Lifestyle

Cara Dekorasi Meja Kerja Agar Nyaman dan Lebih Produktif

  by: Kezia Calesta       18/4/2020
  • Lingkungan di sekitar kamu memegang peran penting dalam meningkatkan atau menurunkan produktivitas. Jika kamu sedang menjalani work from home atau social distancing yang mengharuskan kamu untuk bekerja dari rumah, Cosmo punya tips dekorasi mudah dan sederhana untuk lingkungan kerjamu di rumah agar kamu merasa lebih nyaman, tetapi juga produktif. 


    1. Gunakan warna lampu yang tepat

    Mengoptimalkan cahaya dalam ruangan kerja merupakan salah satu hal yang paling krusial untuk meningkatkan energi dan membantu mata agar bisa bekerja dengan lebih nyaman. Jika bisa, gunakan cahaya alami dari matahari untuk menerangi kamar, namun jika ruanganmu tidak memiliki jendela, gunakan lampu LED putih yang lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan panas berlebih.





    2. Pilih gaya minimalis yang rapi

    Minimalist aesthetic tidak hanya membuat tampilan meja kerja semakin gaya, tetapi juga memudahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan. Saat lingkungan kerjamu berantakan, kamu pun dapat merasa overwhelmed dan lebih mudah stres karena melihat pekerjaan dan barang-barang tergeletak di mana-mana. Setelah mejamu sudah rapi, tambahkan tanaman hias artifisial berwarna hijau di sudut meja untuk sentuhan yang menyegarkan. Why artificial? Agar kamu tidak perlu repot menyiramnya setiap hari dan membersihkan area tersebut dari tanah atau jamur!


    3. Tambahkan tempat penyimpanan

    Apakah meja kamu dipenuhi oleh barang-barang penting yang tidak bisa dibuang? Solusinya adalah membeli berbagai kotak penyimpanan cantik yang bisa kamu letakkan di samping atau bawah meja. Dengan ini, semua barang masih bisa diakses dengan mudah, namun meja kamu tetap bersih dan tidak penuh. Selain itu, jangan lupa membersihkan area secara rutin untuk mencegah berkumpulnya debu dan menjaga kualitas udara dalam ruangan!





    4. Dekorasi area kerja dengan warna yang inspiring

    Apakah kamu tahu bahwa berbagai warna dapat meningkatkan mood serta produktivitas? Berbagai riset telah membuktikan bahwa warna biru dapat menstimulasi otak dan memberikan perasaan nyaman (that’s why many logos use blue!), kuning dapat meningkatkan kreativitas, sedangkan hijau dapat memberikan perasaan tenang. Carilah warna-warna yang dapat membangkitkan mood kamu, tempatkan sentuhan warna favorit kamu di meja kerja.


    5. Tambahkan vision board

    Belilah sebuah papan corkboard besar untuk diletakkan di hadapan kamu saat bekerja. Jadikan papan ini sebuah vision board di mana kamu mencantumkan to-do list setiap minggu, goals yang ingin kamu capai, foto-foto orang tersayang yang selalu menyemangati kamu, juga motivational message oleh idola favorit kamu. Get creative and stay productive!



    (Image: doc. @simonrae via Unsplash)