Better You

7 Bahan Makanan Alami Untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

  by: Alexander Kusumapradja       16/4/2020
  • Walaupun menjadi sebuah rutinitas bulanan yang sudah dimulai pada masa pubertas, tapi kamu mungkin termasuk yang tetap tidak terbiasa menghadapi rasa nyeri dan kram setiap datang bulan alias menstruasi. Rasa kram tersebut biasanya datang 1 atau 2 hari sebelum menstruasi dan bisa bertahan selama 2 sampai 4 hari atau sepanjang masa menstruasi. Disebut sebagai dysmenorrhea dalam istilah kedokteran, rasa nyeri tersebut umumnya terasa di bagian perut bawah dan punggung belakang dengan tingkat ringan hingga yang benar-benar mengganggu dan bahkan mengakibatkan rasa mual, muntah, sakit kepala, hingga diare.

    Meskipun sudah banyak produk pereda rasa sakit menstruasi yang dijual bebas, namun tak ada salahnya bila kamu mencoba bahan-bahan yang lebih alami untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri menstruasi tersebut. Berikut adalah tujuh di antaranya:




    1. Teh Chamomile

    Sebuah riset yang dilakukan tahun 2012 membahas manfaat kesehatan yang dihasilkan oleh bunga chamomile sebagai salah satu obat-obatan alami tertua dalam peradaban manusia. Bunga chamomile yang telah dikeringkan mengandung terpenoid dan flavonoid yang dapat membantu melawan demam, peradangan, nyeri otot, insomnia, gangguan pencernaan, dan juga nyeri menstruasi. Selain dijadikan ekstrak minyak esensial, chamomile juga telah diolah menjadi produk teh herbal yang dikonsumsi oleh lebih dari satu juta orang setiap harinya. Well, selain aromanya yang menenangkan, teh chamomile juga mampu meningkatkan level asam amino glycine dalam tubuh kita yang membantu meringankan nyeri di jaringan otot dan merilekskan sistem syaraf dalam tubuh kita. Seduh secangkir hangat teh chamomile sebelum tidur dapat meringkankan nyeri menstruasi dan membuat tidur kita lebih lelap.


    2. Kayu Manis

    Penelitian yang dirilis oleh Iranian Hospital di Dubai tahun 2015 menyimpulkan para wanita yang meminum kapsul kayu manis secara teratur ketika datang bulan mengalami penurunan rasa sakit, pendarahan berlebih, mual, dan pusing saat haid dibanding yang tidak. Kayu manis memang memiliki kandungan antioksidan seperti polifenol yang bahkan mengalahkan super food lain seperti bawang putih dan oregano. Kandungan antioksidan tersebut membantu melawan peradangan atau infeksi dan memperbaiki jaringan sel yang rusak. Kita bisa memasukkan kayu manis dalam menu kita dalam berbagai cara, salah satunya dengan mencampur sedikit kayu manis ke dalam oatmeal atau sereal sarapan kita.


    3. Jahe

    Hasil penelitian yang dimuat di The Journal of Alternative and Complementary Medicine mengungkap bahwa konsumsi 250 miligram bubuk jahe empat kali sehari dalam waktu tiga hari mampu mengatasi nyeri datang bulan yang sama efektifnya dengan obat kimia seperti ibuprofen. Sebagai salah satu rempah-rempat terpopuler, jahe yang kaya akan antioksidan fitonutrien tentu sudah tak asing bagi kita sebagai bahan masakan maupun minuman. Kamu bisa memilih mengolahnya sebagai bumbu makanan atau membuatnya menjadi minuman hangat yang bisa membantumu melawan sakit menstruasi.


    4. Ikan Salmon

    Kandungan omega-3 pada ikan-ikan kayaminyak seperti salmon, makerel, ikan trout, dan sarden sudah dibuktikan oleh banyak penelitian efektif mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh datang bulan. Tapi, bagaimana kalau kamu termasuk yang kurang suka makan ikan? Well, kandungan omega-3 yang tinggi juga bisa ditemukan di kacang walnut dan flaxseed (biji rami) yang bisa dijadikan alternatif.




    5. Buah Nanas

    Buah tropis dengan warna, aroma, dan rasa menyegarkan ini dipenuhi oleh mineral manganese yang dipercaya membantu mengurangi gejala-gejala tidak nyaman yang sering diasosiakan dengan PMS. Kandungan antioksidan pada nanas juga membantu mengatasi peradangan yang bisa menyebabkan rasa kram yang kamu alami. Selain itu, enzim bromeliad pada buah ini juga mengurangi rasa sakit dan melemaskan otot.


    6. Sayuran Hijau

    Sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, kale, seledri, dan sebagainya adalah sumber kalsium yang menurut penelitian mampu mengurangi nyeri haid yang diakibatkan oleh konstraksi otot. Tetap masukan sayur-sayuran tersebut ke dalam pola dietmu sebagai semangkuk salad segar atau tumis sebagai tambahan lauk untuk mendampingin makan malammu.


    7. Dark Chocolate

    Bila kamu merasakan dorongan untuk ngemil saat datang bulan, dark chocolate bisa dijadikan pilihan karena mengandung banyak manfaat kesehatan, termasuk meredakan rasa kram saat datang bulan. Menurut penelitian tahun 2017 yang dilakukan di Poltekkes Kemenkes Semarang, mengonsumsi dark chocolate saat haid membantu mengurangi rasa nyeri menstruasi pada responden yang berumur remaja hingga dewasa awal.


    (Alex.K/Image: Thought Catalog on Unsplash)