Beauty

Alasan Untuk Beralih ke Produk Bodycare & Haircare Padat

  by: Shamira Priyanka Natanagara       22/4/2020
  • Jika kamu lupa, yes, tanggal 22 April ini adalah peringatan Hari Bumi secara internasional. Mungkin Hari Bumi tahun ini terasa lebih, err, memilukan, mengingat beberapa peristiwa besar yang terjadi belakangan ini—mulai dari kebakaran hutan hujan Amazon, kebakaran hutan Australia, hingga banjir Jakarta—menunjukkan betapa sembrononya kita dalam menjaga planet tempat kita hidup ini.

    Ya, mengubah kebiasaan kita demi menjaga Bumi bukanlah hal yang mudah dan dapat dilakukan secara instan, tapi ada beberapa langkah kecil yang bisa kamu ambil demi menjaga planet kita, salah satunya beralih ke produk perawatan tubuh dan rambut yang padat.

    Well, kamu tentu menggunakan produk bodycare dan haircare seperti sampo dan setiap hari, bukan? Nah, tanpa disadari, botol plastik yang digunakan untuk mengemas produk-produk tersebut termasuk dalam jutaan sampah plastik yang berakhir di laut setiap tahunnya, sedangkan produk boydcare dan haircare yang berupa padat memiliki kemasan yang lebih ramah lingkungan. Selain kemasannya, ada pula beberapa alasan lain yang membuat produk bodycare dan haircare padat lebih ramah lingkungan daripada versi cairnya. Mari kita simak lebih lengkap alasannya!




    Mengapa kita patut beralih ke produk bodycare dan haircare padat?

     Kemasan yang lebih ramah lingkungan 

    Pertama, kemasan produk perawatan tubuh yang padat lebih ramah lingkungan. Jika biasanya sabun, sampo, conditioner, body lotion, dan sebagainya dikemas dalam botol plastik, versi padatnya memanfaatkan kemasan berbahan kertas, dan ada pula yang berbahan aluminum.

    Mungkin kemasan aluminum terdengar kurang ramah lingkungan, tapi sebenarnya bahan tersebut lebih mudah didaur ulang daripada plastik. Aluminum sendiri dikenal sebagai logam yang dapat didaur ulang tanpa batas, karena dapat dilelehkan dan dibentuk kembali berulang kali tanpa mengubah kualitas dan wujudnya. Selain itu, kemasan aluminum juga lebih ringan dan mengambil lebih sedikit ruang daripada botol plastik atau kaca, sehingga membutuhkan lebih sedikit transportasi untuk proses distribusi


     Lebih tahan lama 

    Produk perawatan tubuh yang padat pun cenderung lebih tahan lama daripada produk yang cair. Brand kecantikan ramah lingkungan Ethique, yang berasal dari Selandia Baru, mengklaim bahwa produk bar mereka dua hingga lima kali lebih tahan lama daripada produk botol. Merek asal Amerika Serikat Lush pun mengklaim bahwa shampoo bar mereka bisa digunakan untuk 80 kali keramas, dua sampai tiga kali lebih banyak daripada sampo cair. I mean, siapa sih yang tidak suka berhemat? Hahaha... 


     Safer ingredients 

    Pada umumnya, produk bodycare dan haircare padat juga terbuat dari bahan-bahan alami yang lebih ramah lingkungan. Menurut National Geographic, sampo, conditioner, dan sabun cair biasanya mengandung bahan-bahan kimia dan pengawet yang bisa membuat rambut dan kulit kering, sedangkan produk bar menggunakan essential oils dan bahan-bahan alami yang lebih ramah.


    Butuh rekomendasi? Berikut adalah beberapa produk pilihan Cosmo!

     Cocona Care Natural Soap Bar Activated Charcoal 


    Where to buy? Sociolla

    Harga: Rp55.000,-.




     Segara Naturals Lavish Rosehip Solid Lotion 


    Where to buy? Shopee, Tokopedia

    Harga: Rp50.000,-.


     Seven Cactus Shampoo Bar 


    Where to buy? Shopee, Tokopedia

    Harga: Rp81.500,- sampai Rp90.000,-.


     KURE Conditioner Bar 


    Where to buy? Shopee, Tokopedia

    Harga: Rp65.000,-.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: freestocks on Unsplash / Images: Dok. Sociolla, Instagram/SegaraNaturals, Instagram/SevenCactus, Instagram/Kure.Handmade)