Better You

Waktu yang Tepat untuk Berlatih Meditasi Setiap Hari

  by: Givania Diwiya Citta       28/4/2020
    • Meditasi mampu membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental jika dilatih secara rutin.
    • Berikut adalah waktu yang tepat untuk latihan meditasi setiap hari, dan manfaatnya masing-masing.


    Girls, tahan pikiran kamu jika kamu masih berasumsi bahwa waktu terbaik untuk meditasi adalah tepat sebelum tidur. Karena menurut para ahli, waktu ini justru tak direkomendasikan karena meditasi dimaksudkan untuk membuat kamu ‘awake’. Dan jika kamu latihan meditasi tepat sebelum tidur, pikiran kamu justru tak bisa beristirahat, hingga akhirnya kamu malah kesulitan tidur. Lalu, kapan saja waktu yang tepat untuk berlatih meditasi? Simak penjelasan berikut!




    Pagi hari

    Manfaat: Mengatasi siklus gelisah tidur ataupun insomnia

    Pendiri aplikasi meditasi Headspace, Andy Puddicombe, mengatakan pada Cosmopolitan UK bahwa meditasi di pagi hari bisa membuat kamu tidur lebih baik di malam hari. Mengapa bisa begitu? “Saya rasa mengapa melakukannya [meditasi] sebagai hal pertama di pagi hari adalah karena, satu, memastikan bahwa Anda benar-benar melakukannya. Dua, Anda bisa memulai hari secara segar, dan tiga, Anda membangun fondasi dari mindfulness yang berarti Anda akan lebih bisa membuat keputusan penuh pertimbangan sepanjang hari, dan akan lebih mengalami kualitas hidup baik sepanjang hari,” ujar pakar meditasi dan mindfullness tersebut.



    Dengan meditasi di pagi hari, Andy percaya bahwa pikiran kita akan menjadi lebih tenang sepanjang hari, dan pada akhirnya, bisa membantu kita agar tidak mudah drop. “Bukan berarti Anda jadi tak mengalami kesulitan dari berbagai situasi, karena Anda pasti menghadapinya. Tapi saya rasa maksudnya adalah Anda jadi lebih bisa mengendalikan reaksi terhadapnya,” ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa meditasi memberi kita “kemampuan untuk mengalami semuanya, tapi kemudian mampu untuk merelakannya. Maksudnya bukan untuk mengasingkan kita dari dunia; justru adalah tentang mengalaminya tapi tak perlu jadi kewalahan terhadapnya.” Dengan meditasi di pagi hari, setidaknya bisa meminimalisir kekhawatiran yang dialami sepanjang hari hingga tak perlu membawanya lanjut sampai ke jam tidur.


    Jam makan siang

    Manfaat: Mengurangi stres

    Dilansir dari Psychology Today, Stacey Shipman, MEd, selaku spesialis manajemen stres, guru yoga, dan pendiri HealthySouthShore.com, meditasi saat jam istirahat di tengah-tengah hari memiliki manfaat potensial. Salah satunya adalah sebagai cara efektif untuk mereduksi stres sehabis sesi meeting panjang, atau setelah menghadapi pembicaraan yang berat. Meditasi pada jam ini bisa membuat otot kamu yang kencang menjadi rileks kembali, apalagi jika pekerjaanmu menuntut kamu untuk lebih banyak duduk bersama komputer atau laptop


    via GIPHY




    Bahkan saat WFH pun, tak menutup kemungkinan pekerjaan menjadi terasa jauh lebih berat, terutama di masa-masa tak menentu outbreak COVID-19 ini. Jadi dengan melakukan meditasi di jam istirahat ini, kamu bisa kembali meningkatkan fokus, kreativitas, dan produktivitas, sekaligus membuat kamu lebih aware untuk berpikiran terbuka dan menerima hal-hal lain yang terjadi dalam hidup.


    Setelah jam kerja selesai

    Manfaat: Memberi batasan untuk kehidupan kerja dan pribadi

    Mungkin manfaat yang satu ini tak terlalu terpikirkan, karena mungkin awalnya kamu berpikir, apa sulitnya memberi batasan untuk kehidupan kerja dan pribadi? Well, dengan rutinitas WFH yang kini tengah dijalani, batasan seluruh aktivitas selama di rumah saja menjadi semakin blur. Dan dengan melakukan meditasi setelah jam bekerja selesai, kamu jadi bisa menciptakan batasan alami untuk mengakhiri waktu bekerja, dan bertransisi menjalani kehidupan pribadi. 



    Seperti yang diungkapkan oleh Laura Maciuika, EdD, seorang psikolog dan penulis Conscious Calm: Keys to Freedom from Stress and Worry pada Psychology Today. Meditasi di waktu ini tak akan terasa intimidatif karena akan lebih difokuskan kepada latihan napas. Dengan begitu, pikiran tentang pekerjaan pun selesai, dan membuat kamu berfokus pada kehidupan pribadi sekarang. Kita tak bisa membiarkan kehidupan berlalu begitu saja tanpa makna, bukan? Selamat berlatih meditasi!


    (Givania Diwiya / Image: Elly Fairytale from Pexels)