Better You

13 Video Olahraga Terbaik di YouTube untuk Workout Di Rumah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       24/4/2020
  • Sepertinya hampir semua hal yang ada di dunia ini dapat kita lihat dalam bentuk video melalui YouTube, benar? Itulah salah satu alasan mengapa Cosmo seringkali, tanpa sadar, ketagihan menonton video-video di YouTube nontstop, dimulai dari menyaksikan video klip musisi favorit, hingga akhirnya melihat video core workout sepanjang 20 menit. 

    Dan sejujurnya, I'm glad I did it. Selagi Cosmo menulis artikel ini, perut terasa panas setiap kali saya tertawa. So yeah, jangan lewatkan video-video workout yang tersedia di YouTube, girls, karena sangat membantu. Dan meskipun ada beberapa aplikasi fitness yang tersedia, ada baiknya untuk mengingat bahwa video-video di YouTube super efisien, gratis, dan lebih mudah diakses.

    Jika kamu tertarik untuk mencoba kegiatan yang agak produktif yang tidak merugikan rambutmu (yes, yang kami maksud adalah kamu yang telah mencoba memotong poni sendiri di rumah). Terlepas dari apa pun pilihanmu, berikut adalah beberapa video olahraga di YouTube yang bisa kamu coba.




    Yoga with Kassandra's Deep Stretch for Hips


    Channel YouTube Yoga with Kassandra adalah sumber yang baik untuk video yin yoga, vinyasa flow, dan bahkan mungkin perdamaian dunia (tentu saja Cosmo bercanda, tapi video-video Kassandra bernuansa peaceful!). Videonya berdurasi sekitar lima sampai 30 menit, dan akan benar-benar membuatmu lebih tenang daripada sebelum kamu mulai latihan. Video berdurasi 15 menit tentang peregangan pinggul ini cocok untuk kamu yang telah menghabiskan terlalu banyak waktu duduk di tempat tidur dan butuh stretching.


    FitnessBlender's Body Weight Fat Burn and Energy Boost


    Jika ingin mencoba sesuatu dengan tempo yang lebih cepat, coba tengok video-video FitnessBlender. Dengan lebih dari 6 juta subscribers, pasangan ini menyajikan 600 video workout lengkap dan pilihan stretching untuk beragam tingkat kesulitan. Pilih latihan total-body cardio interval jika kamu ingin mencoba workout yang singkat, tapi benar-benar memompa darah.


    Yoga with Adriene's Yoga to Gain Perspective Flow


    Oke, subcribe ke channel YouTube Adriene bukan hanya karena ia seorang ahli dalam mengajak para penonton relaks dan mengatur napas bersama, tapi juga karena anjingnya yang menggemaskan sering muncul dalam videonya! Video yang satu ini telah dirancang khusus untuk membantumu "membuat ritme keseimbangan dan ketenteraman," yang terdengar seperti dua hal yang sangat dibutuhkan dunia pada saat ini, TBH.


    Emily Skye's Full Body Circuit Workout


    Emily Skye adalah mantan model fitness yang menjadi personal trainer, dan video-videonya akan membuat badanmu ngilu... in a good way. Video ini secara spesifik menargetkan lengan, kaki, bokong, dan core (yup, seluruh tubuhmu). Kamu membutuhkan barbel dan kettlebell untuk efek yang lebih maksimal—tapi tak perlu khawatir jika tidak punya, kamu bisa menggunakan botol minum atau koper. 


    ALO Moves' Vinyasa Flow


    Tonton video ini jika kamu sedang ingin berolahraga, tapi fokus pada stretching dan mendengarkan audio yoga yang bisa merangsang ASMR. Dalam video ini, ada banyak gerakan downward dog, twists, dan pose warrior. Gerakannya cocok untuk pemula, tapi bukan berarti tidak menantang. Psst... jika agak kepo, pengajar ini dan suaminya memiliki akun Instagram yang bisa kamu follow.


    Kayla Itsines' Arms and Abs BBG Workout


    Fitness freaks, mungkin kamu sudah pernah mendengar nama Kayla, program BBG-nya (Bikini Body Guide), dan aplikasi SWEAT. Dalam video ini, kamu bisa melihat delapan latihan yang menargetkan bagian abs dan lengan, seperti ab bikes (bicycle crunches), push-up rows, dan X-plank, yang terdengar agak aneh tapi sesungguhnya lebih efektif. Perhatikan instruksi pada kolom deskripsi untuk mengikuti killer workout selama 15 menit.


    Anna Victoria's Booty-Sculpting Gym Workout




    Rindu leg day di gym? Nah, mainkan video ini dan biarkan fitness influencer, pengajar bersertifikat, dan perempuan menawan Anna Victoria membimbingmu (termasuk berapa kali kamu harus mengulang setiap latihan dan jumlah bobot beban yang perlu digunakan, berdasarkan tingkat kebugaranmu). Sejujurnya, Cosmo telah menonton video ini dua kali, dan merasa seperti seorang ahli sekarang! Kamu akan mulai dengan pemanasan singkat, kemudian melakukan latihan yang serius deadlifts, weighted glute bridge, fire hydrant, dan sebagainya. Selamat berjuang, girls.


