Beauty

Hentikan Kebiasaan yang Menyebabkan Bibir Kering!

  by: Yovita Pratiwi       16/4/2020
  • Bibir kering dan terkelupas memang sangat mengganggu, sehingga kita berusaha melakukan segala cara untuk memperbaikinya. Namun nyatanya, ada beberapa cara yang salah sehingga malah memperburuk kondisi. 


    Bibir kering bukan hanya sekedar masalah kosmetik. Terkadang, bibir kering bisa menyakitkan, saat pecah dan berdarah. Bibir memiliki kulit yang sangat tipis, dan tak seperti area kulit lainnya, bibir tak memiliki kelenjar minyak sehingga lebih mudah kering. Tepi bibir dapat pecah dan terkelupas akibat cuaca, angin yang sangat dingin atau sangat panas, paparan bahan kimia, hingga pemakaian obat-obat tertentu. Berikut merupakan alasan mengapa bibirmu kering dan terkelupas.




    1. Menjilat Bibir


    Tanpa sadar, mungkin kamu menjilat bibir karena terasa kering. Air liur mengandung enzim yang dapat membuat bibir jadi kering dan iritasi. Hentikan kebiasaan buruk ini dengan mengaplikasikan lip balm yang melembapkan di saat bibirmu terasa kering. 


    2. Udara dalam Pesawat


    Udara di dalam pesawat memang dikenal dapat mengakibatkan dehidrasi. Kelembapan yang rendah ditambah ketinggian yang tinggi dapat menyerap tingkat kelembapan dalam kulit, termasuk pada bibir. Akibatnya, seringkali bibir jadi pecah-pecah saat pesawat selesai mendarat. Pastikan kamu membawa lip balm di dalam tas dan selalu minum air yang cukup selama penerbangan berlangsung untuk menghidrasi bibir dari dalam dan luar. 


    3. Lipstik dengan Kandungan yang Mengeringkan


    Jangan khawatir, kamu tetap dapat mengenakan lipstik favoritmu. Sebelumnya, aplikasikan lip balm yang melembapkan sebelum menimpanya dengan lipstik.


    4. Pasta Gigi


    Yes. Menyikat gigi secara rutin dapat mencegah kuman dan karang muncul, namun pasta gigi yang salah dapat menyebabkan bibir kering. Jika kamu curiga pasta gigimu ialah penyebab bibirmu jadi kering, coba merek lain dengan bahan kandungan yang berbeda.




    5. Pilihan Lip Balm yang Salah


    Lip balm tak seharusnya membuat bibirmu nyeri, pedas, atau bengkak. Pilih lip balm yang terasa nyaman pada bibir. Hindari kandungan yang dapat membuat bibir jadi kering, seperti pewangi, dan pastikan memiliki kandungan melembapkan seperti cocoa butter atau colloidal oatmeal.


    6. Mandi dengan Air yang Terlalu Panas


    Air panas dapat menghilangkan minyak pelindung kulit. Menjadikannya kering, kencang, dan gatal. Mandilah dengan air hangat agar tak menyebabkan kulit jadi kering. 


    7. Tak Menggunakan Pelindung dari Sinar Matahari


    Salah satu kesalahan terbesar ialah tak melindungi bibir dari sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit bibir, aplikasikan emolien saat berada di dalam maupun luar ruangan. Bibir yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan memiliki risiko terkena kanker kulit pada bibir, termasuk basal cell carcinoma dan squamous cell carcinoma. Pilih produk pelembap bibir yang mengandung SPF, ladies!


    8. Bernapas dari Mulut


    Bibir kering dapat diakibatkan oleh kurangnya hidrasi, namun bisa juga diakibatkan oleh bernapas melalui mulut. Pastikan saluran pernapasan hidungmu tak terumbat. 


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Constantinos Panagopoulos on Unsplash.)