Fashion

7 Cara Merawat Celana Jeans Kamu Agar Tetap Awet

  by: Hendry Leo       22/4/2020
  • Girls, sebagian dari kamu tentu memiliki celana jeans, bukan? Selain menjadi item busana dasar, sifatnya yang timeless dan juga bisa dipadu padankan dengan tampilan apapun menjadi salah satu alasan semua orang wajib punya di dalam lemari pakaian. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai cara merawat celana jeans agar tetap awet, lho. Berikut Cosmo akan berikan beberapa panduannya untuk kamu agar tidak salah!

    1. Jangan Menggunakan Mesin Cuci

    Terlalu sering mencuci dengan menggunakan mesin cuci akan membuat celana jeans kamu jadi cepat pudar dan melar, lho. Kamu cukup mengenakan deterjen tanpa pemutih, kemudian bilas, dan dijemur. Just it!




    2. Gunakan Cairan Cuka

    Bukan hal yang tidak mungkin jika semakin bertambahnya waktu, makan celana jeans kamu pasti akan kusam dan pudar. Untuk membuat tampilannya seperti baru lagi, kamu bisa rendam dengan air dan campuran air cuka secukupnya.



    3. Hindari Menggunakan Sikat

    Saat mencuci celana jeans, jangan terlalu sering menggunakan sikat ya, girls. Hal ini hanya akan merusak dan membuat celana jeans kamu jadi melar. Cukup dibilas saja, namun juga ada noda yang membandel kamu bisa menyikat dibagian yang terkena noda tersebut secara perlahan sampai hilang,


    4. Hindari Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

    Menjemur langsung di bawah sinar matahari hanya akan membuat celana jeans kamu jadi pudar dan teksturnya pun menjadi kasar. Cukup gantung celana jeans di teras atau balkon rumah kamu lalu jangan lupa untuk membalikkannya, ya. Ini berfungsi untuk menghindari kerusakan pada bagian luarnya.


    5. Jangan Disetrika

    Jika keseringan disetrika, hal ini akan membuat celana jeans kamu menyusut dan tidak nyaman saat dikenakan.




    6. Selalu Digantung

    Usahakan untuk tidak melipat celana jeans kamu, karena hal ini akan membuat bekas lipatan pada bagian luar. Setelah dicuci, sebaiknya kamu langsung menggantungnya saja di lemari pakaian.


    7. Jangan Sering Dicuci

    Sebaiknya cuci celana jeans kamu 3 hingga 4 bulan sekali jika tidak begitu kotor. Jika sering dicuci, makan celana jeans kamu akan cepat pudar dan melar. 




    (Teks: Hendry Leo/ Foto: instagram.com, unsplash.com)