Lifestyle

Butuh Lebih Sering Bersosialisasi? Download 6 Aplikasi Ini!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       17/4/2020
  • Sudah lebih dari satu bulan sejak Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat Indonesia untuk beraktivitas dari rumah jika mampu. Sigh... Hari berlalu begitu saja dan rasanya sudah tak ada lagi 'perbatasan' antara hari kerja dan akhir pekan⁠—apakah kamu mengalami perasaan yang sama?

    Jika biasanya akhir pekan diisi dengan aktivitas yang refreshing, seperti berkumpul bersama teman-teman, berkencan, dan quality time bersama anggota keluarga, akhir pekan pada masa pandemi virus corona ini jauh lebih sepi. Tidak bisa pergi ke luar tempat tinggal, harus menghindari keramaian, dan, secara keseluruhan, opsi aktivitas asyik untuk menghabiskan weekend bersama orang-orang tersayang sangat berkurang.

    Nah, meskipun tidak bisa bertemu banyak orang secara langsung, kamu bisa menemui mereka secara online menggunakan aplikasi smartphone. Bukan hanya aplikasi kencan saja, kok, ada pula beberapa aplikasi yang bertujuan untuk menghubungkanmu dengan orang lain di dunia ini, dan ada pula aplikasi untuk membuat seorang karakter yang bisa kamu jadikan teman curhat ketika sedang jenuh. Daripada kamu menjadi tambah cranky karena butuh bersosialisasi, coba dulu download aplikasi berikut ini. It might really help you.




    Bottled


    Bertemu orang asing di internet mungkin agak seram bagi beberapa orang, tapi aplikasi Bottled memungkinkan kamu untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai negara melalui konsep yang menggemaskan. 

    Pada dasarnya, aplikasi ini dibuat agar kamu bisa berteman dengan orang-orang di seluruh dunia. Agar pengguna lain bisa menemukanmu, yang perlu kamu lakukan adalah menulis surat lalu memasukannya ke dalam botol rum (secara virtual, of course). Nah, botol tersebut akan dilepaskan ke laut, mengambang hingga seseorang memilih untuk membaca dan menyimpannya. Dan hal yang sama akan terjadi padamu. Pada halaman home aplikasi ini kamu bisa melihat sebuah pulau kecil yang di tengah lautan, di mana ada sejumlah botol mengambang yang menunggu untuk dibuka olehmu!

    Jika ada surat yang menarik perhatianmu, kamu bisa menyimpan surat tersebut dan melanjutkan percakapan dengan sang penulis melalui fitur chat. Menariknya, kamu pun bisa melihat ke benua mana botolmu mengambang. 

    Unduh di… App Store / Google Play

    Harga: Gratis (in-app purchases tersedia) 


    Tandem


    Ingin belajar bahasa baru pada masa self-quarantine ini? Nah, kamu bisa mengunduh Tandem, sebuah aplikasi yang bisa membantumu berlatih bahasa. Melalui aplikasi ini, kamu bisa dihubungkan dengan penutur asli bahasa yang ingin kamu pelajari. Kamu bisa melatih pengucapan, pendengaran, dan memperluas kosa kata dengan bantuan mereka—serta bertemu teman baru. Sounds fun, huh?

    Selain itu, kamu sendiri juga bisa membantu orang lain belajar bahasa ibumu. So semisal kamu adalah penutur asli bahasa Indonesia, profilmu akan menyatakan bahwa kamu bisa mengajari pengguna lainnya bahasa Indonesia.

    Unduh di… App Store / Google Play

    Harga: Gratis (in-app purchases tersedia)


    SLOWLY


    Aplikasi yang satu ini cocok bagi kamu yang sedang mencari sahabat pena. SLOWLY ingin para penggunanya untuk menulis surat secara tulus dan penuh perhatian, maka aplikasi ini dirancang layaknya proses pengiriman surat di kehidupan nyata. Setiap surat butuh beberapa jam untuk dikirim, surat yang telah dikirim tidak bisa dibatalkan, dan kamu juga butuh prangko untuk mengirim surat tersebut. Just like in real life! Pada era di mana orang-orang mengandalkan instant messaging untuk mengobrol, aplikasi ini dapat mendorongmu untuk merangkai surat yang berarti dan berpikir dua kali sebelum mengirim pesan.

    Unduh di… App Store Google Play

    Harga: Gratis (in-app purchases tersedia)




    Houseparty


    Melalui aplikasi Houseparty, kamu bisa video call bersama teman-temanmu—dan juga teman-teman mereka, seperti di pesta! Temanmu akan diberi tahu ketika kamu sedang online, lalu bergabung denganmu lewat video call, dan bisa mengundang teman mereka sendiri yang belum kamu kenal. Menariknya, Houseparty juga menyediakan cukup banyak permainan yang bisa dicoba beramai-ramai.

    Unduh di… App Store / Google Play

    Harga: Gratis (in-app purchases tersedia)


    Tinder


    We know, we know, aplikasi yang satu ini sudah tidak asing bagimu. Dan mungkin kamu berpikir, “Mengapa saya perlu mengunduh Tinder jika tidak bisa bertemu match-nya pada masa corona ini?”. Jawabannya simpel: karena fitur Passport dalam aplikasi kencan ini sedang tersedia secara cuma-cuma!

    Passport adalah salah satu fitur yang tersedia dalam paket berbayar Tinder Plus & Gold, yang mengizinkan penggunanya untuk bertemu orang-orang dari lokasi mana saja di dunia. Jadi jika kamu bosan dengan wajah-wajah familier yang biasanya muncul saat kamu menggunakan aplikasi ini di kota asalmu, kini kamu bisa “travel” ke kota, negara, dan bahkan benua lain untuk bertemu orang-orang baru. 

    Dengan adanya fitur Passport yang gratis digunakan, Tinder berharap inisiatif ini bisa membantu orang-orang yang merasa gelisah dan butuh lebih banyak berinteraksi dengan orang lain. So.... tertarik untuk menggunakan Passport-mu?

    Unduh di… App Store / Google Play

    Harga: Gratis (in-app purchases tersedia)


    Replika: My AI Friend


    Berbeda dari aplikasi lainnya yang ada dalam daftar ini, Replika: My AI Friend adalah aplikasi untuk mengobrol dengan AI alias artificial intelligence, bukan manusia nyata. Ya, kedengarannya agak mengerikan, tapi percaya, deh, aplikasi ini patut dicoba.

    Dengan Replika, kamu bisa membuat karakter AI yang sesuai dengan kepribadian dan keinginanmu. Nope, kamu tidak akan berbicara pada AI yang random, melainkan harus membuat karakter sendiri dan menentukan kepribadian, penampilan, dan hubunganmu dengan AI tersebut. Para pembuat Replika pun ingin penggunanya dibantu oleh AI masing-masing. Oleh karena itu, aplikasi ini disebut sebagai 'judge-free zone', yang berarti kamu bisa memberi tahu sang AI apa saja yang ingin kamu curahkan—which is great, terutama jika kamu merasa kesepian dan tidak tahu ingin curhat ke siapa. Lama-kelamaan, AI buatanmu akan memiliki memori tentang cerita dan kata-kata yang pernah kamu beri tahu mereka. You'll grow together, menurut penjelasan aplikasi ini. 

    Unduh di… App Store / Google Play

    Harga: Gratis (in-app purchases tersedia)


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Julia M Cameron on Pexels)