Lifestyle

Ini Kelebihan Tiap Zodiak Menurut Planet Keberuntungannya

  by: Alvin Yoga       25/4/2020
  • Masing masing Sun sign (baca: zodiak) memiliki setidaknya satu planet (terkadang dua, terkadang bukan benar-benar planet) keberuntungannya tersendiri. Planet inilah yang kemudian memberi pengaruh pada personalitas dan kelebihan tiap orang yang terlahir dengan zodiak tersebut. Ingin tahu apa kelebihanmu berdasarkan planet keberuntunganmu? Ah, tentu saja kamu penasaran. Persiapkan dirimu karena mungkin kelebihan ini merupakan kemampuan "super"-mu. Simak!


    ARIES

    Mars adalah planet yang memimpin tindak-tandukmu. Diambil dari nama Mars, sang dewa perang bangsa Romawi, mereka yang terlahir dengan zodiak Aries dikenal memiliki semangat yang tinggi, menyukai konflik, gemar berkompetisi dan tak mudah takut meski tahu ada bahaya yang menunggunya. Basically, kamu adalah sang pahlawan yang dielu-elukan semua orang, dan kamu siap ditugaskan untuk sebuah Mission Impossible yang tak berani dilakukan oleh orang lain. Singkatnya, hidupmu penuh dengan petualangan yang menarik!



    Mars juga memberi anugerah pada zodiakmu berupa ambisi yang membara, dan kamu selalu membawa ambisi itu ke mana pun! Kamu juga dikenal sebagai morning person, dan ketahuilah: Tak ada yang berani membuang muka di depan seorang Aries, karena kalau mereka berani melakukan hal itu, maka: salah B-E-S-A-R. Like, huge! Di sisi lain, kamu adalah orang yang gemar mendapatkan perhatian dan butuh pengakuan dari orang lain.

    Berhati-hatilah, karena api, bahaya, dan petaka juga berada di bawah pengaruh Mars, jadi, uh, berhati-hati saja, ya.


    Fakta unik Mars:

    1. Ukuran Mars adalah setengah dari Bumi.

    2. Satu hari di Mars berlangsung selama 24 jam dan 37,5 menit, namun satu tahun di Mars hampir dua kalinya Bumi, yaitu 687 hari.

    3. Sekali tiap 15 tahun, posisi Mars berada sangat dekat dengan Bumi, jauh lebih dekat dibandingkan dengan planet-planet lainnya, dan di waktu-waktu tersebut planet ini akan terlihat menyala merah.


    Kesimpulan:

    Kamu punya energi yang luar biasa besar, stamina yang baik, jiwa seorang pelopor, dan selalu haus akan petualangan. Gunakan kekuatanmu untuk melindungi teman-temanmu yang membutuhkan dan berusahalah untuk tetap adil, jujur dan berbuat baik. Mars juga dikenal sebagai dewa yang naif dan tidak berpikir panjang, jadi yah, semoga saja kamu tidak bernasib sama.


    Hari terbaik:

    Hari Selasa. Kata Tuesday dalam bahasa Inggris diambil dari nama Tiw's Day. Tiw atau Tyr adalah dewa perang bangsa Nordik, dan sering diasosiasikan dengan Ares, sang dewa perang bangsa Yunani, atau Mars, dewa perang bangsa Romawi


    SCORPIO

    Kamu adalah zodiak yang spesial, Scorpio, karena jika yang lain hanya punya satu planet yang memimpin mereka, kamu punya dua! Pertama, kamu berada di bawah pengaruh Mars (lihat keterangan di atas). Planet ini memberimu semangat hidup yang tinggi dan kekuatan yang besar. Kamu tak takut terhadap siapa pun, dan kamu suka berkompetisi. Kamu juga punya kolaborasi yang baik dengan kembaran Mars-mu, Aries. Ketika kalian bersama, kalian benar-benar tidak bisa dihentikan. Tapi ketika kalian bertengkar...well, bye!

