Lifestyle

Cara Efektif Meningkatkan Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

  by: Kezia Calesta       21/4/2020
  • Vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan setiap orang, karena tubuhmu memerlukan vitamin D untuk menyerap kalsium, mendukung pertumbuhan tulang, meningkatkan sistem imun, menyehatkan sel kulit, hingga menangkal radikal bebas. Namun, satu hal yang membuat vitamin D unik adalah vitamin ini hanya dapat diproduksi oleh tubuh saat terpapar sinar matahari.




    Masalahnya, sekitar 50% populasi dunia tidak mendapat sinar matahari yang cukup dengan alasan bahwa banyak orang menghabiskan waktu di dalam ruangan setiap hari. So, apa yang harus dilakukan sekarang khususnya dengan situasi self-quarantine yang sedang berlangsung? Simak cara efektif dari Cosmo untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.


    Luangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari

    Menurut Healthline, vitamin D seringkali disebut sebagai “the sunshine vitamin” karena matahari merupakan sumber terbaik untuk mendapatkannya. Tubuhmu memegang peran sebagai tuan rumah untuk satu tipe kolestrol, di mana ia perlu terkena radiasi UV-B dari matahari untuk berubah menjadi vitamin D. Faktanya, vitamin D yang kamu dapat dari sinar matahari dua kali lipat lebih baik dibanding vitamin D yang kamu dapat dari makanan atau suplemen.


    Namun, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi penyerapan vitamin D: orang dengan skin tone yang lebih gelap perlu menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari untuk memproduksi vitamin D. Alasannya? Warna kulit yang lebih gelap mengandung lebih banyak zat melanin yang dapat memperlambat produksi vitamin D. Jika memiliki warna kulit terang atau putih, 8-15 menit di bawah sinar matahari sudah cukup. Namun jika warna kulitmu lebih matang, kamu boleh menghabiskan 20-25 menit.


    Perbanyak konsumsi:

    Ikan dan seafood

    Kandungan vitamin D dalam seafood berbeda-beda dan tergantung dengan tipe ikannya. Selain ikan salmon, ikan tuna, sarden, kerang, dan udang juga mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, ditambah lagi dengan omega-3 fatty acid yang sehat!




    Susu

    Susu sapi dan susu kedelai mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kalsium, phosphorus, dan riboflavin. Terkadang, susu yang diproduksi oleh pabrik memiliki kandungan vitamin D untuk menambah asupan nutrisi.


    Jamur

    Mencari sumber vitamin D yang plant-based? Seperti manusia, jamur juga dapat memproduksi vitamin D sendiri dalam bentuk D2 atau ergocalciferol saat terekspos sinar matahari.


    Kuning telur

    Seperti ikan, kandungan vitamin D dalam telur juga bervariasi. Riset membuktikan bahwa ayam kampung liar yang sering terpapar sinar matahari dapat memberikan vitamin D sebanyak 4 kali lipat dibanding ayam negeri yang tidak pernah dikeluarkan dari kandangnya.


    Sereal dan oatmeal

    Berbagai merk sereal dan oatmeal juga memiliki kandungan vitamin D untuk meningkatkan nutrisi. Namun ingat, faktor paling penting untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan meluangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar UV-B matahari.


    (Image: doc. ArthurHidden via Freepik.com)