norfolk. Ratu sendiri akan datang tepat seminggu sebelum pesta dirayakan untuk menyiapkan segala sesuatunya.


    34. Keluarga kerajaan tak boleh membuka hadiah atau kado apapun saat Hari Natal.


    Alih-alih, mereka akan saling memberi hadiah atau kado sehari sebelumnya, yaitu di Red Drawing Room pada saat tea time di malam Natal.


    35. Mereka akan merayakan hari Natal di gereja.

    Ketika sedang menginap di Sandringham Estate, para anggota keluarga kerajaan akan merayakan misa bersama di St. Mary Magdalene Church di Hari Natal.


    36. Bawang putih tidak diperkenankan berada di Istana Buckingham.


    Menurut rumor yang beredar, sang Ratu tidak suka dengan bawang putih, jadi tak ada satu pun makanan di Istana Buckingham yang dibuat dengan menggunakan bawang putih. Bahkan memiliki bawang putih pun tidak diperkenankan.


    37. Begitu juga dengan kentang, nasi dan pasta.


    Ratu memiliki aturan yang ketat mengenai mengonsumsi kentang, nasi atau pasta saat makan malam.


    38. Keluarga kerajaan harus bisa menguasai beberapa bahasa.

    Bahkan Pangeran George sudah mulai belajar bahasa Spanyol sejak umur 4 tahun.


    39. Rambut yang rapi, serta foto yang baik dengan pose tersenyum adalah hal yang wajib.

    Mungkin inilah sebabnya mengapa Kate melakukan blow pada rambutnya tiga kali seminggu.


    40. Tidak diperkenankan membalikkan badan di depan Ratu.

    Setelah menyelesaikan percakapan dengan Ratu, beliau harus tetap menjadi orang pertama yang meninggalkan ruangan—tak ada seorang pun yang boleh membalikkan badan di hadapan Ratu.


    41. Dilarang mengenakan wedges di hadapan Ratu.

    Meski wedges adalah sepatu yang nyaman untuk acara outdoor, namun sepatu tersebut tidak diperkenankan untuk digunakan di hadapan Ratu. Salah satu alasannya adalah sang Ratu tidak menyukai model wedges yang terkesan terlalu kasual.


    42. Anak-anak harus belajar cara menyapa, tersenyum dan berbicara dengan sopan.

    Begitu seorang bayi lahir dan tumbuh besar dalam keluarga kerajaan, ia akan langsung diajari cara menyapa, melambaikan tangan, tersenyum, serta berbicara dengan sopan sejak dini.


    43. Pakaian Ratu harus berwarna cerah.

    Ratu harus menggunakan pakaian berwarna cerah, bahkan jika perlu berwarna neon, karena ia harus dengan mudah ditemukan di tengah keramaian.


    44. Perempuan memiliki aturan duduk tersendiri.

    Opsinya adalah menyilangkan kaki di bagian lutut atau di pergelangan kaki.


    45. Makeup natural adalah hal yang wajib.

    Kamu tak akan pernah melihat seorang anggota kerajaan tampil dengan rambut berwarna pink cerah atau minum teh dengan riasan mata smokey eye. Istana memiliki aturan ketat mengenai para perempuan anggota keluarga kerajaan, dan salah satunya adalah meminta agar mereka tetap menampilkan rambut dengan warna natural serta menggunakan makeup natural di hadapan publik.


    46. Jika Ratu memindahkan tas atau dompetnya ke tangan atau lengan kanannya, para staf harus menghentikan pembicaraan detik itu juga.

    Ratu biasa membawa dan menggunakan tas kecilnya untuk mengirimkan tanda yang hanya bisa diketahui oleh para stafnya. Salah satu yang paling mudah dikenal adalah jika ia memindahkan tasnya tersebut ke lengan kiri atau kanannya. Ini merupakan tanda bahwa Ratu sudah siap menyelesaikan pembicaraannya.


    47. Jika Ratu menaruh tas atau dompetnya di atas meja, maka acara makan malam yang sedang diadakan dianggap sudah berakhir.

    Jika Ratu menghadiri sebuah acara makan malam kemudian ia menaruh tas atau dompetnya di atas meja, maka acara makan malam harus selesai saat itu juga dan meja harus bersih dalam waktu lima menit.