    Planetmu yang kedua adalah Pluto, yang namanya diambil dari dewa Romawi Pluto yang ~menyeramkan~. Pluto adalah lambang dari kehidupan setelah kematian, juga awal serta akhir dari kehidupan. Meski ia adalah yang tertua dari saudara-saudaranya yang lain (yaitu Jupiter dan Neptunus), namun Pluto sering tak diacuhkan oleh dewa-dewi lain. Pluto juga sangat picik (kekurangan ini membuatnya "ditendang" dari kursi singgasananya—satu-satunya dewa mayor yang dibuang), dan meski dikenal sebagai dewa yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran, namun Pluto juga dikenal sebagai yang paling kurang beruntung dibandingkan dewa-dewi lainnya. Sama seperti para pemuja Pluto di zaman Romawi, kemungkinan besar kamu juga gemar akan hal-hal yang misterius dan bersifat spiritual. Kamu suka menggali rahasia dan menyelidiki sifat seseorang. Sebagai Scorpio, kamu adalah makhluk yang paling sulit ditebak: Kamu menyelimuti diri dengan berbagai lapisan rahasia. Pendeknya, pikiranmu adalah sebuah labirin yang sulit ditelusuri.


    Fakta unik Pluto:

    1. Pluto baru ditemukan pada 1930.

    2. Pada tahun 2006, Pluto ditetapkan sebagai planet kerdil, dan tak lagi masuk dalam jajaran planet di tata surya. Kenapa sih, nasibnya harus sama seperti dewa Pluto?

    3. Pluto adalah planet terluar dari tata surya kita, 5,922,400,000 kilometer dari Matahari.

    4. Pluto membutuhkan 250 tahun untuk mengorbit Matahari.


    Kesimpulan:

    Kamu memiliki energi yang besar, penuh ambisi, dan memahami banyak hal seputar kepribadian manusia. Kamu bisa menggunakan kelebihan tersebut untuk membuat ambisimu menjadi kenyataan, atau menggunakannya sesuka hati dan membuat orang-orang di sekitar kesal terhadapmu. Kamu punya semangat yang tiada duanya, dan juga memiliki stamina yang tinggi jika kamu sedang fokus terhadap suatu hal. Jika kamu menginginkan sesuatu, tak ada yang bisa menghentikanmu.


    Hari terbaik:

    Seperti Aries, hari keberuntunganmu adalah Selasa.


    TAURUS & LIBRA

    Kalian dipengaruhi oleh planet yang paling dekat dengan Bumi, yaitu Venus. Dikenal sebagai dewi kecantikan bangsa Romawi, kamu mewarisi sifat-sifat sang dewi, yaitu pencinta seni, penggemar kenikmatan duniawi, serta penuh akan emosi, romansa dan cinta. Berbeda dengan dewa-dewi lainnya yang terlahir berkat Saturnus, Venus terlahir berkat sang dewa tertua, yaitu sang langit, Uranus—membuat pengaruhmu terhadap zodiak lain menjadi lebih kuat. Di bawah pengaruh Venus, kamu akan selalu beruntung dalam hal cinta dan romansa. Dan juga, kamu sangat mencintai kemewahan (tanya saja tagihan kartu kreditmu), haus akan cinta (tanyakan pada deretan aplikasi kencan dan pesan Tinder-mu), serta punya kreativitas di luar batas (tanyakan teman-teman baikmu: Kamu punya imajinasi yang baik, terlalu baik malah). Sama seperti sang dewi cinta, kamu juga dikenal memiliki paras di atas rata-rata, dan tak pernah kehabisan penggemar rahasia—mereka selalu ada di belakangmu. Hey, it’s all in the stars!


    Fakta unik Venus:

    1. Venus adalah planet yang paling dekat dengan Bumi, jaraknya ~hanya~ sejauh 108 juta kilometer.

    2. Permukaan planet Venus dipenuhi dengan awan yang terbuat dari karbon dioksida alias CO₂ serta asam sulfur aka H₂SO₄. Planetnya sendiri sangat berbatu, dengan banyak kawah, gunung, serta gunung berapi.

