Lifestyle

Rekomendasi Buku untuk Membuatmu Rileks selama di Rumah

  by: Givania Diwiya Citta       21/4/2020
    • Dengan merebaknya virus COVID-19 di Indonesia, masyarakat dianjurkan untuk belajar, bekerja, beribadah dari rumah.
    • Rekomendasi buku berikut ini akan membuatmu tetap rileks selama menjalani self-quarantined di rumah.


    Stay home to stay safe, girls! Masih dengan adanya kasus virus Corona di Indonesia, kita memang dianjurkan untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Oleh karenanya, carilah berbagai kegiatan yang tetap bisa membuatmu happy selama self-quarantined. Seperti salah satunya membaca buku-buku rekomendasi berikut, agar tetap rileks selama #DiRumahAja. Tentunya, semua daftar bacaan ini bisa kamu dapatkan langsung di pintu rumah kamu, tanpa harus beranjak pergi ke mana pun (social distancing, bb!). Selamat membaca!




    Your Life Is a Life of Hope!


    Lord Birthday, ilustrator yang viral di internet berkat simbol raja berkumis ini mengemas serial esai pendek (lengkap dengan ilustrasi khasnya!) tentang argumennya terhadap ‘harapan’. Namun ia mengangkat dari sudut pandang absurd hingga bisa menghasilkan tulisan yang lugu, polos, dan humoris. Ia bahkan mengeksplorasi hal-hal yang sering tak terpikirkan oleh kita, namun sesungguhnya bisa membuat hidup amat bermakna, seperti sesederhana jaket, tas, atau mencubit hidung seseorang. Inilah kumpulan jawabannya untuk pertanyaan, “What makes life worth living?”

    (Open Trolley, harga: Rp308.000,-)


    Newspaper Blackout


    Penggambar kartun sekaligus penulis puisi, Austin Kleon, menciptakan metode baru dalam membaca: yaitu dalam format koran namun dengan tinta yang tak permanen. Dalam arti, ia bahkan menghilangkan beberapa kata yang dirasa tak perlu, jadi serasa membaca koran yang puitis! Austin pun mengemas berbagai prosa yang provokatif sampai yang menyentuh, bisa menggerakkan emosi dari yang tertawa lantang sampai membuat pembacanya terinspirasi. Dalam buku ini, tak hanya ada prosa-prosa orisinal Austin, namun ada juga kumpulan dari naskah masukkan para pembaca blog Austin yang sebelumnya telah populer lebih dahulu di internet. Amusing to read!

    (Books & Beyond, harga: Rp175.000,-)


    Hippie


    Halo penggemar Paulo Coelho! Novel autografinya ini mengajak kita untuk menyaksikan mimpi sebuah generasi yang mendambakan perdamaian, yang berani menantang tatanan sosial, serta pola pikir konservatif. Ah… inilah sosok Paulo dulu yang merupakan seorang pemuda Brazil kurus, berjenggot tipis, dengan rambut gondrong, lengkap dengan idealisme tersebut. Dalam buku ini, kita akan dibawa dalam narasinya saat melakukan perjalanan mencari makna kehidupan, mulai dari Amsterdam sampai Kathmandu. Definitely in our reading list!



    (Gramedia, harga: Rp85.000,-)


    Good Night Stories for Rebel Girls


    Bukan, ini bukan kisah-kisah sebelum tidur yang kerap didongengkan oleh orangtua pada umumnya. Francesca Cavallo dan Elena Favili justru mengemas ulang dongeng-dongeng (baca: cerita nyata dari para perempuan heroik dunia) tentang Ratu Elizabeth I hingga Serena Williams. Dengan ilustrasi dari 60 seniman perempuan di berbagai penjuru negara, buku ini jadi bacaan wajib kontemporer untuk setiap anak atau perempuan muda, atau juga kamu, kita. Siap-siap terinspirasi!

    (iLotte, harga: Rp160.000,-)


    The Big Book of Less


    Hei, sudah seberapa kuat kamu untuk menghadapi rasa ikhlas? Apalagi di masa-masa tak menentu seperti sekarang ini. Mengejutkannya, Irene Smit dan Astrid Van Der Hulst memandu kita untuk mencapai rasa ikhlas melalui buku ini. Tak hanya tentang merelakan barang-barang di sekitar kita, namun lebih kepada memisahkan sekat-sekat dalam pikiran kita, hingga kita bisa merapikan isi pikiran kita. Ada pula ruang diary untuk menuliskan satu pikiran selama satu hari, yang dikemas dalam lipatan berbentuk rumah kecil, agar kita pun bisa merasakan nyamannya menempatkan pikiran di dalam ‘ruang’ yang secukupnya. Pada akhirnya, buku ini mengajari kita bahwa dengan konsep ‘less’, kita bisa menemukan kebebasan untuk merelakan sesuatu.

    (Kinokuniya, price by request.)


    (Givania Diwiya / Images: Dok. Open Trolley, Books & Beyond, Akubaca.com, Bukurepublika.id, Amazon.com  / Opening Image: Vincenzo Malagoli from Pexels)