Beauty

Ini 5 Cara Bersihkan Wajah Agar Kulit Tetap Sehat Saat Puasa

  by: Astriana Gemiati       27/4/2020
    • Selama bulan puasa, tentu saja kamu akan mengalami banyak perubahan termasuk kulit wajah yang tampak kering dan menurunnya kadar kelembapan.
    • Coba cara membasuh wajah ini untuk bantu meningkatkan rona kulit kamu, dan pastikan untuk tetap rutin mengaplikasikan produk skincare favorit kamu.


    Memasuki bulan Ramadhan, memang tidak bisa dipungkiri kalau kamu pasti akan mengalami perubahan dari aktivitas biasanya, termasuk pada area kulit. Kamu akan merasakan kulit wajah yang tampak kering dan menurunnya kadar kelembapan yang disebabkan oleh kurangnya asupan cairan ke tubuh. Oh, Well... Hal ini sangat normal! 




    Namun, selama berpuasa apakah perawatan kulit tetap diperlukan? Tentu saja, lakukan kegiatan merawat kulit menggunakan produk skincare seperti biasa untuk menjaga kulit kamu agar tetap terhidrasi. Begitu juga dengan mencuci wajah. Kenapa? Karena meraih kulit tanpa cela tidak hanya tergantung pada produk perawatan kulit yang kamu gunakan, namun juga bagaimana kamu mencuci wajah. Meskipun tugas ini cukup mendasar, membersihkan wajah juga membantu berikan kesan meningkatkan rona kulit kamu dan tentu saja agar kulit senantiasa sehat.


    Yuk, lihat tips Cosmo berikut ini:


    1. Hitung 60 detik.

    Baik untuk: Semua orang

    Tips ini tidak perlu memerlukan banyak biaya. Yang perlu kamu lakukan adalah menghitung 60 detik saat kamu mencuci muka. Kebiasaan ini memungkinkan formula pembersih bekerja dengan baik dalam melakukan sisa kotoran apapun termasuk debu atau makeup.


    2. Periksa suhu air kamu.

    Baik untuk: Semua orang



    Berikut cara lain yang tidak mengharuskan kamu mengeluarkan uang: Periksa suhu air saat mencuci muka. Air panas bisa memicu kemerahan dan bisa mengeringkan kulit kamu. Air dingin, di sisi lain, mungkin tidak dapat melarutkan sebum, yang akhirnya menyebabkan berjerawat.


    Jalan tengah terbaiknya adalah air hangat. Itu bisa melepas penumpukan sebum tanpa mengejutkan pembuluh darah. Jika suhu dingin adalah satu-satunya pilihan, cairkan lapisan berminyak dengan pembersih berbasis minyak (oil take away oil!), alias pembersihan ganda.


    3. Double-cleanse

    Baik untuk: Mereka yang suka memakai riasan

    Seperti yang disebutkan di atas, aktivitas mencuci wajah kamu mungkin tidak cukup untuk menghapus makeup dan mengangkat sebum kamu. Ambil cleansing milk, oil, atau balm untuk membantu melarutkan foundation, bedak, eyeshadow, liner, dan maskara, serta lipstik. Pembersih berbasis minyak juga dapat memperjelas kelebihan kilap! Kemudian, ikuti dengan foam cleanser untuk bantu membebaskan pori-pori kamu dari debu dan partikel asap.


    4. Gunakan pembersih dengan formula yang tepat

    Baik untuk: Semua orang

    Jenis kulit berminyak harus mencari pembersih wajah yang secara efektif dapat mengangkat kotoran dan penumpukan sebum. Periksa apakah produk mengandung asam salisilat, asam glikolat, atau minyak pohon teh. Kulit kering akan mendapat manfaat dari pembersih berbahan dasar krim. Jika kamu ingin menghilangkan dugaan, cobalah cari formula yang cocok untuk semua jenis kulit.


    5. Cuci wajah kamu dengan cleansing brush.

    Bagus untuk: Mereka yang membutuhkan pembersihan lebih dalam.

    Mendapatkan facial di salon tentu sangat menyenangkan, namun melihat keadaan kondisi pandemi saat ini sangatlah sulit untuk dilakukan di luar rumah. Yang bisa kamu lakukan adalah mencuci wajah dengan bantuan cleansing brush untuk membantu menghilangkan lapisan sebum dan penumpukan kulit mati di wajah kamu. Langkah ini membantu pengelupasan kulit kamu —ini juga bisa menjadi kunci untuk meraih kulit yang tanpa cela dan tampak bercahaya. Kamu juga dapat mencoba exfoliating cleanser (pembersih dengan AHA atau BHA) jika kamu tidak memiliki perangkat pembersih wajah ini di rumah.


    (Artikel ini disadur dari cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: TORWAI Suebsri ©123RF.com, GIPHY.com)