Better You

Ini Dia Cara Mencuci Masker Kain yang Benar!

  by: Giovani Untari       22/4/2020
    • Awal April 2020 silam, pemerintah resmi mengumumkan program “Masker Untuk Semua” di mana masyarakat dianjurkan menggunakan masker berbahan kain saat hendak keluar rumah.
    • Tapi sudahkah kamu mencuci masker kain dengan benar? Ini dia caranya!


    Seperti yang kita tahui dengan adanya program #MaskerUntukSemua, masker bedah sekali pakai dan N95 saat ini penggunaannya lebih ditujukan kepada para frontliners dan juga mereka yang sedang sakit. Sedangkan untuk masyarakat umum, pemerintah Indonesia menganjurkan memilih menggunakan masker berbahan kain saat tengah beraktivitas di luar rumah. Yang terpenting masker kain tersebut bisa menutupi area hidung dan mulut penggunanya.





    Menggunakan masker kain memang tidak sepenuhnya terbukti mampu menghentikan COVID-19. Tetapi dengan memakainya paling tidak kita mampu mencegah penyebarannya, terlebih jika digunakan oleh mereka yang tertular COVID-19 namun tidak menunjukkan adanya gejala sakit apapun. "Selain itu masker kain juga bisa dibuat dari bahan-bahan yang mudah dan bisa ditemukan di rumah dengan biaya yang rendah, sehingga masyarakat jauh lebih mudah untuk menggunakan dan mendapatkannya," tukas Centers for Disease Control and Prevention (CDC.)


    Jika masker sekali pakai bisa langsung kita buang setelah digunakan, kamu pasti bertanya dalam hati: "bagaimana cara mencuci masker kain yang benar?"

    Idealnya, masker kain wajib untuk dicuci setiap kali selesai digunakan. Jadi, tidak ada salahnya kamu memiliki beberapa masker kain lainnya yang bisa digunakan secara bergantian apabila masker kainmu tengah dicuci.



    Menurut CDC, mencuci menggunakan mesin cuci bisa menjadi opsi masyarakat dalam mencuci masker kain mereka. Namun pastikan bahwa seluruh permukaan masker kain telah tercuci dengan benar. Jika memungkinkan, gunakan pengaturan air hangat saat kamu mencucinya.

    Beberapa pakar juga menyarankan untuk mencuci masker kain menggunakan deterjen yang mengandung pemutih / bleach agar lebih efektif dalam membunuh bakteri dan kuman yang menempel di masker kain.

    Dan bila kamu mencuci masker kain menggunakan tangan, kamu bisa memakai sabun dan air hangat atau panas lalu gosok masker tersebut selama 20 detik sebelum dibilas. Hal ini seperti yang disarankan oleh Board-certified dermatologist Emily de Golian dalam penjelasannya untuk Huffington Post.

    Sebelum kamu mencuci masker kain, selalu ingat untuk melepaskan masker secara hati-hati, girls! Lepas masker kain dengan memegang area straps-nya lalu hindari menyentuh bagian depan masker. Segera cuci tangan menggunakan air dan sabun setelah melepaskan masker kain.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines for Realliving.com.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Vera Davidova on Unsplash.com)