Better You

Hindari 8 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik Ini Saat Puasa!

  by: Giovani Untari       26/4/2020
    • Asam lambung yang naik menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan saat berpuasa.
    • Sebaiknya kamu menghindari 8 makanan dan minuman pemicu asam lambung naik berikut ini.


    Girls, salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dikeluhkan adalah Gastroesophageal reflux disease alias GERD atau yang dikenal dengan penyakit asam lambung.

    Gangguan pencernaan khususnya area lambung ini terjadi karena katup kerongkongan bagian bawah (sfingter) yang menjadi pemisah kerongkongan dengan lambung melemah dan membuatnya mudah terbuka. Akhirnya ini membuat isi lambung (berupa enzim dan asam) yang seharusnya turun ke lambung, justru mengalir secara berulang ke area kerongkongan sehingga membuat iritasi.



    GERD ditandai dengan beberapa gejala seperti: mual dan muntah, sakit tenggorokan, sensasi panas yang membakar di area dada (heartbun), kesulitan dalam menelan, bahkan gangguan pernapasan seperti sesak napas, batuk, dan sakit tenggorokan. But keep calm, GERD tentu bisa diatasi dengan pemilihan makan yang tepat selama bulan puasa.

    Jadi ini dia 8 makanan pemicu asam lambung naik yang sebaiknya kamu hindari selama puasa:


    1. Makanan Pedas



    Bagi kamu penderita asam lambung maka sebaiknya untuk menghindari makanan pedas dari daftar menu buka puasa dan sahur. Itu karena makanan pedas umumnya diolah dari cabai yang mengandung zat capsaicin di dalamnya. Zat tersebut cukup lamban dicerna oleh pencernaan, sehingga mampu meningkatkan terjadinya heartburn sebagai salah satu gejala asam lambung naik. Apalagi jika makanan pedas dikonsumsi dalam keadaan perut kosong maka peluang asam lambungmu naik pun dapat menjadi lebih besar. 


    2. Makanan yang Digoreng dan Berminyak



    Deretan gorengan yang menjadi menu berbuka puasa memang menggoda selera, tapi ternyata makanan tersebut juga menjadi pemicu asam lambung naik selama berpuasa. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang “berat” dan sulit dicerna. Hal tersebut akhirnya membuat sistem pencernaan terganggu dan membuat asam lambung bergerak naik ke area kerongkongan. Lemak jenuh tersebut juga membuat perutmu terasa tidak nyaman. Oh no!


    3. Daging Merah



    Cosmo juga tak bisa memungkiri betapa nikmatnya daging rendang dan gulai sebagai pilihan menu makan malam. But girls, daging merah ternyata memiliki keasaman alami yang tinggi serta lemak tinggi yang sulit untuk dicerna! Sebagai opsi kamu bisa memilih daging yang lebih rendah lemak dan aman bagi penderita asam lambung seperti daging ikan dan ayam. Pastikan juga mengolahnya dengan cara yang sehat seperti dikukus atau dijadikan makanan berkuah.


    4. Produk Dairy


    Hindari juga produk dairy seperti susu, butter, keju, dan krim. Sama seperti daging merah, produk dairy juga tinggi lemak yang sulit untuk dicerna tubuh dan meningkatkan potensi kamu mengalami heartburn sebagai salah satu gejala asam lambung tinggi.


    5. Cokelat





    Tanpa disadari cokelat juga menjadi makanan pemicu asam lambung selanjutnya yang patut kamu hindari. Apalagi jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah besar! Di dalam cokelat terkandung zat theobromine dan kafein yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Cokelat juga mengandung lemak tinggi yang lagi-lagi dapat membuat pencernaanmu terganggu dan berujung dengan produksi asam lambung yang tinggi.


    6. Tomat



    Tomat dan produk olahan tomat kemasan (seperti saus bolognese siap saji) memiliki kandungan citric acid dan malic acid di dalamnya. Kedua zat tersebut dapat men-trigger lambung memproduksi lebih banyak asam. Another bad news, memasak tomat menjadi menu makanan pun tidak mengurangi kadar zat asam di dalamnya. Jadi bagi kamu penderita GERD, pastikan untuk lebih berhati-hati menyantap segala hal yang memiliki kandungan tomat di dalamnya selama berpuasa.


    7. Buah yang Asam



    Sekalipun segar dan kaya vitamin C, buah-buahan dari keluarga citrus seperti jeruk, lemon, grapefruit, aneka berries tinggi asam yang dapat membuat asam lambungmu naik dan mengalami heartburn. Terlebih jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Usahakan untuk mengisi perutmu dengan makanan lain dahulu sebelum mengonsumsi buah-buahan di atas.


    8. Makanan & Minuman yang Mengandung Kafein



    Hello coffee / tea lovers! Sepertinya di bulan puasa ini kamu pun harus memperketat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kopi dan teh. Pasalnya kafein di dalam teh dan kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung. kopi. Beberapa biji kopi dan teh juga memiliki tingkat acid yang tinggi sehingga kurang ramah terhadap masalah pencernaanmu.


    (Giovani Untari / Images: Ke Vin on Unsplash, Tenor.com)