Love & Sex

Ini Dia 4 Zodiak yang Paling Takut Berkomitmen

  by: Alexander Kusumapradja       29/4/2020
  • Bagi sebagian orang, menjalani komitmen dalam berhubungan asmara baik itu masih dalam tahap pacaran maupun jenjang berikutnya adalah hal yang tak bisa dianggap enteng. Ada yang cenderung menghindarinya dan lebih memilih hubungan tanpa komitmen atau justru langsung mundur teratur. Apakah kamu pernah menghadapi potential partner yang seperti itu? Atau justru kamu sendiri yang biasanya menghindari komitmen?

    Well, alasan di balik sikap itu tentu bermacam-macam. Ada yang trauma karena pengalaman masa lalu, takut kehilangan kebebasan pribadi, masih belum yakin seutuhnya dengan calon pasangan, dan 1001 alasan lainnya. Namun bagi banyak orang, bisa jadi hal itu memang termasuk dalam kepribadian mereka yang dipengaruhi oleh zodiak yang menaungi mereka. Pada umumnya, mereka biasanya hanya tak mau kebebasan mereka sebagai single and ready to mingle terusik kalau sudah berkomitmen dengan satu orang. Membaca watak sesuai zodiak mereka bisa menjadi kunci bagi kita untuk memahami cara menghadapinya. Berikut adalah empat zodiak yang dikenal paling takut berkomitmen:




    via GIPHY

    1. Taurus (2 April – 20 Mei)

    Sebagai pemilik elemen Tanah, Taurus sebetulnya dikenal sebagai salah zodiak paling setia dalam hubungan asmara. Tapi kok, bisa masuk daftar ini sih? Well, hal itu ada hubungannya dengan sikap Taurus yang pada awalnya enggan memutuskan komitmen yang serius. Hal itu bukan karena Taurus tidak tertarik atau hanya ingin main-main saja, namun Taurus memang cenderung berhati-hati dan tak akan memutuskan berkomitmen kalau belum benar-benar yakin dengan pasangannya. Mereka lebih baik menunggu daripada terburu-buru berkomitmen dan menyesal saat menjalaninya. Namun ketika pada akhirnya berkomitmen, jangan cemas ladies, Taurus akan berusaha setia seutuhnya dengan komitmen yang mereka putuskan dan jalani sendiri.


    via GIPHY

    2. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

    Seperti lambangnya yang berupa anak kembar dengan dua wajah, Gemini memang punya karakteristik dualistik dalam setiap aspek kehidupannya, termasuk dalam hal komitmen percintaan. Gemini termasuk zodiak yang gemar tebar pesona dan senang kalau punya pilihan atau safety net dalam hal asmara, namun sayangnya hati mereka hanya satu dan karena itu membuat mereka berhati-hati untuk benar-benar memberikannya ke satu orang tertentu. Mereka senang dengan kehidupan percintaan yang bebas dan dinamis, namun sebetulnya mereka punya sisi sensitif dan takut menunjukkan sisi rapuh mereka pada calon pasangan yang belum mereka percaya seratus persen. Sebelum Gemini menemukan sosok yang membuat mereka nyaman dan bisa menunjukkan sisi sensitif mereka tanpa takut di-judge, mereka akan cenderung menghindari komitmen.




    via GIPHY

    3. Virgo (23 Agustus – 22 September)

    Punya sifat kritis dan hati-hati, bagi Virgo menjalani hubungan berkomitmen dapat membuat rencana hidup mereka berantakan. Beberapa zodiak lain mungkin bersikap YOLO dan suka kejutan atau ketidakpastian dalam hidup dan asmara, namun tidak bagi Virgo. Mereka suka keteraturan dan kebiasaan yang mereka buat dan jalani sendiri, mereka takut bila berkomitmen dengan orang lain dapat merusak ritme dan pola hidup yang biasa mereka jalani tersebut. Bagi Virgo, keteraturan bukan sekadar comfort zone, tapi pilar dalam hidup mereka dan butuh orang yang benar-benar spesial untuk membuat mereka yakin keluar dari zona nyaman tersebut dan memulai kebiasaan baru bersama pasangan.


    via GIPHY

    4. Sagittarius (22 November – 21 Desember)

    Bagi Sagittarius si petualang, ketakutan pada komitmen sebetulnya hanya percikan kecil dari ketakutan mereka yang lebih besar, yaitu terikat di satu tempat. Bagi mereka, hidup adalah petualangan yang menarik dan mengagungkan kebebasan. Karena itu mereka kadang dihantui rasa cemas terjebak dalam sebuah situasi yang memaksa mereka untuk melepas itu semua. Pasangan ideal untuk Sagittarius adalah orang yang menghargai kebebasan mereka dan tidak bersikap clingy atau menuntut setiap saat dalam sebuah komitmen. Sagittarius akan tertarik pada komitmen bila menemukan calon pasangan yang memahami sisi tersebut dan bahkan tak keberatan untuk ikut di kegiatan bila diajak oleh Sagi. Kuncinya adalah komunikasi yang terbuka dan rasa percaya.


    (Alex.K/Image: ZACHARY STAINES on Unsplash )