    3. Venus menyelesaikan revolusinya terhadap matahari setiap 225 hari.


    Kesimpulan:

    Kamu tak bisa membuang pandangan dari hal-hal duniawi yang menyenangkan, dan kamu selalu haus akan kenikmatan duniawi. Di luar itu, kamu juga dikenal punya kepribadian yang menyenangkan dan selalu membuat orang di sekitarmu bahagia, membuatmu dikenal sebagai sahabat yang baik dan mudah membuat orang asing tertarik padamu. Kamu tak pernah benar-benar sendiri, dan biasanya kamu sangat beruntung dalam hal asmara. Kamu juga sangat memedulikan penampilan, kamu tahu apa yang bisa membuatmu tampil menarik, namun kamu mudah sekali iri dengan orang lain. Sisi baiknya, kamu bisa menginspirasi orang lain untuk ikut tampil sebaik mungkin.


    Hari terbaik:

    Hari Jumat. Kata Friday dalam bahasa Inggris diambil dari nama Frigg's Day. Dewi Frigg atau Freyja atau Freya dalam mitologi Nordik sering diasosiasikan dengan dewi Venus dalam mitologi Romawi, atau dewi Aphrodite dalam mitologi Yunani.


    GEMINI & VIRGO

    Gemini yang murah-hati dan suka memaki serta Virgo yang perfeksionis dan rapi memang terlihat...sangat bertolak belakang. Namun sebenarnya mereka berdua adalah kembar, dan keduanya berada di bawah pengaruh Merkurius. Kalian berdua sama-sama suka bepergian dan mengeksplor sesuatu sampai detail terkecil, kalian suka bergosip dan mencari berita-berita terbaru, pandai berbicara dan menulis sebuah karya, serta cepat beradaptasi namun mudah gugup. Gemini dan Virgo juga pandai mengenal bahaya dan selalu waspada. Kamu selalu satu langkah di depan, dan biasanya Gemini dan Virgo memiliki pemahaman yang mirip ketika bertemu. Dikenal sebagai dewa keberuntungan, pembawa pesan, dan seni, Merkurius seringnya berbicara sebelum berpikir, dan cepat mengambil keputusan meski terkadang gegabah. Hmm, bagaimana denganmu?


    Fakta unik Merkurius:

    1. Merkurius adalah planet terkecil setelah Pluto dalam tata surya kita.

    2. Merkurius muncul sebagai bintang senja di bulan Maret dan April, dan dikenal sebagai bintang pagi di bulan September dan Oktober.

    3. Merkurius berputar dengan sangat cepat, ia menyelesaikan revolusinya terhadap Matahari setiap 88 hari. Wow!


    Kesimpulan:

    Kamu tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan berbagai medium: baik lewat tulisan maupun public speaking, dari berdebat sampai menceritakan dongeng, mulai dari menawar sampai menyanyi dan berakting. ALL OF IT! Kalau ada yang membutuhkan kalimat yang tepat untuk menyampaikan sesuatu, kamu adalah juru bicara yang tepat. Kamu sangat ahli dalam hal komunikasi, jadi jangan sia-siakan talenta tersebut.


    Hari terbaik:

    Hari Rabu. Kata Wednesday dalam bahasa Inggris diambil dari Woden's Day atau Odin's Day. Sang dewa Odin dalam mitologi Nordik sering diasosiasikan dengan dewa Merkurius dalam mitologi Romawi, atau dewa Hermes dalam mitologi Yunani.


    CANCER

    Jika zodiak yang lain dipimpin oleh sebuah planet, maka kamu adalah zodiak yang spesial, karena kamu diatur oleh Bulan, satu-satunya satelit yang dimiliki oleh Bumi. Bulan memiliki pengaruh yang kuat terhadap musim, air laut, serta (beberapa orang percaya) juga pada emosi manusia. Dan seperti timbul-tenggelamnya Bulan di langit malam, kamu dikenal sangat moody, dan bisa berubah dari sedih ke marah, atau dari takut ke bahagia hanya dalam hitungan detik. Kamu juga memiliki koneksi yang kuat terhadap hal-hal yang tidak terlihat serta hal-hal di bawah alam sadar. Bisa dikatakan, tak ada yang terlewat dari mata seorang Cancer. Tentu saja kamu tahu apabila seseorang sedang menyembunyikan rahasia atau berbohong—meski begitu, kamu tak akan mengatakan "Kamu bohong, kan?" atau melakukan reaksi apapun. Yang kamu lakukan hanyalah diam sambil berkata pada diri sendiri, "Yah, kita lihat saja nanti akhirnya bagaimana." Dalam mitologi Romawi sendiri, Bulan diwakili oleh dewi Luna.


