Beauty

6 Rempah-rempah Alami yang Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit

  by: Alexander Kusumapradja       22/4/2020
  • Terkadang, rahasia mendapatkan kulit cantik dan sehat sudah ada di sekitar kita, termasuk di rak bumbu dapurmu. Beberapa rempah-rempah yang biasa kita temui di dapur ternyata tak hanya bermanfaat menambah cita rasa masakan tapi juga mengandung manfaat kesehatan alami untuk merawat dan memperbaiki kulit kita. Banyak di antaranya juga menjadi sumber antioksidan yang bisa menjaga kesehatan dalam tubuh seperti sistem pencernaan, anti-peradangan, serta membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti sakit jantung, diabetes, dan Alzheimer. Berikut ini adalah tujuh bahan rempah-rempah alami yang bisa menjadi bagian beauty routine untuk membantu menjaga kulitmu tetap sehat dari luar dan dalam. 




    1. Kayu Manis

    Cukup setangkai kayu manis dapat mengubah rasa dan aroma suatu makanan atau minuman ke rasa yang lebih kompleks, dan efek yang sama juga bisa terasa dalam tubuh kita. Selain dikonsumsi, kayu manis juga bisa digunakan di kulit untuk merangsang darah mengalir lebih lancar di permukaan kulit, membantu kulit untuk bernapas, dan bahkan menghilangkan jerawat.


    Cara Mengolah:  Untuk melawan jerawat, kamu bisa mencoba face mask buatan sendiri di rumah dengan mencampur 3 sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis yang sudah dihaluskan untuk menjadi krim wajah. Pakai di wajah yang sudah dibersihkan, diamkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan menjaga kelembapan wajah. Kayu manis juga bisa membuat bibir kenyal dan penuh dengan cara dicampur sedikit ke petroleum jelly yang kamu usapkan ke bibir dan didiamkan selama beberapa menit. Namun, hati-hati, beberapa orang mungkin akan merasakan reaksi yang kurang nyaman. 


    2. Cumin alias jintan

    Untuk yang jarang ke dapur, kamu mungkin bingung jintan yang mana. Well, jintan yang biasa ditemukan di dapur Indonesia adalah jintan putih yang bentuknya seperti bulir padi berwarna kecoklatan dan umumnya dipakai untuk memasak makanan Sumatra, Bali, dan Sulawesi. Aromanya kuat dengan sedikit efek pedas, namun rempah-rempah ini juga mengandung vitamin E serta antioksidan alami yang melawan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan kulit dan kerusakan organ dalam.


    Cara Mengolah: Di India, orang menggunakan air rendaman jintan untuk cuci muka karena diyakini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu jintan yang sudah diolah menjadi bubuk dapat dicampur dengan bubuk kunyit dan satu sendok makan madu untuk menjadi masker wajah alami yang membantu mencerahkan kulit.


    3. Chamomile

    Bunga chamomile yang sudah dikeringkan memiliki manfaat kesehatan yang sudah teruji selama ribuan tahun termasuk bagi kulit seperti anti-peradangan, melawan rasa gatal, mencegah pembengkakkan, dan mempercepat proses pemulihan luka.


    Cara Mengolah: Super gampang! Kamu tinggal menyeduh teh chamomile baik yang sudah dijual bebas di pasaran maupun membuatnya sendiri dengan bunga chamomile kering alami yang direbus di air mendidih selama beberapa menit. Meminum teh chamomile secara teratur membantu memberikan nutrisi dan kelembapan yang cukup pada kulit dan menyediakan banyak manfaat positif yang aman bagi semua jenis kulit. 




    4. Pala

    Salah satu ikon produk alami Indonesia yang sudah menjadi incaran bahak pihak dari zaman dahulu kala ini memang kaya akan manfaat di mana semua bagiannya dari mulai daun, batang, minyak, biji dapat diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat, tak terkecuali bagi kesehatan kulit. Minyak pala sudah dari dulu menjadi bahan pembuatan parfum dan sabun karena mampu mengurangi peradangan dan iritas kulit, menjaga kelembapan, dan memperhalus permukaan kulit. Rempah-rempah asal Maluku ini juga mampu menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam akibat sengatan matahari.


    Cara Mengolah: Campurkan pala yang sudah ditumbuk menjadi bumbu halus dengan air perasan lemon dan yogurt ke dalam wadah lalu dicampur merata hingga menjadi krim. Pakai krim itu di wajah yang sudah dibersihkan, diamkan selama 8 menit lalu bilas dengan air dingin lalu pakai pelembapa wajah andalanmu. Cara ini bisa dicoba tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih efektif. 


    5. Jahe

    Perawatan kulit dengan jahe mampu memperbaiki rona kulit, melawan noda, dan mempercerah bintik hitam akibat penuaan. Kaya akan antioksidan anti-aging, mineral, dan senyawa anti-peradangan, jahe direkomendasikan untuk mereka yang bermasalah dengan warna kulit tidak merata, psioriasis, dan jerawat.


    Cara Mengolah: Air perasan jahe dapat digunakan sebagai antiseptik alami untuk mengusir bakteri penyebab jerawat sekaligus menjadi toner alami untuk membuat kulit wajah lebih bercahaya dan segar. Untuk menjaga elastisitas kulit, kita bisa mencampur parutan jahe dengan madu dan air perasan lemon segar hingga mengental lalu pakai di wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih.  

    6. Kunyit Kasturi

    Kunyit merupakan rempah-rempah yang tak asing bagi perawatan tubuh khas Indonesia baik diminum sebagai jamu maupun dijadikan krim kecantikan. Efek kesehatan dari rempah-rempah anti-peradangan ini sangat kuat, sehingga tak hanya kulitmu sehat tapi juga membantu mengatasi masalah di persendian, menghilangkan bulu-bulu halus pada ketiak dan wajah, menghilangkan komedo, serta mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Kunyit yang biasa dipakai untuk bahan perawatan kulit adalah kunyit kasturi yang berbeda dengan kunyit untuk masak (curcuma longa) yang meninggalkan bekas warna kuning pada kulit.


    Cara Mengolah: Untuk mencerahkan wajah, menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat, kita bisa memakai dua sendok teh kunyit kasturi berbentuk bubuk dicampur dengan empat sendok makan yogurt yang telah didinginkan di lemari es dan tiga sendok makan madu hingga merata lalu dinginkan sejenak di lemari es sekitar 10 sampai 15 menit. Oleskan campuran tersebut di permukaan wajah dengan merata kecuali area mata dan mulut, diamkan selama 10 sampai 20 menit lalu bilas dengan air hangat. 


    (Alex.K/Image: Tiard Schulz on Unsplash )