    48. Belahan dada tak boleh terlihat di hadapan umum.

    Jika seorang perempuan anggota keluarga kerajaan mengenakan pakaian tanpa lengan atau bertali, maka ia wajib menggunakan dompet atau tas kecilnya untuk menutupi belahan dada ketika sedang menunduk atau keluar mobil.


    49. Seragam militer harus dikenakan di acara formal.

    Inilah mengapa Pangeran Harry dan Pangeran William selalu terlihat menggunakan pakaian militer mereka di acara-acara pernikahan.


    50. Nama panggilan atau nama kecil dilarang digunakan.

    Meskipun media masih menggunakan nama Kate dalam berbagai pemberitaan, namun ia dipanggil dengan nama Catherine dalam lingkaran kerajaan.


    51. Peletakkan alat makan sangat penting di acara makan bersama.


    Jika seorang anggota kerajaan perlu meninggalkan ruangan sementara waktu di tengah makan malam, namun ia belum menyelesaikan makanannya, mereka harus menyilangkan kedua alat makannya di atas piring sehingga para staf tahu bahwa mereka belum selesai dan tak akan mengangkat piringnya. Namun jika ia merasa sudah selesai, maka tempatkan kedua alat makannya dengan angle mengarah ke kiri atas, di mana bagian bawah sendok atau garpu atau pisau berada di antara jam empat dan jam lima.


    52. Cara memegang gelas pun diatur.

    Keluarga kerajaan diajarkan untuk memegang cangkir teh dengan gestur: posisi jempol berada tepat di atas pegangan cangkir dan menempel pada ujung gelas, kemudian telunjuk di bawah pegangan cangkir bagian atas, serta jari tengah di bawah gelas untuk menjaga keseimbangan.


    53. Dagu harus mengarah ke bawah saat berfoto.

    Para perempuan anggota keluarga kerajaan harus berpose dengan dagu mengarah ke bawah. Ini artinya mereka tak boleh memiringkan kepala ke kiri atau ke kanan ketika berfoto.


    54. Perempuan anggota kerajaan harus mengenakan pantyhose.

    Kaki dalam keadaan terbuka dianggap kurang sopan, dan para perempuan dalam anggota kerajaan harus mengenakan pantyhose dalam setiap acara formal.


    55. Wajib membawa tas atau dompet kecil... meskipun isinya kosong.

    Para anggota kerajaan akan terlihat lebih relatable ketika mereka membawa tas kecil berupa clutch atau purse, meskipun sebenarnya ada tim staf di belakang yang bertugas untuk membawakan barang-barang pribadi mereka.


    56. Ratu diperbolehkan untuk menyetir tanpa membuat izin mengemudi.

    Ratu adalah satu-satunya orang di Inggris yang diperbolehkan untuk menyetir tanpa memiliki izin mengemudi.


    57. Anjing-anjing Ratu akan disediakan menu makan gourmet yang lengkap.

    Bukan sebuah rahasia bahwa Yang Mulia Ratu mencintai anjing-anjing corgi-nya, namun tak seperti anjing peliharaanmu, anjing-anjing tersebut disediakan menu makan gourmet setiap harinya. Menu tersebut disiapkan oleh in-house chef dan disediakan oleh pelayan khusus.


    58. Anjing-anjing milik Ratu tak boleh ditegur.

    Sang Ratu membiarkan anjing-anjing corgi-nya melakukan apapun yang mereka mau.


    59. Pangeran Philip harus berjalan di belakang Ratu.

    Philip diminta untuk berjalan beberapa langkah di belakang Ratu di setiap kesempatan.


    60. Pakaian diplomatik wajib dikenakan di luar negeri.

    Ketika sedang mengunjungi negara lain untuk kunjungan negara, penting bagi para anggota keluarga untuk mengangkat sedikit budaya lokal dalam pakaian mereka. Semisal, pin berbentuk daun maple ketika sedang berkunjung ke Kanada, atau coat Sherwani saat mengunjungi Pakistan.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Alfio Scisetti©123RF.com /  Lorna Roberts©123RF.com / Daniel Sanchez Blasco©123RF.com / TATIANA BRALNINA©123RF.com / Peter Bernik©123RF.com / magone©123RF.com / Steven Cukrov©123RF.com / subbotina©123RF.com / Usanee Duangpan©123RF.com )