Lifestyle

Daftar Film di Tahun 2020 yang Diangkat dari Kisah Nyata

  by: Givania Diwiya Citta       27/4/2020
    • Ada banyak film yang diantisipasi sepanjang tahun 2020 ini.
    • Simak daftar film yang diangkat dari kisah nyata berikut untuk masuk dalam daftar nonton kamu.


    Menonton film yang didasarkan pada kisah nyata adalah simbol nyata dari hiburan yang multitasking. Bagaimana tidak, film yang berdasar dari kisah nyata kerap membuat kita terhibur, mungkin juga berkat keahlian para aktris dan aktor favorit kita, tapi juga proses pembelajaran yang kita dapatkan. Siapa yang setuju dengan Cosmo? Kita bisa dapat banyak pembelajaran, karena… meskipun kita merasa sudah tahu tentang sebuah peristiwa bersejarah atau kisah hidup personal yang disorot dari suatu film, tapi pasti ada saja yang membuat kita terkejut dengan detail cerita atau bahkan bisa merasakan kekuatan cerita tersebut secara langsung. Mulai dari pahlawan perang sampai cerita cinta yang tragis atau bahkan melegenda, inilah daftar terbaik tahun 2020 mengenai film-film yang diangkat dari kisah nyata.




    The Last Full Measure


    Tanggal rilis: 24 Januari

    Film ini berfokus pada pahlawan Perang Vietnam, William H. Pitsenbarger, seorang pararescue medic di U.S. Air Force yang telah menyelamatkan lebih dari 60 orang tentara, yang kemudian gugur saat bertugas. Film ini memutar kembali ke beberapa puluh tahun lalu, yaitu tentang konspirasi mengapa ia tak menerima Medal of Honor. Semua pemeran yang terlibat dalam film ini di antaranya ada William Hurt, Sebastian Stan, Peter Fonda (yang menjadi salah satu film terakhir yang dibintanginya), Samuel L. Jackson, dan masih banyak lagi.


    Burden


    Tanggal rilis: 28 Februari

    Burden telah ditayangkan perdana pada Sundance Film Festival 2018, dan akhirnya masuk ke bioskop Amerika tahun ini. Film ini menceritakan seorang yatim piatu yang dibesarkan oleh Ku Klux Klan, yang kemudian ingin keluar dari lingkaran tersebut setelah kekasihnya menunjukkan padanya kesalahan dalam cara pandangnya. Pendeta kulit berwarna pun dengan tangan terbuka membantu melindunginya, kekasihnya, serta anak lelaki mereka saat Klan memburu mereka untuk balas dendam.


    I Still Believe


    Tanggal rilis: 13 Maret

    KJ Apa dari Riverdale memerankan Christian singer Jeremy Camp dalam film biopik tentang perjalanan sang musisi saat mengetahui bahwa cinta dalam hidupnya didiagnosa mengidap kanker rahim. Ini adalah cerita tentang cinta, kehilangan, dan perjuangan tanpa akhir untuk mencari makna di balik kesulitan. Siapkan tisu sebelum kamu menontonnya, karena yang satu ini sudah pasti akan membuat kamu menangis.


    Military Wives


    Tanggal rilis: 22 Mei

    Dalam Military Wives, sekelompok perempuan dari Inggris yang pasangannya sedang bertugas di Afghanistan, berkumpul untuk membentuk suatu paduan suara. Ini adalah film komedi yang membuat kamu tersentuh, yang dibintangi oleh Kristin Scott Thomas dan Sharon Horgan.


    Resistance


    Tanggal rilis: 27 Maret

    Sebelum ia menjadi seniman pantomim terkenal, Marcel Marceau awalnya mengejar karier akting dengan nama asli Yahudi miliknya saat lahir, Marcel Mangel. Resistance, yang dibintangi Jesse Eisenberg, menceritakan bagaimana Marcel bergabung dengan French Resistance untuk menolong anak-anak Yahudi yatim piatu selama PDII.


    Sergio


    Tanggal rilis: 17 April

    Bintang dari Narcos, Wagner Moura, memerankan diplomat kelahiran Brazil, Sérgio Vieira de Mello, dalam drama biografi ini. Berlatar setelah invasi U.S. di Irak, film ini menceritakan perjuangan dalam menyelamatkan Sérgio yang terjebak di bawah reruntuhan setelah kantor pusatnya di Baghdad diserang oleh sebuah bom bunuh diri. Tentunya, ada cerita cinta menyentuh di sini.


    Stardust





    Tanggal rilis: Direncanakan di tahun 2020

    Alih-alih mengambil keseluruhan cerita seorang legenda musik (seperti Rocketman dan Bohemian Rhapsody), film ini justru hanya mengambil secuil dari hidup David Bowie – lebih spesifiknya, yaitu saat perjalanan pertamanya ke Amerika pada tahun 1971, saat ia menciptakan persona Ziggy Stardust yang ikonis. Aktor British Johnny Flynn memerankan Bowie dalam film kontroversial ini (film dibuat tanpa dukungan dari putra Bowie, dan tanpa musik orisinal Bowie).


    The One and Only Ivan



    Tanggal rilis: 14 Agustus

    Mungkin ini akan tampak seperti film fantasi anak-anak, tapi secara teknis, film ini terinspirasi dari kisah nyata seekor gorila bernama Ivan, yang berbagi habitat di sebuah mal sub-urban selama 27 tahun, sebelum ia diadopsi oleh kebun binatang. Dalam film ini, Ivan mencoba kabur dari kehidupan kurungan mal dengan bantuan teman-temannya – seekor gajah bernama Stella dan seekor anjing bernama Bob. Angelina Jolie, Danny DeVito, dan Helen Mirren menjadi pengisi suara beberapa karakternya.


    The Trial of the Chicago 7



    Tanggal rilis: 25 September (tayang terbatas), 2 Oktober (tayang global)

    Melanjutkan demo isu budaya pada Democratic National Convention di Chicago tahun 1968, tujuh orang didakwa oleh pengadilan terkait konspirasi dan hal lainnya. Film ini mempertontonkan persidangan tersohor di tahun 1969 untuk ketujuh terdakwa tersebut, dengan pemeran daftar atas – Eddie Redmayne dan Michael Keaton yang turut terlibat.


    Respect


    Tanggal rilis: 9 Oktober

    Jennifer Hudson memerankan Aretha Franklin dalam film biopik yang telah diantisipasi ini. Film ini mengisahkan karier sang penyanyi, mulai dari ia yang bernyanyi dalam paduan suara gereja, sampai berstatus ratu soul internasional.


    King Richard



    Tanggal rilis: 25 November

    Meski kesulitan dan tak memiliki latar belakang tenis, Richard Williams melatih beberapa pemain tenis terhebat sepanjang masa: yaitu putri-putrinya, Serena dan Venus Williams. Will Smith memerankan Richard, dan ia sukses membintanginya.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Outnow.ch)