Beauty

Kulit Jadi Berjerawat Karena Memakai Masker? Ini Solusinya!

  by: Yovita Pratiwi       17/4/2020
  • Pada 5 April 2020 kemarin, pemerintah telah mengeluarkan imbauan wajib memakai masker saat bepergian ke luar rumah guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Masyarakat dapat menggunakan masker kain, saputangan, masker reusable, hingga masker DIY.


    Mungkin ada di antara kalian yang tengah mengalami permasalahan kulit berjerawat karena pemakaian masker yang terus-menerus. Untuk memaksimalkan proteksi, masker biasanya didesain dengan tali yang cukup erat, sehingga menyebabkan gesekan yang lebih banyak. Pernapasanmu juga lebih terbatas, menciptakan kelembapan yang dapat memicu keringat, minyak, dan kotoran, sehingga muncul jerawat.




    Meski begitu, tentunya ada beberapa tips yang dapat kamu tiru untuk bantu rawat kompleksi wajah agar terbebas dari jerawat meski harus mengenakan masker dalam periode yang panjang. Yuk, simak!



    1. Selalu Gunakan Moisturizer pada Wajah


    Sebelum kamu mengenakan masker dan keluar rumah, pastikan kamu telah mengaplikasikan pelembap ke seluruh wajah, khususnya pada area yang tersentuh masker. Lapisan pelembap ini akan bantu melindungi kulit dari gesekan dan iritasi


    2. Hindari Penggunaan Makeup Sebisa Mungkin


    Mengenakan foundation, concealer, dan bedak yang tebal dapat menyumbat pori-pori, khususnya jika tertutup masker. Namun, jika kamu tetap ingin mengenakan makeup, aplikasikan pada area yang tak tertutup masker, seperti alis, atau maskara. Pastikan selalu membersihkan hingga tuntas dengan pembersih makeup berbasis minyak dan sabun wajah di akhir hari untuk mencegah breakout




    3. Bersihkan Wajah Setelah Mengenakan Masker


    Saat pulang ke rumah, pastikan kamu membersihkan wajah secara menyeluruh dari kotoran, keringat, dan minyak. Coba produk-produk berbasis salicylic acid untuk bantu singkirkan sel kulit mati dan minyak berlebih.


    4. Obati Jerawat dengan Hati-hati.


    Jika kamu tengah mengalami jerawat saat ini, hindari keinginan untuk memencet jerawat. Gunakan obat jerawat yang mengandung salicylic acid atau tea tree oil pada area timbulnya jerawat atau tempelkan stiker jerawat untuk bantu percepat penyembuhan.



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH. Perubahan telah dilakukan editor. Alih bahasa: Yovita Pratiwi.)