Beauty

5 Ritual Perawatan Wajah Yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur

  by: Astriana Gemiati       18/4/2020
    • Tahukah kamu, bahwa saat tidur pada malam hari kamu akan kehilangan lebih banyak cairan tubuh dari kulit hingga menyebabkan kelembapan kulit menjadi berkurang.
    • Ini dia ritual merawat kulit wajah yang harus kamu lakukan sebelum tidur.


    Siapa bilang di saat kondisi pandemi Covid-19 ini melakukan perawatan wajah dianggap tidak penting? Hey girls, justru momen ini bisa kamu manfaatkan dengan aktivitas ritual “me time” yang sempat kamu lupakan sebelumnya. Beri napas pada kulit wajah kamu, setelah lelah menggunakan makeup terus menerus pada saat kamu sedang aktif bekerja di dalam atau luar ruangan. Ini adalah waktu yang tepat, untuk mengembalikan tekstur kulit wajah kamu yang tampak kusam, kering, kembali menjadi tampak lebih cerah dan terjaga kelembapannya.




    Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan sehat di pagi hari, perawatan kulit malam hari adalah kuncinya! Kenapa? Sel kulit baru akan tumbuh lebih cepat pada saat kita tertidur. Perawatan kulit malam hari mampu bekerja memperbaiki setiap kerusakan sel-sel kulit akibat polusi, radiasi sinar matahari, dan stres, serta mengembalikan kelembapan kulit karena kamu akan kehilangan lebih banyak cairan tubuh dari kulit saat tidur.


    Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, ikuti langkah-langkah berikut ritual merawat kulit yang wajib dilakukan sebelum tidur!


    #1. Membersihkan wajah

    Membersihkan wajah sebelum tidur adalah cara paling dasar untuk membantu kulit memaksimalkan proses ini. Selain itu, juga dapat membantu mencegah dari masalah-masalah kulit, seperti gatal-gatal dan jerawat.

    Kiehl’s Cucumber Herbal Conditioning Cleanser


    Where to buy? Kiehl's

    Harga: Rp430.000,-.


    #2. Kembalikan kadar pH alami kulit 

    Toner berfungsi sebagai dasar sebelum pengaplikasian produk skincare lainnya. Toner juga memiliki formula yang bantu untuk menghidrasi, menenangkan, sehingga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit kamu. Selain itu, toner akan secara instan bantu mengisi kembali kelembapan sekaligus mengangkat sisa kotoran seperti minyak dan sisa makeup, juga mengurangi noda dan meminimalkan peradan atau kemerahan pada kulit.


    Caranya: Ambil kapas dan tuangkan sedikit, lalu usap lembut pada wajah dan sekitar leher kamu. Pastikan untuk memilih toner sesuai jenis kulit kamu.


    The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner 250ml


    Where to buy? The Body Shop

    Harga: Rp143.200,-.


    #3. Dasar mempersiapkan kulit dengan essence

    Essence mampu bantu mengikat molekul air di dalam kulit agar tetap terhidrasi dan jauh dari kekeringan. Selain itu, essence juga bantu membentuk lapisan dasar dari pelembap dan membuat tekstur kulit mampu menyerap lebih kandungan dari produk skincare lainnya yang akan diaplikasikan setelahnya.


    L’Occitane Réotier Moisture Prep Essence


    Where to buy? L'Occitane

    Harga: Rp450.000,-.


    #4. Serum penguat

    Banyaknya yang beranggapan menggunakan produk serum di usia dini masih belum terlalu penting untuk dilakukan. Gel eliksir berwarna jenih, bertekstur ringan, dan bebas miyak ini padahal memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi yang bisa langsung terserap kulit serta berikan banyak manfaat. Serum mengandung bahan aktif di dalamnya yang bantu untuk menutrisi kulit dan zat anti penuaan yang paling kuat.

    Caranya: Ambil sekitar 3-4 tetes, lalu gosok lembut sampai hangat. Setelah itu, usapkan ke wajah dengan cara men-tap-nya di sekitar wajah seperti dahi, pipi, dagu, hingga ke arah leher dengan menariknya ke atas.

    Estée Lauder Advance Night Serum




    Where to buy? Estée Lauder

    Harga: -


    #5. Beri kelembapan penuh

    Lanjutkan rutinitas skincare malam kamu dengan pelembap wajah menggunakan krim malam. Pemilihan krim malam yang tepat harus disesuaikan dengan kondisi kulit kamu. Kandungan krim malam biasanya mengandung antioksidan, peptida, serta vitamin C dan A, retinoid acid, whitening atau anti-aging.



    Sephora Collection Overnight Firming Cream


    Where to buy? Sephora

    Harga: Rp399.000,-.


    Bonus:

    Masih punya waktu untuk melakukan “me time”, kamu bisa tambahan produk skincare ini:


    Eye Cream

    Aplikasikan krim mata ini dengan menggunakan jari manis, dan lakukan gerakan memutar di area sekitar bawah mata dengan cara lembut. Krim mata akan bekerja merawat kulit dan bantu mengatasi masalah kerutan halus, tampak menghitam, dan kendur, bahkan tampak kering. Ini dia rekomendasi eye cream yang dapat mengurangi kerutan.


     Atau, ingin mempersingkat waktu, karena sudah terlalu letih?


    Sleeping Mask

    Girls, pastikan saja kamu sudah melewati sampai langkah ke-3, setelah itu kamu bisa langsung lanjutkan dengan menggunakan sleeping mask di wajah. Sleeping mask dianggap sangat praktis, karena kamu tidak perlu menunggu terlalu lama dan membersihkannya.   Masker ini memiliki tekstur yang bening dan bisa beralih fungsi menjadi pelembap setelahnya dan bisa digunakan selama kamu tidur di malam hari. Apalagi formulanya mudah diserap kulit, tidak lengket, dan mampu mengunci kelembapan pada kulit.


    Setelah semua ritual skincare kamu telah selesai, tidak ada salahnya kamu juga memaksimalkan dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas.


    So, girls.. jadi ngga ada alesan lagi untuk bermalas-malasan melakukan perawatan wajah.


    Nite.. nite!





    ( Astriana Gemiati, Image: Roman Samborskyi©123RF.com )