    Fakta unik Bulan:

    1. Bulan berotasi dengan kecepatan 16 km/jam, sangat lambat dibandingkan dengan rotasi Bumi yaitu 1600km/jam. Math is fun, you guys!

    2. Bulan memiliki rotasi yang sejajar dengan Bumi, ini berarti sisi yang sama akan selalu diperlihatkan pada Bumi. Sisi sebaliknya? Who knows!

    3. Kita bisa melihat Bulan di langit malam karena cahaya dari Matahari dipantulkan oleh permukaan Bulan ke Bumi.


    Kesimpulan:

    Kemampuan khusus Cancer? Psychic abilities. Entah ini berarti kamu pandai meramal, atau punya sisi kreatif yang super-hebat, atau punya kecerdasan emosi yang di atas rata-rata, Bulan mempengaruhimu sehingga kamu bisa melakukan atau melihat sesuatu yang "tak terlihat" oleh orang lain. Kamu tahu apa yang dirasakan oleh orang lain, kamu paham motivasi mereka, dan kamu bisa menebak apa yang kira-kira akan terjadi ke depannya. Kamu adalah zodiak dengan kemampuan mistis terbaik!


    Hari terbaik:

    Tentu saja hari Senin (Monday, it's from Moon-day, y'all)!

    LEO

    Alih-alih planet, Leo yang super-beruntung dikendalikan oleh sebuah bintang—apalagi kalau bukan Matahari, pusat dari tata surya kita. Inilah sebabnya mereka dikenal memiliki kepribadian yang hangat, positif dan menyenangkan. Seperti Matahari, kamu juga suka menjadi pusat perhatian: Kamu suka memimpin suatu kelompok, memberi perintah, membutuhkan perhatian lebih dari orang lain, dan hal-hal ini biasanya kamu lakukan tanpa kamu sadari. Dalam mitologi Romawi sendiri, matahari diwakili oleh dewa Sol—asal mula dari kata solar.




    Fakta unik Matahari:

    1. Di bagian pusatnya, temperatur Matahari mencapai kurang lebih 15juta Celcius. Casual.

    2. Sinar Matahari sebenarnya terdiri dari seluruh warna yang tergabung menjadi satu, namun terlihat sebagai warna putih di mata kita.

    3. Massa Matahari sangat besar, mencakup 99.86 persen dari tata surya kita. Jika dibandingkan dengan Bumi, diameter Matahari kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan besarnya sama seperti 1 juta Bumi digabungkan menjadi satu. 

    4.  Cahaya bergerak dari Matahari ke Bumi selama 8 menit 19 detik.


    Kesimpulan:

    Matahari menganugerahimu vitalitas dan energi tiada batas, serta kemampuan otoritas yang natural. Bisa dikatakan kamu sangat dicintai oleh teman-temanmu, dan di waktu yang sama kamu juga ditakuti oleh mereka. Leo juga terlahir sebagai pusat perhatian, dan sejak kecil ditakdirkan untuk menjadi pemimpin.


    Hari terbaik:

    Tentu saja hari Minggu (Sun-day, get it?)!


    SAGITTARIUS

    Kamu adalah zodiak yang paling beruntung dibandingkan dengan zodiak lain, karena kamu diatur oleh Jupiter (atau Zeus, nama Yunani-nya), sang All Father dari dewa-dewi Romawi. Di bawah pengaruh Jupiter, kamu diberikan segudang kelimpahan, kesempatan dan keberuntungan. Di tengah masalah, kamu selalu bisa menemukan jalan keluar yang tepat, tak peduli seberapa buruk masalah tersebut. Moto favoritmu? Go hard or go home. Kamu suka mengambil kesempatan, dan kalau kamu harus bertaruh, kamu akan mempertaruhkan semua yang kamu miliki. Kamu hidup di masa kini, tak memedulikan pandangan orang lain, memiliki karakter yang sangat menarik, dan punya karisma yang tinggi, all thanks to Jupiter.


    Fakta unik Jupiter:

    1. Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita, ukurannya 300 kali lipat lebih besar dibanding Bumi.