    Pamela RF's 10-Minute Equipment-Free Booty Workout


    Gym memang keren, tapi terkadang kamu tidak ingin mengunjunginya (and that's okay). Kalau kamu termasuk orang yang suka malas ke gym dan sedang mencari latihan yang pas untuk tubuh bagian bawah, Pamela RF menunjukkan cara melakukan lebih dari 15 gerakan yang bisa kamu lakukan dalam 10 menit untuk membentuk bokong. Meskipun ia tidak memberi tutorial, kamu bisa mengikutinya sepanjang video ini. Oh, dan lima lagu R3HAB yang ia mainkan adalah sesuatu yang cocok untuk didengarkan selama berolahraga. Kamu akan melakukan setiap gerakan selama 30 detik sebelum berganti ke gerakan selanjutnya. Dan ya, ini adalah tipe latihan yang terlihat lebih mudah daripada kenyataannya, hehehe...


    Tone It Up's 15-Minute Foam-Rolling Workout


    Oke, Cosmo mengaku: 20 detik pertama video ini mungkin terlalu dipenuhi, err, semangat. Namun terus tonton video ini, karena Steph, pengajar di aplikasi Studio Tone It Up, menjelaskan mengapa foam rolling sebenarnya bermanfaat dan cara kerjanya. Namun kamu bisa melewatkan bagian tersebut dan langsung menyimak tutorial pada menit 2:30, di mana ia mulai foam-rolling dari kepala hingga jari kaki tanpa obrolan. Kamu akan meluangkan sekitar dua menit pada setiap kelompok otot, berhenti sejenak hanya ketika kamu menemukan area juicy yang ingin dijadikan fokus. Mungkin tidak semua orang memiliki pendapat ini, tapi Cosmo rasa workout ini bisa menjadi kurang menyakitkan (foam-rolling tidak santai, guys) jika melakukannya bersama orang lain.


    Tone It Up's Resistance Band Workout


    Yeah, jadi, seperti yang ditunjukkan dalam intro video ini, video olahraga Tone It Up yang satu ini dibuat pada tahun 2016. Namun setelah kamu berhasil melewatkan 35 detik pertama video ini, ikuti Katrina Scott melakukan total-body workout dengan hanya menggunakan resistance band selama 13 menit. Sejujurnya, ada beberapa momen canggung dalam video ini, tapi kamu bisa melewatinya, kok. Selain itu, latihan kekuatan ini, yang kebanyakan melibatkan lebih dari satu kelompok otot pada waktu yang bersamaan, cukup menantang. Siap untuk multitasking, girls?


    MadFit's 20-Minute Equipment-Free HIIT Workout


    Nah, inilah yang disukai banyak orang: sebuah video olahraga dengan latar studio yang cantik (yang ingin Cosmo jadikan inspirasi untuk dekorasi kamar). I mean, di mana ia membeli tanaman tersebut? Dan sports bra itu? Dan juga celana yang terlihat super nyaman? We need it all! Namun selain tampak Instagrammable, gerakan yang ditampilkan dalam video ini bagus untuk diikuti. Plus, ada sebuah timer kecil di sudut atas video, jadi kamu yang tidak sabar bisa melihat berapa detik yang tersisa untuk setiap gerakan. Selama latihan yang berdurasi 20 menit ini, kamu akan melakukan setiap gerakan selama satu menit (yang akan terasa seperti... selamanya). Gerakan yang diajari termasuk jumping-jack squats, gerakan Pilates, beberapa gerakan abs yang agak menantang, tricep pushups, mountain climbers, lunges, dan masih banyak lagi. BRB, mengikutinya di Instagram untuk melihat lebih banyak latihan seperti ini!


    Blogilates' 3-Minute Back-Toning Workout


    Kalau kamu hanya memiliki waktu atau energi atau kekuatan mental untuk olahraga yang singkat, lebih tepatnya yang berdurasi tiga menit, ini adalah pilihan yang tepat. Pendiri Blogilates dan guru Pilates Casey Ho adalah pengajar yang dapat mendukung sekaligus menghibur sesi olahragamu. Memang sih, durasinya sangat singkat, tapi kamu akan merasakan efeknya.


    PopSugar Fitness' 30-Minute Body By Simone Dance Cardio Workout


    Coba ikuti kelas seru oleh Body By Simone ini! Biasanya, kamu harus membayar hingga USD35 untuk mengikuti satu kelas di studio Simone De La Rue yang berlokasi di New York, Los Angeles, dan London, tapi berkat teknologi, kamu bisa melihat tutorial dance cardio berkualitas secara gratis, hanya dengan menggunakan Wi-Fi. Selama workout yang berdurasi 30 menit ini, kamu akan melakukan pemanasan dengan sedikit menggerakkan pinggul, hingga stretching. Lalu, kamu akan diajak untuk melakukan koreografi yang asyik. Bonus: latihan ini akan membuatmu rindu masa audisi untuk menjadi anggota tim dance SMA-mu.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Li Sun from Pexels)