Beauty

Cara Melakukan Facial Di Rumah Seperti Di Salon

  by: Kissy Aprilia       19/4/2020
    • Perawatan facial dapat dilakukan sendiri di rumah dengan cara yang mudah, namun tetap terasa seperti di salon.
    • Kamu hanya perlu memanfaatkan produk skincare yang sudah di miliki, serta skill memijat a la profesional.

    Mengingat keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diajukan oleh pemerintah, tampaknya memaksakan diri untuk berelaksasi ke salon bukanlah suatu hal yang bijak. Cosmo tahu kalau kamu sudah sangat merindukan pijatan spa yang tidak hanya membuat tubuh lebih segar, tetapi juga energi positif pada pikiran. Karena itulah, Cosmo akan memberikan trik melakukan face spa rumahan rasa bintang lima. 


    Step 1: Mulailah dengan double cleanse

    Saat melakukan face spa jenis apa pun di salon, langkah pertama yang dilakukan adalah double cleanse. Cara ini akan memastikan kulit wajahmu benar-benar bersih dari segala residu yang mengendap di dalam pori-pori. Kamu dapat memulainya dengan mengaplikasikan pembersih wajah berbahan dasar minyak yang juga berfungsi menjaga lapisan kulit terluar tetap kuat. 



    Selanjutnya, bilas oil cleanser dengan menggunakan handuk hangat. Lalu, aplikasikan pembersih wajah berbahan dasar cream atau foam. Jika memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya kamu menggunakan formula cream yang lebih halus, sedangkan foam cleanser umumnya membersihkan hingga ke pori-pori. Fokuskan langkah ini di area wajah yang mudah berminyak, serta berikan sedikit pijatan ringan. 


    Step 2: Waktunya eksfoliasi



    Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati dan sisa kotoran yang sulit dijangkah oleh produk pembersih wajah. Jika memiliki jenis kulit normal, kamu dapat menggunakan produk physical exfoliant (scrub), sedangkan chemical exfoliant untuk kulit yang lebih sensitif. 

    Bagi kamu yang lebih menyukai formula liquid, pilih produk chemical exfoliant yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA). Untuk menghindari pengelupasan, sebaiknya kamu memilih produk berbahan dasar enzim. Meski begitu, proses eksfoliasi ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat merusak lapisan pelindung kulit. 


    Step 3: Gunakan masker wajah

    Pilih produk masker wajah favorit berdasarkan masalah atau jenis kulitmu. Jika berminyak dan cenderung berjerawat, pilih clay mask atau produk yang mengandung vitamin C. Jika kulitmu terasa semakin kering saat #dirumahaja, pilih masker yang diformulasikan untuk mengembalikan hidrasi kulit dengan kandungan hyaluronic acid atau vitamin B5. Sementara itu, kandungan peptide dan antioksidan akan membantu mengurangi garis-garis halus pada kulit. 




    Step 4: Steam kulit dengan suhu yang hangat

    Kamu tidak membutuhkan peralatan canggih seperti di salon. Cukup isi wadah dengan air panas, lalu posisikan wajahmu saat sedang menggunakan masker—tepat di atas wadah. Langkah ini akan membuat pori-pori kulit terbuka lebar, sehingga kandungan dalam masker dapat terpenetrasi dengan optimal. 


    Step 5: Moisturize and massgae!



    Setelah membersihkan wajah dari masker, ini adalah waktunya untuk mengaplikasikan serum dan moisturizer favoritmu. Namun, ada satu hal yang harus kamu tambahkan agar sesi at-home face spa ini terasa seperti di salon, yaitu: memberikan pijatan di seluruh area wajah. Cara ini bukan hanya sekadar untuk merelaksasikan diri, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah dan sistem limfatik, sehingga kulitmu lebih glowing.

    Mulailah memijat secara perlahan dari area dagu ke sisi rahang kiri dan kanan. Catat: selalu lakukan gerakan mulai dari dalam ke arah luar. Lakukan pola ini di semua area wajah, termasuk titik yang paling sering terabaikan seperti di belakang cuping telinga, di sudut hidung, dan bagian tengah dahi. Selamat mencoba!


    (Kissy Aprilia, Images:  Elly Fairytale from Pexels)