    2. Jupiter membutuhkan waktu 12 tahun untuk menyelesaikan orbitnya mengelilingi Matahari; namun satu hari di Jupiter hanya berlangsung selama 9 jam dan 50 menit.

    3. Jupiter memiliki 82 bulan, dan permukaannya sangat panas; yaitu 1871 derajat Celcius.


    Kesimpulan:

    Kamu sangat populer di kalangan teman-temanmu. Kamu juga memiliki sifat optimis yang besar, yang secara natural menjauhkanmu dari hal-hal negatif dan kemalangan serta nasib buruk. Kamu pandai berteman dengan orang baru dan mudah diterima karena kamu pintar menciptakan suasana yang menyenangkan serta membawa keberuntungan ke mana pun kamu pergi. Kebahagiaan yang dimiliki oleh Sagittarius biasanya menular pada orang-orang di sekitarnya.


    Hari terbaik:

    Hari Kamis. Kata Thursday dalam bahasa Inggris diambil dari nama Thor's Day, sang dewa petir dalam mitologi Nordik, yang juga dikenal sebagai Zeus dalam mitologi Yunani, atau Jupiter dalam mitologi Romawi.


    PISCES

    Sama seperti Scorpio, kamu memiliki dua planet yang "mengitari"-mu, keduanya saling bertolak belakang dan menciptakan suatu dinamika yang menarik. Pertama, kamu dikelilingi oleh Jupiter (lihat keterangan di atas) yang menganugerahimu dengan karisma, energi positif dan keberuntungan. Namun Neptunus, planet paling mistis dan magis, juga memengaruhi kehidupanmu. Bisa dikatakan berkat Neptunus kamu pandai dalam berbagai hal yang berhubungan dengan intuisi dan insting. Ikuti terus intuisimu—karena biasanya mereka tak pernah salah. Sama seperti Cancer, kamu juga punya kemampuan magis yang hebat, dan kemampuan tersebut sangat berharga.

    Jupiter memberimu ambisi dan kesempatan yang luas, namun Neptunus terkadang bisa membuatmu bimbang. Di tengah kesulitan seperti ini, bicaralah pada dirimu sendiri, dan ikuti intusimu. Sama seperti simbol Pisces (dua ikan yang berenang berputar bersama-sama, keduanya saling menarik ke arah yang berbeda), kamu seringkali memiliki konflik dalam dirimu. Saran Cosmo, ikuti saja sang dewa laut Romawi, Neptunus, yang sering beruntung karena mengikuti intuisinya.


    Fakta unik Neptunus:

    1. Neptunus adalah planet kedelapan dalam tata surya, dan saat ini ia merupakan planet terjauh dari Matahari.

    2. Jarak dari Matahari ke Neptunus setara dengan 30 kali jarak Matahari dengan Bumi.

    3. Planet ini tak bisa dilihat dengan mata telanjang dan bahkan sulit untuk diintip dengan teleskop karena letaknya terlalu jauh.

    4. Neptunus memiliki 16 bulan yang mengitarinya.


    Kesimpulan:

    Kamu memiliki pemahaman yang luas dalam mengerti perasaan orang lain dan punya empati yang besar. Di samping itu, kamu juga punya karisma yang besar dan kehangatan. Kreativitasmu juga membuatmu punya pengaruh besar terhadap seni dan teknologi. FYI, banyak penemu dan seniman besar di dunia berzodiak Pisces, di antaranya adalah Albert Einstein, Steve Jobs serta Michelangelo. Pisces, the Universe wants you to CREATE!


    Hari terbaik:

    Sama seperti Sagittarius, hari terbaikmu adalah Kamis. 


