Lifestyle

Daftar Lagu yang Menceritakan tentang Kekuatan Perempuan

  by: Givania Diwiya Citta       23/4/2020
    • Perempuan punya banyak kekuatan di dalam dirinya, lebih dari sekadar self-love.
    • Daftar lagu berikut menceritakan beberapa kekuatan sejati yang dimiliki oleh perempuan.


    Women will never go out of style, begitu pula dengan berbagai cerita yang bisa diangkat dari dirinya. Salah satunya adalah konteks kekuatan multiple yang dimiliki perempuan. Bahkan dari sekadar kemampuan untuk self-love, perempuan punya kapabilitas masif untuk mencintai hal yang melebihi dirinya. Lagu-lagu berikut ini merupakan beberapa cerita terbaik yang mengisahkan kekuatan kaum perempuan. Hei, meski momen Hari Kartini hanya dipatenkan dalam satu hari, namun kita merayakan perempuan setiap hari, bukan? Cheers to you and to us all!




    Revival – Selena Gomez



    Strong point: Woman is capable to raise from fall (over-and-over-again)

    Meskipun secara personal lagu ini mengisahkan tentang perjuangan jatuh-bangun seorang Selena Gomez, namun, hei, she’s one hella true example of strong woman. Lagu ini jadi perwakilan bagi semua perempuan yang kuat melalui semua badai dalam hidupnya. Baik itu mereka yang menghadapinya secara diam-diam, atau secara vokal, kekuatan revival ini adalah milik perempuan. Here’s to the survivors!

    What I've learned is so vital
    More than just survival
    This is my revival


    Hey Girl – Lady Gaga & Florence Welch



    Strong point: Woman is lifting other woman

    Lagu yang satu ini adalah kekuatan sejati perempuan, di mana perempuan menguatkan sesama perempuan. Persis seperti yang diperjuangkan R.A. Kartini! Ia bukan hanya memperjuangkan tentang haknya, melainkan untuk seluruh perempuan bahkan generasi selanjutnya. Oke, jika skala ini terlalu masif, maknai saja lagu ini yang mengartikan bagaimana perempuan itu kuat untuk saling mendukung satu sama lain, dan membesarkan satu sama lain. True strength of the women!

    Hey girl, hey girl
    We can make it easy if we lift each other


    Diva – Beyoncé



    Strong point: Woman is the hustler

    Tepat seperti mantra yang Queen Bey ucapkan di lagu ini: Diva is a female version of a hustla. Perempuan adalah seorang pejuang, seorang pekerja keras, seorang diva. Di bidang apapun yang dikuasai, perempuan mampu untuk mengerjakannya, bahkan secara multi-peran. Shout-out to the hustler in you!

    I'm a diva
    Diva is a female version of a hustla




    Scars to Your Beautiful – Alessia Cara



    Strong point: The strength to self-love

    Siapa bilang untuk bisa mencapai self-love tidak dibutuhkan kekuatan? Inilah kekuatan yang sesungguhnya menantang, karena untuk mengayomi diri sendiri adalah salah satu akar dari kebahagiaan dalam hidup. Cheers, untuk kita semua yang mampu mencintai diri lengkap dengan beautiful scars yang dimiliki.

    No better time for your shine, you're a star


    Superwoman – Alicia Keys



    Strong point: The strength to love beyond herself

    Yep, setiap perempuan punya lencana ‘S’ di dadanya, selayaknya superman, female is superwoman. Lebih dari mencintai dirinya sendiri, perempuan mampu mengerahkan tenaga dan dayanya untuk hal-hal yang melebihi dirinya. Baik itu dimulai dari lingkaran dalam hidupnya, hingga untuk penghuni bumi lainnya. Salute!

    I am a Superwoman
    Yes I am
    Yes she is


    I’m Every Woman – Chaka Khan



    Strong point: Literally, all the strengths a woman has

    Menenangkan? Check. Menyejukkan? Check. Membangkitkan semangat? Check. Itulah perempuan, ia memiliki kekuatan yang melampaui kapabilitas dunianya. Seperti yang Chaka Khan lantunkan pada lagu klasik dari tahun 1978 ini, semua kekuatan alami yang sejatinya ada di dalam diri setiap perempuan dengan perannya, adalah permata semesta yang berharga. Stand tall, be proud, and let’s celebrate woman!

    I'll do it naturally
    I'm every woman
    It's all in me


    (Givania Diwiya / Layout: Dyah Puspasari / Images: Dok. Instagram @ladygaga; @selenagomez; @beyonce; @aliciakeys)