Beauty

Inilah 6 Penyebab Munculnya Komedo Putih

  by: Fariza Rahmadinna       17/4/2020
  • Munculnya komedo putih, memang menjadi salah satu masalah wajah yang paling menyebalkan. Komedo putih alias whitehead merupakan salah satu jenis jerawat ringan yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, sebum, dan kotoran menyumbat pori-pori kamu. Komedo putih dapat muncul di bagian tubuh manapun, terutama di area t-zone seperti hidung, dagu, dahi. Beragam perawatan wajah pun dilakukan untuk mengatasi whitehead. Akan tetapi, kamu juga perlu tahu kira-kira apa saja penyebab komedo putih muncul di wajah, sehingga dapat meminimalisir muncul kembali. Simak selengkapnya ya, girls!

    1. Gaya Hidup yang Buruk




    Memiliki gaya hidup yang tidak sehat dapat berpengaruh terhadap munculnya komedo putih. Semisal, jam tidur yang tidak teratur dan malas menjaga kebersihan badan dan lingkungan. Selain itu, komedo putih juga dapat dipicu dari makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, dan kurangnya asupan air setiap harinya. Nah, untuk itu aturlah waktu tidur dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Penuhi juga kebutuhan air setiap harinya, minimal delapan gelas untuk menjaga kelembapan pada kulit dan mencegah tumbuhnya .


    2. Penggunaan Makeup Terlalu Sering


    Terlalu sering mengaplikasikan makeup ternyata dapat meningkatkan potensi munculnya komedo putih pada wajah. Menggunakan makeup yang berlebihan dapat mengganggu kebebasan kulit untuk ‘bernapas’ dan dapat menyumbat pori-pori. Alhasil, komedo putih akan lebih mudah tumbuhnya komedo di wajah.


    3. Produksi Minyak Berlebih


    Ketika wajah memproduksi minyak berlebih, entah karena faktor hormonal ataupun tidak, ini membuat kotoran akan semakin mudah menempel dan dapat menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya komedo putih pada wajah. Tipsnya, gunakan pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak, batasi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak minum air putih.


    4. Penggunaan Produk Pembersih Wajah yang Kurang Tepat


    Sebaiknya kamu menghindari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam pembersih wajah seperti isopropyl myristate dan propylene glycol yang justru memicu munculnya komedo putih pada wajah. Jadi, pilihlah produk pembersih wajah yang mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori, untuk meminimalisir munculnya komedo.




    Baca juga : 7 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Atasi Komedo


    5. Cuaca yang Buruk


    Polusi, debu, dan terpapar sinar matahari juga memberikan pengaruh negatif pada kulit, seperti munculnya komedo putih di sekitar area hidung. Umumnya, orang-orang yang tinggal di daerah dengan cuaca yang panas akan lebih rentan memiliki komedo putih. Pasalnya, cuaca yang panas, biasanya diikuti dengan polusi dan debu yang merupakan musuh bagi kulit kamu, lho.


    6. Sering Memencet Jerawat


    Kebiasaan memencet jerawat tidak hanya dapat meninggalkan bekas, tetapi juga memicu munculnya komedo putih pada wajah. Hal ini dikarenakan folikel pada kulit tersebut bisa saja pecah saat kamu memencet jerawat. Akibatnya, muncul komedo putih.

    Itulah enam penyebab munculnya komedo putih pada wajah. Sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajahmu ya, dear!


    (Fariza Rahmadinna/VA/Image:Dok. Anfisa Eremina on Pexels)