    CAPRICORN

    Dewa Saturnus tak suka bermain-main, dan begitu juga denganmu, Cap. Saturnus, sang dewa waktu bangsa Romawi (dikenal juga sebagai Kronos dalam mitologi Yunani), ayah dari Jupiter (atau Zeus dalam mitologi Yunani) turut melambangkan kedisiplinan serta tanggung jawab. Saturnus membuat kamu para Capricorn tetap realistis, dan kamu tak suka berandai-andai mengenai kehidupanmu (aka kamu sibuk bekerja, rite?). Setiap 27-30 tahun ada masa-masa yang disebut Saturn Return, yaitu waktu yang dibutuhkan Saturnus untuk kembali ke posisi yang sama ketika kamu lahir. Di masa-masa ini, kamu biasa mengalami quarter-life crisis, karena sang dewa waktu seakan "membangunkanmu" dari masa kecil dan menantangmu untuk menjadi lebih dewasa, lebih bijak dan lebih baik. Namun bagimu, para Capricorn, kamu bisa "mendengar" teriakan Saturnus setiap hari, tepatnya setiap pagi ketika kamu bangun. Bisa dikatakan kamu dilahirkan untuk tumbuh lebih dewasa dibanding zodiak lainnya!


    Fakta unik Saturnus:

    1. Saturnus bergerak sangat lambat ketika mengitari Matahari, membutuhkan waktu sekitar 29.5 tahun untuk sekali mengorbit. Namun planet ini berputar sangaaat cepat dan dalam satu hari, planet besar ini hanya berlangsung selama 10 jam dan 14 menit.

    2. Saturnus bersinar dengan warna yang tak pernah berubah, yaitu warna kuning keemasan yang menyala terang.

    3. Hingga akhir abad ke-18, Saturnus dipercaya menjadi planet terluar dari tata surya kita dengan jarak 1.427 juta kilometer dari Matahari, hingga kemudian ditemukan Uranus, Neptunus dan Pluto.


    Kesimpulan:

    Kamu memiliki keberanian untuk melihat kebenaran, kejujuran, keadilan serta realitas. Kamu gigih dan pantang menyerah ketika menghadapi berbagai rintangan hidup, yang berarti kamu bisa menangani setiap masalah. Kekuatan supermu? Kamu bisa menjadi inspirasi dan contoh yang baik bagi orang lain.


    Hari terbaik:

    Hari Sabtu. Kata Satur-day diambil dari nama Saturnus.


    AQUARIUS

    Kamu diatur oleh Uranus, sang dewa langit bangsa Yunani (dikenal juga sebagai Caelus oleh bangsa Romawi), sekaligus suami dari Gaia (atau Terra oleh bangsa Romawi) sang Mother Earth, dan ayah dari Aphrodite atau Venus. Dewa Uranus juga dikenal sebagai dewa kejutan, inovasi, dan perubahan. Banyak yang berkata bahwa kamu adalah orang yang eksentrik dan apa adanya. Kamu juga sangat mandiri, tegas, tahu apa keinginan dan tujuanmu, serta tahu bahwa kamu berbeda dari kebanyakan orang lain.

    Uranus juga dikenal sebagai seorang penemu, jadi tak aneh jika kamu sangat tertarik pada ilmu sains modern karena kamu adalah teknisi, ahli sains, peneliti dan penemu ulung. Kamu memiliki pikiran yang tajam dan haus akan kemajuan serta perubahan. Kamu tak pernah percaya pada status quo.


    Fakta unik Uranus:

    1. Orbit Uranus terhadap Matahari sangat sempurna dan tak pernah berubah, yaitu 84 tahun dan 7 hari.

    2. Uranus berputar sangat cepat, dan dalam satu tahun ia memiliki 68.000 hari!

    3. Uniknya, Uranus berotasi dengan arah putar yang berbeda dibandingkan dengan planet lainnya, yang berarti Matahari terbit dari sisi Barat dan tenggelam di Timur.


    Kesimpulan:

    Kamu bisa berdiri di atas dua kakimu sendiri tanpa memedulikan pendapat orang lain. Kamu juga seorang pengajar yang baik dan siap mengajarkan orang lain di sekitarmu hal-hal baru, hal-hal berbeda, dan hal-hal yang menantang. Kelebihanmu untuk terus berinovasi dan berpikir secara independen memungkinkanmu untuk menemukan solusi dari masalah global yang biasanya tak mampu dipecahkan oleh orang lain. FYI, selain zodiak Pisces, banyak penemu terlahir dengan zodiak Aquarius; seperti Thomas Alva Edison, Galileo Galilei dan Lewis Caroll.


    Hari terbaik:

    Hari Sabtu. Kata Satur-day diambil dari nama Saturnus.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. SANCHI OBEROI / Cosmopolitan US)