Beauty

4 Tips Makeup untuk Kulit Kering

  by: Fariza Rahmadinna       28/4/2020
  • Menggunakan makeup sepertinya sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dipisahkan dari perempuan. Setuju ‘kan, girls? Apa pun kegiatannya, kamu pasti akan meluangkan waktu untuk merias wajah dan tampil cantik. Namun sayangnya, beberapa masalah sering dihadapi oleh si pemilik kulit kering ketika berdandan, seperti concealer yang pecah-pecah, foundation yang terlihat flaky atau garis-garis halus yang tampak jelas. Tapi, tenang saja girls, hal ini bisa diatasi kok. Yuk, intip langsung tips makeup untuk kulit kering di bawah ini ya!


    1. Persiapkan Kulit Sebelum Merias Wajah

    Kunci utama hasil makeup yang flawless adalah dengan melakukan persiapan pada kulit. Mulailah dengan membersihkan wajah dengan face wash yang diformulasikan khusus untuk kulit kering, biasanya bertekstur krim. Setelah kulit wajah bersih, pastikan kamu memberikan kelembapan ekstra pada kulit dengan menggunakan essence dan serum sebelum mengaplikasikan pelembap. Oleskan pelembab secara merata di seluruh wajah. Tapi, jangan terlalu banyak menggunakan pelembap ya girls, agar kulit tidak terlihat berminyak.



    Jika kulit kamu sedang dalam keadaan benar-benar kering, gunakan sheet mask terlebih dahulu sebelum makeup, ini akan membantu memberikan kelembapan maksimal secara instan.

    2. Menggunakan Primer

    Pilihlah primer yang memiliki tekstur creamy karena dapat melembutkan permukaan kulit, sekaligus mampu meminimalisir tampilan pori-pori. Selain itu, primer juga berfungsi untuk membantu agar riasan wajahmu lebih tahan lama. Cukup gunakan dua sampai tiga titik primer pada wajah, lalu oleskan secara merata.

    3. Pilih Produk Makeup yang Tepat

    Tak hanya menggunakan produk perawatan kulit yang dikhususkan untuk kulit kering, kamu juga harus mengimbanginya dengan produk makeup yang juga dikhususkan untuk kulit kering. Sebaiknya, pilih produk water-based atau berbahan dasar air. Pilihlah produk makeup dengan tekstur ringan dan creamy, ini akan membantu melembapkan kulit, serta mencegah makeup pecah. Hindari produk riasan wajah yang bertekstur kental dan berat dengan hasil akhir matte.




    4. Semprotkan Face Mist

    Selain memberikan kesegaran, face mist juga berfungsi untuk membuat riasan wajahmu lebih tahan lama dan terjaga kelembapannya. Selalu sedia face mist di tas atau meja kantor dan semprotkan ketika kamu membutuhkannya ya!

    Jika kamu sudah mengikuti empat tips di atas, tetapi hasil makeup masih kurang maksimal, kesalahannya mungkin terdapat pada aplikator yang kamu gunakan. Sebaiknya, hindari menggunakan jari tangan ketika mengaplikasikan makeup. Hal ini memungkinkan jari tangan menyerap kelembapan di kulit dan membuatnya semakin kering. Untuk mendapatkan hasil makeup yang lebih dewy, Cosmo menyarankanmu untuk menggunakan sponge blender. 

    Apabila kamu ingin melakukan touch-up, hindari penggunaan bedak karena akan menyerap minyak yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit keringmu. Selain itu, touch up dengan menumpukkan bedak di atas makeup, akan membuat foundation terlihat retak. Tipnya, gunakan blotting paper untuk menyerap minyak tanpa membuat kulit semakin kering.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Axi Aimee on Unsplash)