Lifestyle

Penting! Ini 5 Cara Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Rumah

  by: Kezia Calesta       15/4/2020
  • Di tengah pandemi ini, menjaga kualitas udara di sekitar kamu khususnya di rumah juga sangat penting untuk kesehatan. Kualitas udara yang buruk dapat datang dari polusi luar, bahan konstruksi bangunan yang kurang berkualitas, udara dalam ruangan yang pengap, hingga emisi yang dikeluarkan oleh berbagai peralatan rumah. 


    Menurut riset dari Dr. Nicholas BuSaba, profesor dari Harvard Medical School, banyak hal yang menurunkan kualitas udara sebenarnya tidak berbau. Maka dari itu, menjaga kualitas udara dalam ruangan sangat penting untuk mencegah masalah pernapasan dan mengurangi alergen atau penyebab alergi. Berikut cara untuk menjaga kualitas udara dalam rumah dan ruangan kantor!




    1. Jaga kebersihan dalam ruangan.

    “A clean house may be a healthier house,” ungkap Dr. BuSaba. Rutinitas bersih-bersih dapat mencegah berkumpulnya debu, jamur, hingga bulu binatang peliharaan favoritmu di ujung-ujung ruangan yang jarang tersentuh. Bila kamu menyimpan karpet, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya minimal satu kali dalam seminggu. Bersihkan juga seprai dan tirai jendela secara rutin untuk meminimalisir alergen dalam rumah.


    2. Biarkan udara luar masuk ke dalam ruangan.

    Bukalah pintu dan jendela rumahmu dari waktu ke waktu agar udara segar dapat tersirkulasi, khususnya area lembap seperti kamar mandi dan dapur. Gunakan kipas angin untuk mengeluarkan bau tidak sedap, dan bersihkan area-area lembap dari jamur.


    3. Simpan tanaman di luar ruangan.

    Tanaman dalam ruangan memang cantik, namun tanaman juga bisa menjadi sarang jamur dan mengumpulkan debu. Meskipun beberapa jenis tanaman dapat meningkatkan kualitas udara dengan merilis oksigen, tanaman juga seringkali menjadi trigger yang menyebabkan alergi untuk banyak orang. “Jika dibandingkan, tanaman dalam ruangan lebih sering menciptakan masalah ketimbang memberikan keuntungan,” jelas Dr. BuSaba. 




    4. Ganti filter AC.

    Pendingin ruangan memang efektif dalam menyegarkan ruangan dan berbagai teknologi baru juga bisa meningkatkan kualitas udara, namun ingat bahwa hampir semua bagian dalam AC memiliki filter yang membersihkan udara. Nah, penting sekali untuk membersihkan filter ini secara reguler, karena debu berkumpul di dalamnya dan malah tersirkulasi dalam ruangan.


    5. Gunakan air purifier.

    Apakah kamu sering bersin di dalam ruangan tanpa sebab? Mungkin udara di dalam ruangan tersebut kurang bersih, atau bulu binatang peliharaanmu merupakan alergen. Untuk mengatasinya, belilah air purifier yang berkualitas - anggap ini sebuah investasi untuk saluran pernapasan yang lebih sehat. Letakkan alat ini di tengah ruangan yang sering kamu gunakan, and you might feel the difference.


    (Image: doc. @tirachardz via Freepik)