Better You

Sering Mengantuk? Ini 6 Cara Mencegah Kantuk Saat Puasa!

  by: Giovani Untari       27/4/2020
    • Rasa kantuk berlebih tak jarang dialami oleh sebagian orang selama menjalani puasa. 
    • Temukan cara jitu mencegah kantuk saat puasa melalui tips di bawah ini.


    Satu hal yang sering dialami dan cukup menganggu selama bulan puasa adalah munculnya rasa mengantuk yang berlebih saat menjalaninya. Buruknya lagi, rasa kantuk tersebut juga tak jarang juga membuat kita merasa sulit berkonsentrasi dan kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas. 

    So, Cosmo akan membagikan sejumlah cara jitu yang bisa kamu terapkan untuk mencegah rasa kantuk berlebih saat puasa. Wake up and be gorgeous today, girls!




    1. Majukan Jam Tidur Malam 

    Selama menjalani puasa jam biologis tubuh pun tentunya juga turut berubah. Aktivitas sahur yang dijalani memang memengaruhi waktu tidur, sehingga tidak jarang banyak keluhan akan rasa kantuk karena jam tidur yang berkurang. Di bulan puasa ini, kamu sebaiknya mengatur jadwal tidur sebaik mungkin agar tubuh beristirahat secara cukup. Jika biasanya waktu tidur di atas pukul 23.00 – 01.00 (thank you Netflix and K-drama!), maka sebaiknya majukan jam tidurmu sekitar pukul 21.30 – 22.00. Dengan tidur di jam tersebut, tubuh memiliki waktu istirahat sekitar lima hingga enam jam sebelum sahur.


    2. Istirahat Sejenak di Siang Hari


    Cosmo memahami bahwa puncak dari rasa kantuk terbesar selalu muncul di siang menjelang sore hari. Untuk mensiasatinya, kamu bisa mencoba untuk meyempatkan untuk beristirahat atau tidur siang selama 15-30 menit. Langkah ini bertujuan agar energi kamu tetap terjaga selama puasa. Tubuh yang kekurangan energi selama puasa dapat menjadi masalah baru yang berdampak pada kurangnya suplai energi ke otak dan voilaa..kamu lebih cepat merasa mengantuk, lemas, lesu, dan sulit berkonsentrasi!


    3. Lakukan Gerakan Ringan

    Puasa bukan berarti kamu berdiam diri, girls! Justru jika kamu semakin berdiam diri rasa kantuk akan semakin cepat menyerang dan membuatmu tidak fokus. Usir rasa kantukmu dengan melakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki 5-10 menit di area kerja / rumah mu. Kamu juga bisa melakukan exercise ringan di bangku agar tubuh tetap terasa fresh dan tidak kaku.


    4. Nyalakan Aromaterapi Pembangkit Semangat


    Usir rasa kantuk selama puasa dengan cara menyalakan aromaterapi yang bisa membangkitkan mood di sekitarmu. Pilih kombinasi essential oil yang mampu membuatmu bersemangat kembali seperti: lemon, peppermint, frankincense, sweet orange, dan juga spearmint. Kamu pun bisa mencampurkan beberapa di antara essential oils di atas untuk menghasilkan aroma yang menyenangkan dan mengusir kantuk. Breath, breath, and breath!




    5. Dengarkan Musik Favoritmu

    Musik selalu mampu membuat kita semua bersemangat kembali. Jadi salah satu cara untuk mengusir kantuk berlebih selama puasa adalah dengan mendengarkan musik favoritmu. Saran Cosmo, agar kantukmu segera hilang dengarkan musik up beat yang mampu membuat mood kembali ceria.


    6. Atur Area Kerja / Belajar Kamu dengan Pencahayaan Terang

    Cara agar kamu tetap terjaga dan mencegah kantuk saat puasa adalah dengan mengatur area kerja / belajarmu dengan pencahayaan yang terang. Ini akan membantu kamu untuk stay wake up dan bebas mengantuk saat puasa. Kamu bisa memulainya dengan pindah ke area yang dekat dengan jendela agar tetap mendapat sinar matahari sebagai cahaya alami saat bekerja / belajar. Atau tambahkan lampu pada meja kerjamu untuk membuat area kerja / belajar menjadi lebih terang. Good luck!


    (Giovani Untari / Images: Freepik.com)