Fashion

Cara Membersihkan Sepatu Kamu Dari Virus dan Bakteri

  by: Dheniel Algamar       18/4/2020
    • Virus dan bakteri dapat menempel pada sepatu terutama pada bagian sol yang terbuat dari karet, kulit, dan senyawa PVC.
    • Berikut cara membersihkan sepatu kamu yang telah dipakai dari virus dan bakteri.


    Di tengah masa pandemi corona, menjaga kebersihan adalah hal yang sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 atau virus corona. Mulai dari kebersihan tangan, badan, hingga sepatu yang kamu pakai. Apalagi jika kamu terpaksa harus keluar rumah, seperti untuk pergi berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti ke supermarket.

    Spesialis penyakit menular dan Associate Professor of Clinical Medicine dari Virginia Commonwealth University, Mary E. Schmidt, mengatakan waktu untuk virus bisa hidup di permukaan adalah lima hari atau lebih. Dan sepatu jadi salah satu benda yang dapat terkontaminasi oleh virus dan bakteri karena cairan mengandung virus Corona mungkin saja jatuh dan menempel di sepatu. Bahan sintetis seperti spandex dan plastik dapat membantu virus untuk hidup selama beberapa hari. Lalu, menurut penelitian Charles Gerba seorang ahli mikrobiologi dan profesor di University of Arizona, bahan-bahan sol sepatu yang terbuat dari material tak berpori semisal karet, kulit, dan senyawa PVC berpotensi besar untuk membawa bakteri tingkat tinggi.



    Meski menurut spesialis kesehatan masyarakat, Carol Winner, kepada HuffPost hingga saat ini belum ada bukti bahwa virus Corona dapat masuk dan berpindah ke dalam rumah lewat sepatu. Dan risiko penulatan paling besar adalah orang ke orang, bukan sepatu ke orang. Namun tetap saja kamu bisa melakukan beberapa tindakan preventif agar penyebaran virus corona bisa dihindari. Well ladies, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

    Yang pertama adalah jangan mengenakan sepatu kotor kamu di dalam rumah. Jika kamu terpaksa harus keluar untuk melakukan hal-hal penting, lepas sepatu yang telah dipakai karena kemungkinan alas kaki tersebut telah membawa virus, bakteri hingga parasit. Buat sebuah batasan area depan rumah, dimana kamu bisa melepaskan dan menyimpan sepatu yang kotor tersebut di sana. Cosmo sarankan selama masa pandemi corona ini, dedikasikan sepasang sepatu khusus untuk pergi. Jangan lupa juga untuk selalu mengganti dan mencuci kaus kaki yang telah dipakai.

    Yang kedua adalah dengan membersihkan sepatu kamu dari virus dan bakteri. Ketiga cara ini bisa kamu coba!

    1. Menyemprotkan Cairan Disinfektan

    Cara paling mudah dan efektif untuk membersihkan sepatu dari virus dan bakteri adalah dengan rutin menyemprotkan cairan disinfektan atau alkohol. Pilih cairan disinfektan yang mampu membunuh virus, masukkan ke dalam botol spray dan simpan di luar rumah. Tapi ingat ladies, hati-hati menyemprotkan ini ke bahan sepatu yang terbuat dari kulit karena kemungkinan besar akan merusak material. 



    2. Membuat Tempat Rendaman Sepatu

    Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyediakan sebuah nampan plastik berukuran besar, kemudian letakkan lap yang telah diredam oleh cairan disinfekatan selama 10 menit di dalamnya. Tempatkan nampan ini area luar rumah. Rendam sepatu kamu di dalam nampan ini sebentar saja, namun pastikan area sol sepatu benar-benar basah agar cairan dapat berfungsi dengan baik. Jangan menyeka dan mengeringkan sepatu ini, balikkan sepatu kamu dan simpan di area yang aman, terkena sinar matahari dan angin.

    3. Mencuci Sepatu

    Kamu juga dapat mencuci sepatu dengan siklus pendek di mesin cuci.  Apabila tidak ada mesin cuci, gunakan sabun khusus sepatu dan air panas. Pakai sikat yang lembut, dan sikat dengan perlahan agar tidak merusak material sepatu kamu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sepatu sesuai bahannya.

    Pastikan sepatu yang telah kamu pakai dan dibersihkan disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak atau binatang peliharaan. Selain itu ladies, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan kamu setelah keluar rumah dan ketika selesai membersihkan sepatu. 

    (IMAGE: belchonock©123RF.com)